November 01, 2019

FAKTA SEPUTAR RANKING ALEXA.

Tidak di ragukan pada saat ini Ranking Alexa telah di tetapkan sejajar dengan Google Analitik. Google memang lebih besar, tetapi Alexa adalah sebuah parameter bisnis yang lebih kuat secara ril. Cara melihat rankingnya adalah: Semakin ramping angka urutan situs kalian semakin tinggi ranking Alexanya, Sama seperti ranking di sekolah, syukur syukur mendapat ranking 1.
Analitik halaman web
Analitik halaman web
 Alexa milik Amazon, markasnya di Amerika. Amazon memiliki hampir segalanya, terutama barang barang teknologi tingkat tinggi, tempat berjual beli secara online berbagai barang bisnis apa saja di dunia. Amazon adalah salah satu contoh simbol bisnis online yang paling sukses di dunia pada saat ini. Sedangkan cita cita terbesar pemilik sebuah website adalah agar halaman websitenya "berharga" di dunia bisnis, terutama bisnis Online.

Jadilah Amazon menjadi sebuah parameter paling bergengsi sebagai tolok ukur keberhasilan sebuah halaman website. Kalian boleh dan sah sah saja mendapatkan informasi atau membaca hal yang berbeda, namun sekalipun situs sebesar New York Times, atau Bloomberg, atau Forbes bahkan masih menggunakan jasa Alexa sebagai tool SEO mereka.

Berikut beberapa fakta perihal ranking Alexa:

1. Pernah menjadi perusahaan yang berdiri sendiri.
Alexa didirikan oleh Brewse Kahle  dan Bruce Gilliat pada tahun 1996. Jadi Alexa sebenarnya adalah sebuah perusahaan yang berdiri sendiri sebelum di beli oleh Amazone pada tahun 1999. Pada awalnya Alexa hanya menawarkan toolbar sederhana yang memberikan saran pengguna Internet tentang ke mana berikutnya mereka harus pergi, berdasarkan pola lalu lintas komunitas penggunanya. Perusahaan tersebut juga menawarkan konteks untuk setiap situs yang dikunjungi: kepada siapa situs itu didaftarkan, berapa banyak halaman yang dimilikinya, berapa banyak situs lain yang menunjukkannya, dan seberapa sering situs itu diperbarui.

Saat ini Toolnya di buat untuk mengumpulkan data data tentang perilaku penelusuran internet dan mengirimkannya ke situs Alexa, data data ini disimpan dan dianalisa, ini kemudian menjadi dasar pelaporan lalu lintas perusahaan termasuk situs Alexa sendiri. Pada tahun 2018, situsnya telah di kunjungi rata rata lebih 3 juta orang setiap bulannya.

2. Menjadi Mitra Google
Alexa memulai kemitraan dengan Google pada awal 2002, dan menjadi bagian direktori web DMOZ pada Januari 2003.  Pada bulan Desember 2005, Alexa membuka indeks pencarian yang luas dan fasilitas perayapan Web untuk program pihak ketiga melalui serangkaian layanan Web dan API yang komprehensif. Ini dapat digunakan, misalnya, untuk membangun mesin pencari vertikal yang dapat berjalan di server Alexa atau di tempat lain.

Pada Desember 2006, Amazon merilis Alexa Image Search. Itu adalah aplikasi besar pertama yang dibangun di platform Web perusahaan. Pada bulan Mei 2007, Alexa mengubah API mereka untuk membatasi perbandingan untuk tiga situs web, mengurangi ukuran grafik yang disematkan di Flash, dan menambahkan iklan BritePic wajib yang tertanam. 

Pada April 2007, perusahaan mengajukan gugatan, Alexa v. Hornbaker, untuk menghentikan pelanggaran merek dagang oleh layanan Statsaholic. Dalam gugatan itu, Alexa menuduh Ron Hornbaker mencuri grafik lalu lintas untuk keuntungan, dan bahwa tujuan utama situsnya adalah untuk menampilkan grafik yang dihasilkan oleh server Alexa.

Hornbaker lalu menghapus istilah "Alexa" dari nama layanannya pada 19 Maret 2007. 

