November 04, 2019

CARA MENDAPATKAN UANG DARI BLOG TANPA ADSENSE

online adverstising
ilustration online adverstising
Mengapa Adsense?
Karena memang cara monetisi itulah sekarang yang paling populer, dan alasan kalian menggunakannya di Blogger juga adalah karena Adsense itu sendiri adalah milik Google. Begitu masuk setting blogger kalian sudah menemukan menu "Penghasilan" yang apabila di klik akan muncul notifikasi: "Jadikan Hobi anda menjadi penghasilan"

Disamping itu komunitas blogger sangat banyak dengan kemudahan mendapatkan informasi yang lebih lengkap, jadi wajar kalian berfikir, disamping menyalurkan hobi menulis, berkarya alangkah baiknya jika blog juga bisa mendatangkan uang dari monetisi Adsense bukan? Meskipun bukan satu satunya yang terbaik, akan tetapi Google Adsense memiliki nama yang baik dan bantuan optimasi yang lengkap untuk menjadikan halaman blog kalian sebagai publisher Adsense.

Adsense memang masih yang terbaik, tetapi ia bukan lagi satu satunya. Sama halnya dengan Adsense terkadang bekerja untuk saya, tapi mungkin tidak untuk kalian.

Alternatif adsense sudah sangat banyak dan terbukti memberikan penghasilan yang terkadang lebih baik, namun tergantung masing masing blogger sih, tidak semua orang memiliki bakat mengoptimalkan halaman blogger mereka untuk mendatangkan keuntungan. Saya akan mencoba mengajukan beberapa alternatif dibawah ini, siapa tahu setelah mengikutinya kalian akan beruntung:

1. Alternatif Adsense
Misalnya kalian bisa mendaftar di Media.net . Platform ini adalah platform yang sangat baik, namun kalian bisa mencoba mengunjungi platform lain yang tidak kalah menariknya untuk memonetisi halaman blog kalian:
Media.net adalah milik Yahoo dan terbukti memberikan penghasilan besar, namun untuk diterima blog kalian harus berbahasa Inggris, memiliki konten yang baik dan trafik blog yang cukup memadai. Akan tetapi penyedia lokal juga banyak. Mungkin kalian pernah mendengar Adnow. Situs ini terkenal dengan iklan native yang tidak akan mengganggu halaman blog kalian, mendaftarnya juga mudah kok.

2. Afiliasi
Menjalankan Afiliasi membutuhkan waktu, memang hampir tidak ada jalan instan untuk mendapatkan uang. Jangan percaya rayuan gombal di internet yang mengajak kalian kursus Afiliasi dan menjadi sukses dalam beberapa jam. Untuk sukses kalian harus menjalani proses dan proses membutuhkan waktu. Afiliasi dapat memberikan peluang yang sangat menjanjikan asalkan kalian tekun, sabar dan gigih memperjuangkan bisnis ini.

Tapi jangan berfikir itu sangat berat, justeru jika dijalani akan terasa lebih mudah daripada yang mungkin kalian kuatirkan. Untuk berafiliasi kalian tidak perlu menjual produk atau jasa, cukup menawarkan barang atau jasa pihak lain dan mendapatkan komisi atau bayaran melalui link halaman blog kalian. Atau dalam bahasa kerennya kalian "Memasarkan Produk" atau bekerja di marketing afiliasi.

cara kerja pemasaran afiliasi
cara kerja pemasaran afiliasi
Jika kalian tertarik, silahkan di coba mengunjungi:
Saya rasa itu gampang saja, ikuti saja instruksi dari situ situs diatas. Namun kalian juga bisa mencari rekanan dalam negeri untuk berafiliasi dengan mereka. Semuanya bebas kok.

3. Postingan bersponsor
Pernah mendapat tawaran seperti demikian? Tapi ingat satu hal jangan jual link kalian!
Contoh paling sederhana tentang ini adalah: Para pemilik produk ingin kalian menulis tentang mereka semacam review produk mereka atau apalah namanya. Artinya tulisan bersponsor akan mendapatkan bayaran dari sebuah perusahaan tulisan tulisan seperti ini bisa diserahkan kepada penulis seperti kalian atau para pengiklan.

Tapi harus berhati hati ya jika mendapatkan "pekerjaan" seperti itu, hal hal yang harus kalian perhatikan dengan teliti terkait dampaknya terhadap halaman blog kalian adalah:
  1. Postingan tersebut harus sesuai dengan niche blog kalian, jika bertolak belakang sebaiknya di tunda dulu, tulisan walaupun dalam bentuk iklan jika sesuai dengan niche blog, akan menjadi hal yang saling menguntungkan. Pemilik produk bisa mencapai target penjualan atau pemasaran mereka dengan lebih mudah, sedangkan kalian mendapatkan konten yang mampu mendongkrak traffik dan nama baik situs atau blog kalian.
  2. Jangan terima review konten perjudian dari situs perjudian seperti casino
  3. Jangan lupa tambahkan tag "no follow" pada link pengiklanan
  4. Jangan sekali sekali menulis hal hal tidak benar terkait produk yang di iklankan. Sekali orang merasa tertipu membeli, mengunjungi atau menerima jasa situs yang kalian iklankan, maka situs blogger kalian juga akan menerima akibat buruknya, kemungkinan tidak akan dipercaya lagi selamanya. Dan lebih buruknya akan ditinggalkan oleh pengunjung organik kalian sendiri.
  5. Jelaskan pada penutupan bahwa itu adalah artikel iklan
Kalian bisa mencari link peneydia jasa seperti ini dengan mengunjungi situs situs seperti dibawah ini:
 4. Jual produk atau Jasa kalian sendiri
Melalui sebuah situs atau blog milik kalian sendiri sebenarnya kalian berpeluang besar menjadi seorang pengusaha, pedagang dan penyedia jasa, contohnya:
  • Jika kalian memiliki produk kerajinan tangan, buku dan atau pakaian unik yang cantik untuk di jual secara online. Kalian dapat menawarkannya di sela sela artikel, konten atau tulisan kalian yang menarik.
  • Jika kalian misalnya pintar mengedit gambar, mengajarkan sebuah ketrampilan secara online, membuat template blogger, wordpress dll. Kalian dapat menawarkannya dengan cara menarik melalui situs atau halaman blog yang kalian miliki.
  • Banyak contoh blogger sukses menjual jasa membuat template blog seperti: Arlina, Mas Sugeng, Bung Franky, Igniel dll.
  • Menawarkan jasa konsultasi, tutorial berbayar secara online.
  • Meminta donasi, dengan cara memberikan konten konten menarik kepada pembaca.
  • Dan masih banyak lagi.
5.  Menjual Ruang Konten untuk iklan
Yang kalian butuhkan adalah mengundang para pengiklan untuk meletakan iklan mereka langsung ke dalam blog kalian pada ruangan yang atau "kavling" yang telah kalian sediakan di dalam blog kalian.

