November 19, 2019

FAKTA: SEBERAPA CERDASKAH URANGUTAN KALIMANTAN?

gambar urangutan dewasa
gambar urangutan dewasa
Menurut ahli parimata, ada empat jenis kera yang memiliki kecerdasan menakjubkan di dunia ini.
  1. Gorilla
  2. Chimpense
  3. Bonobo
  4. Urangutan
Dan urangutan itu tinggalnya di Indonesia, tepatnya di Kalimantan, sebutan urangutan itu sendiri dari bahasa orang Kalimantan berarti "urang=orang" dan "Utan=Hutan" jadi urangutan itu artinya adalah orang hutan. Urang berkonotasi dengan makhluk super cerdas yang kita sebut manusia, diri kita sendiri. 

Konon menurut kepercayaan sebagian orang dayak Iban yang hidup di sepanjang pedalaman Serawak, urangutan adalah keluarga. Seperti yang saya kutip dari DiscoverWildlife:
My grandfather became an orangutan,” says hunter Kubi anak Mani. “In his old age, he started to grow long hair from his arms and liked to swing from the longhouse beam. Finally he just walked out into the forest.”
(Kakek saya menjadi orangutan, ”kata pemburu Kubi anak Mani. “Di usia tuanya,  rambut panjang mulai tumbuh lebat dari lengannya dan dia suka berayun dari balok rumah panjang. Akhirnya dia berjalan keluar ke hutan. ”)
Namun seberapa cerdaskah urangutan itu kalian bisa menilainya sendiri dari tingkah polah mereka melalui video Youtube di bawah ini.

1. Urangutan meniru kebiasaan manusia. 
Mereka meniru manusia seperti mengayuh perahu dan mencuci pakaian.

2. Urangutan juga pandai menggunakan peralatan manusia seperti memotong kayu menggunakan gergaji.

3. Urangutan pandai bikin tempat tidur dan ayunan, tidak percaya? tonton video di bawah ini:

4. Bandingkan dengan kecerdasan Chimpense.

Di lihat dari video di atas kita juga harus membandingkannya dengan kecerdasan saudara sepupu urangutan seperti Bonobo dan Chimpense, yang minta minuman pada pengunjung dan menunjukan caranya bagaimana memberikan minuman itu kepada mereka.

Namun kalangan ahli parimata terdapat silang pendapat perihal siapa yang paling cerdas diantara jenis kera ini. Ada yang berpendapat Chimpense adalah kera paling cerdas di muka bumi, namun ada yang bilang Bonobo lebih cerdas. Lalu beberapa peneliti berpendapat Urangutanlah yang paling cerdas.

Bagaimana menurut kalian? Mereka lucu dan memiliki kecerdasan manusia selevel anak anak usia 4-5 tahun. Lalu mengapa masih ada orang yang tega memburu dan membunuh makhluk makhluk cerdas dan lucu lucu ini?

Sumber video: Youtube. 

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

2 comments:

  1. kadang suka mikir, mungkin suatu saat ada ilmua gila, yang akan mengclone sifat2 manusia kedalam orang utan hahah, biar makin cerdas terutama saat menghadapi manusia2 yang suka nebang2 hutan..haha

    ReplyDelete