Pada tanggal 27 November 2008, Amazon mengumumkan bahwa Alexa Web Search tidak lagi menerima pelanggan baru, dan bahwa layanan tersebut akan dihentikan atau dihentikan untuk pelanggan yang sudah ada pada 26 Januari 2009. Setelah itu, Alexa menjadi perusahaan yang sepenuhnya berfokus pada analitik. 

Pada 31 Maret 2009, Alexa mengungkapkan desain ulang situs web utama. Situs yang dirancang ulang menyediakan metrik lalu lintas web baru — termasuk rata-rata tampilan halaman per pengguna individu, rasio pentalan (tingkat pengguna yang datang ke sebuah web, dan kemudian meninggalkan halaman web tersebut), dan waktu pengguna di situs web. 

Pada minggu-minggu berikutnya, Alexa menambahkan lebih banyak fitur, termasuk demografi pengunjung, statistik clickstream dan lalu lintas pencarian web. Alexa memperkenalkan fitur-fitur baru ini untuk bersaing dengan layanan analitik web lainnya.

3. Menjadi Alexa Rank
Selanjutnya Alexa menerbitkan Metrik Kunci yang disebut Alexa Traffic Rank atau yang juga dikenal sebagai Alexa Rank pada saat ini. Ini juga disebut sebagai Peringkat Global oleh Alexa Internet dan dirancang untuk menjadi perkiraan popularitas suatu situs web. Pada Mei 2018, tooltip Alexa Internet untuk Global Rank mengatakan peringkat tersebut dihitung dari kombinasi pengunjung harian dan tampilan halaman di situs web selama periode 3 bulan. Alexa Traffic Rank dapat digunakan untuk memantau tren popularitas suatu situs web dan untuk membandingkan popularitas berbagai situs web.

4. Widget Alexa Rank tidak bekerja lagi
Di masa lalu hingga tahun 2016, blogger masih bisa memasang widget ranking Alexa di blog mereka seperti halnya juga addon Alexa pada wordpress. Namun widget itu kini telah di hapus. Jika kalian tetap nekat memasangnya, maka ia hanya akan menghasilkan ruang blank pada bagian widget yang dipasang kode script Alexa Rank tersebut.

5. Alexa Rank sejajar dengan Google analitik
Tidak dapat di pungkiri, ranking Alexa akan mempresentasikan seberapa jauh nilai jual halaman web atau blog kalian dan seberapa besar potensinya untuk dijadikan lahan bisnis. Amazon tetaplah menjadi tujuan yang paling prestisius dan akan menjadikan blog atau halaman web kalian menjadi bernilai tinggi.

Bahkan Google yang memiliki sistem ranking sendiri di dapur rahasiannya tetap menggunakan Alexa, belum terhitung lagi toko toko online seperti Alibaba, dan toko toko online dari berbagai domestik. Jika itu tidak penting sangat mengherankan jika situs situs raksasa seperti samsung dan Apple merasa perlu menggunakan jasanya.

Benar, secara umum sistem analitik google jauh menjangkau lebih banyak web hingga kepada hal yang paling dalam, lebih kepada seribu umat, lebih kaya dan banyak lagi, namun secara spesifik orientasi bisnis Alexa jelas unggul. Dan hal itu semakin jelas dari waktu ke waktu.

Baik Google maupun Alexa kedua duanya adalah tool SEO, keduanya hampir setara. Keduanya dibuat oleh perusahaan perusahaan raksasa yang paling kredibilitas di muka bumi. Terserah kita.

Cara cek ranking alexa blog kalian adalah:
  1. Masuk ke: https://www.alexa.com/siteinfo
  2. Masukan alamat atau url blog kalian kedalam kotak penelusuran
  3. Klik "Run Analysis"
Tempat cek ranking alexa
Alexa site info
Semoga bermanfaat!

www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

1 comment:

  1. Iya sih bener juga, kita tidak dapat memungkiri klo alexa rank ini bisa dikatakan lebih populer dari google analitik. Terlalu sakti memang. Gak punya mesin pencari tapi bisa mengeluarkan ranking. Dan parahnya rangkingnya ini diakui seluruh dunia.
    Salam kenal ya.

    ReplyDelete