Ini artinya kalian langsung mengiklankan produk, tidak perlu pihak ketiga lagi. Ini akan memberikan keuntungan didmana kalian dapat mengontrol seperti apa blog yang akan ditampilkan baik tataletak hingga kualitas dan bayarannya. Jelas bayarannya sepenuhnya milik kalian. Tetapi untuk ini kalian harus memiliki beberapa syarat agar pihak pengiklan menjadi tertarik terhadap blog kalian:
  • Kunjungi blog lain yang nichenya mirip dengan blog kalian, teliti dan pelajari pengiklan mana yang menenmpatkan iklan di blog blog tersebut. Lalu coba hubungi pengiklan tersebut melalui kontak atau email yang mereka sediakan.
  • Buat sebuah promosi perihal berapa banyak pengunjung blog yang kalian kelola, tunjukan pilihan pengiklanan apa saja yang bisa mereka tampilkan di halaman blog kalian.
  • Jika blog kalian berplatform Wordpress, gunakan plugin AdsPro untuk mengatur iklan iklan kalian. 
  • Bergabunglah dengan Forum forum seperti Digital Point untuk mendapatkan lebih banyak pengiklan.
  • Hanya menghubungi pengiklan yang potensial saja.
Kalian bisa bergabung dengan komunitas komunitas blogger yang melakukan hal yang sama. Berbagi pengalaman.

Demikianlah beberapa alternatif yang telah terbukti dapat menggantikan adsense, bahkan beberapa blogger ternyata telah menjadi orang kaya karena kegigihan mereka dalam hal mencari uang secara online.

Ingat sebuah blog saja tidak akan cukup jika kalian tidak memberdayakannya dengan tepat, benar dan efektif!

www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

16 comments:

  1. consistency is the key ;-)

    ReplyDelete
  2. Nice tips. Intinya bukan hanya karyawan saja yang berjiwa wirausaha (intrapreneur), tapi juga blogger harus berjiwa wirausaha (bloggerpreneur). Jujur, saya masih harus belajar sampai ke arah sana. Saya ngeblog sebatas menyalurkan hobi menulis sesuai dengan topik yang dikuasai, bukan karena pesanan sponsor hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Kadang sebagai karyawan saya sering dilanda kejenuhan. He he he... Anyway thank you.

      Delete
  3. Sepakat bgt.. Tp sejauh ini blm pernah nyoba ehehehe

    ReplyDelete
  4. Gw mah ngeblog cuman menyalurkan hobi nulis sama cari temen aja di dunia maya. Seneng aja gitu punya banyak teman.

    ReplyDelete
  5. Seandainya saya punya banyaka waktu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. so sibuk ya hehehe. Tapi konsistensi butuh komitmen mengatur waktu di dunia nyata agar berhasil mengumpulkan kepeng di dunia maya.

      Delete
    2. Jangan bang, Day. Saya lebih suka dunia nyata. Ntar klo dunia maya dapat kesenangannya semu ha ha ha

      Delete
  6. wow..wow...artikel ini mengingatkan perjalanan ngeblog saya gan, saya kini mulai ngk mikirin penghasilan adsense dari blog Tapi mikirin uang adsense dari Yutube saja, itupun kalau tercapai.

    Untuk space iklan dari pihak lain selain adsense, saya belum coba mas, kayaknya belum cocok utk blog saya, soalnya trafiknya masih imut - imut.kayak marmut.

    ReplyDelete
  7. sampai skrg blm adsense2, blm tau kapan mau ngajuin hehehe..
    belum terlalu konsen untuk penghasilan blog walaupun ada beberapa.makasih tipsnya yaa
    sementara masih menikmati senangnya berbagi dl :)

    ReplyDelete
  8. jadi teringat adsensse saya yang hilang, saya juga pengen bisa dapat penghasilan dari blog, tapi sekarang lebih pengen belajar konsisten dulu he... he...

    ReplyDelete
  9. Wah, Adsense berat kalau gak punya trafik. Setahun ini ngumpul cuma cukup buat perpanjangan nama domain aja, huhuhu, sedih aku tuh.

    Btw sekarang lagi nyobain postingan bersponsor, lumayan gede dapetnya, tapi ternyata banyak pantangannya juga y? Wa, terima kasih banget nih infonya :)

    ReplyDelete