November 21, 2019

CARANYA AGAR LEBIH CEPAT DALAM BELAJAR PEMROGRAMAN

bahasa pemrograman
bahasa pemrograman
Dulu kalau mendengar pemrograman selalu berkonotasi dengan komputer, hari ini pemrograman tampak begitu "lapang dan luas" namun jadi terasa semakin banyak yang harus di capai ya...he he he...sudahlah fokus sajalah brooo..fokus pada satu proyek kalau mau memetik hasilnya.

Belajar pemrograman itu tidak terlalu sulit, lho sama saja kok dengan belajar pengatahuan lain. Apa bedanya kalau kalian mencoba belajar berternak, jadi? Ya pertama harus tanamkan minat dan tekad yang kuat: Saya mau belajar pemrograman, saya mau jadi jagoan koding dan seterusnya.

1. BELAJAR BASIS ITU SANGAT PENTING

Ya pertama yang harus kalian fahami adalah tidak mungkin mencapai pelajaran lanjutan sebelum memiliki konsep dasar bahasa pemrograman. Jikapun kalian melanjutkannya dengan pemahaman sepotong sepotong, kalian akan frustasi setelah menghadapi pelajaran pemrograman dan menganggapnya sebagai pengatahuan yang sulit dan rumit.

Padahal kesalahannya adalah: Kalian tidak belajar dari dasar. Jadi pelajaran dasar adalah modal utama belajar pemrograman lanjutan. Ini berlaku terhadap pengatahuan apapun, bukan hanya pemrograman.

2. CARI MATODE YANG TEPAT UNTUK MEMPELAJARI BAHASA PEMROGRAMAN

Cara belajar bahasa pemrograman terdapat dimana mana, melalui buku, video, kursus, atau bahkan belajar sendiri melalui internet. Intinya cari cara atau matode yang cocok untuk kalian.

Ada sementara orang bisa belajar hanya dengan membaca, nonton dan belajar sendiri dengan improvisasi diri. Namun ada juga golongan orang kebanyakan yang hanya bisa belajar di bawah bimbingan seorang guru atau sejumlah guru. Kalian harus menemukan cara belajar yang terbaik untuk diri kalian sendiri.

Saya mulai belajar segala sesuatu entah mengapa selalu lebih berhasil jika belajar seorang diri, jika dibanding harus melalui bangku kursus atau di bangku sekolah.

3. SELALU PRAKTIKAN APA YANG TELAH KITA PELAJARI.

Misalnya setelah belajar HTML, CSS dan JavaScript, kalian bisa menerapkannya ke dalam template blogger. Nah beruntungnya bagi kalian yang kebetulan ngeblog. Blogging itu memang banyak untungnya lho...

Lagipula yang harus kalian tahu adalah belajar bahasa pemrograman itu adalah belajar teori namun dengan lebih banyak praktik lho.. Saat kalian mulai belajar satu bagian terori daripada koding, buatlah suatu projek untuk melatihnya. Contohnya karena kalian sekarang membaca blog ini adalah kalau kalian mengerti HTML, CSS dan JavaScript, mengapa tidak mencoba mendesain sebuah template cantik?

Dan, sekali kalian telah mengerjakan sebuah proyek latihan, lakukan hal yang lebih kompleks daripada sebelumnya dan teruslah demikian hal tersebut berguna untuk melatih keahlian kalian dalam memecahkan problem yang lebih kompleks lagi.

Dan lagipula melalui proyek tersebutlah sesungguhnya kalian berlatih mengimplementasikan apa saja yang telah kalian pelajari. Dan ingat latihan seperti itu akan membuka peluang kalian untuk menemukan dan mempelajari hal baru dengan sendirinya.

4. SELALU MEMILIKI PERASAAN INGIN TAHU DAN PANASARAN.

Jadilah orang yang selalu panasaran, maka tanpa sadar pengatahuan kalian akan berlipat ganda. Rasa panasaran akan mendorong kalian untuk belajar lebih banyak, lebih gigih dan lebih cepat dari orang kebanyakan.

Jangan lupa bergabunglah dengan forum forum pemrograman online yang ada di jejaring sosial seperti grup grup di facebook, searching di Google, nonton video pemrograman di youtube dan masih banyak lagi. Media media ini sangat berpotensi memberikan pengatahuan dengan nilai lebih yang terkadang tidak kalian dapatkan melalui buku. Artinya kalian mempelajarinya melaui prespektif yang berbeda daripada yang biasa untuk mendapatkan hasil yang luarbiasa.

5. BELAJAR DEBUG

Wah apa itu debug? Itu adalah istilah pemrograman, berasal dari istilah "bug" orang orang programmer menterjamahkannya sebagai "celah" atau "lobang" yang terekspose dalam suatu program komputer.

Sedangkan debug adalah memecahkan, menambah, atau memperbaiki celah yang terdapat dalam program yang telah kita ciptakan. Tidak perduli kalian itu adalah pemula atau sudah menjadi seorang programmer ahli, kalian harus sering men"de-bug" kode kode pemrograman yang telah kalian tulis agar dia sempurna pada saat di jalankan. Nilainya adalah seberapa cepat kalian bisa memecahkan sebuah trouble atau men"debug" sebuah program yang telah kalian tulis.

Dengan keahlian "debugging" ini belajar pemrograman akan menjadi lebih cepat..

6. PELAJARI PEMROGRAMAN LOGIC

Logic memang identik dengan suatu pekerjaan pemrograman, disana nanti ada sejumlah perintah yang harus di jalankan dalam bentuk penulisan kode, ada terdapat pola pola yang di ulang ulang. Sangat penting memecahkan masalah dari sudut pandang pemrograman dan harus di ingat setiap problem di dalam pemrograman dapat diatasi atau dipecahkan.

Sangat luarbiasa jika kalian mempelajari pola polanya dan mencoba dengan solusi kode kode sederhana, jangan buat kode kode kalian menjadi rumit. Bahasa pemrograman itu terlihat sangat mudah jika kalian mengerti bagaimana cara berfikir dan apa logika di sebaliknya....
Dan percayalah, pemrograman itu sangat indah...tidak memandang cowok atau cewek, pemrograman akan menjadi bunga mawar yang mewangi dan cahaya bianglala kehidupan bagaikan pelangi di tangan orang orang yang mempelajarinya.
Untuk Papa, Anissa, Adel dan siapa saja yang mencintai pengatahuan dalam hidupnya...

I am a student of Senior High School (SMA) I am living in Bandar Lampung, Selalu tertarik dengan HTML, sedang belajar Javascript, python dan C++

2 comments:

  1. Yeeaah... Saya generasi kolonial yang kesusahan memahami pemrograman.. Heuheuheu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemrograman itu tidak sulit, hanya saja karena tidak mempelajari dasarnya jadi terlihat demikian

      Delete