November 28, 2019

BLOGGER DAN TANTANGAN BERAT DI MASA DEPAN

blogging
blogging
Waktu dalam hidup adalah sesuatu yang dapat kita manfaatkan, namun dia terbatas. Karena itulah saya menulis dan terus menulis, meskipun kelak menulis seperti sekarang mungkin lenyap dari sejarah karena modernisasi cara kita menulis terus berkembang semakin maju. Kalian dapat mempercayai hukum ini bahwa tidak akan ada yang abadi di dunia ini,  kecuali perubahan itu sendiri.

Hari ini saya tetap Ngeblog atau blogging. Tetapi saya mulai merenungkan seperti apa kelak blogger di masa depan. Namun yang jelas masa depan akan berbeda dengan masa sekarang. Bisa jadi segalanya akan berubah dan tidak akan pernah sama lagi dengan masa lalu.

Apa yang membuat kita terkadang merasa berputus asa? Banyak!  Hampir semua pekerjaan bisa mendatangkan putus asa. Namanya juga manusia.

Dalam dunia blogging masa sekarang banyak sekali terdapat tantangan yang berbeda. Misalnya Google sebagai pemilik platform blogger mengawasi dengan ketat setiap kegiatan penggunanya melalui tool tool pintar yang mereka ciptakan. Mereka berinvestasi besar untuk itu.

Blogger juga mendapat tantangan berat dari platform penayang video seperti youtube yang semakin banyak di minati. Jujur saja,  ketimbang membaca generasi sekarang lebih banyak menonton video baik itu bersifat hiburan,  pendidikan atau tutorial. Format video sudah sedemikian majunya sehingga bisa menjadi sangat interaktif.

1. Tantangan pertama: youtube platform video.

Jujur,  banyak yang mengaku lebih suka membaca daripada nonton. Tapi hasil survey menunjukan mereka adalah  generasi "lawas" jangan salah walaupun generasi milineal masih relatif muda,  mereka sudah dianggap berlalu,  karena gen sekarang adalah generasi Z yang lebih internet dan "technology savvy". Meskipun membaca secara konvensional masih di gemari, trend ini kemudian perlahan tapi pasti menuju ke arah yang samasekali berbeda.

Pasar masa depan ini adalah pasar video, segala informasi melalui media ini. Pasar ini juga adalah pasar mobile dimana Handphone sudah sedemikian pintar nya.

Kita bisa mengatakan ada banyak hal yang tidak dapat digantikan oleh video dari kebiasaan membaca,  itu hanya persoalan psikologis generasi kita. Sebagai pribadi yang selalu tertarik perihal HTML,  terutama programming saya melihat kemajuan yang tidak terelakkan,  format video yang semakin interaktif  bagaimana format video dimasa depan dapat mempresentasikan sebuah tulisan dengan kombinasi visual gambar bergerak yang semakin sempurna.

Misalnya gambar bergerak dapat disentuh, dihentikan dan eksplorasi hingga menghasilkan informasi dalam bentuk suara dan tulisan sekaligus. Jika hal ini semakin terintegrasi ke dunia pendidikan,  kita dapat membayangkan betapa revolusioner perubahan yang terjadi di masa depan. Membaca mungkin tidak akan dilakukan melalui media kertas lagi karena di masa depan media seperti tablet amazon sudah sedemikian maju dan jauh lebih aman dan ramah lingkungan.

Informasi dalam bentuk tulisan dan gambar tidak bergerak akan segera menjadi terlihat tua: format video yang ringan dan dapat berlari kencang di internet, dimana jika pelajar ingin mempelajari anatomi tubuh hewan buas, cukup membolak balik gambar dengan jari seluruh bagian tubuh hewan buas akan ter eksplorasi dengan akurat karena pesatnya kemajuan algoritma. Misal saat mereka menyentuh taring singa akan segera muncul penjelasan dalam bentuk suara dan tulisan yang sangat responsif.

Dan,  dimasa depan begitulah situs web berjalan dengan segala fitur fitur nya termasuk blogger mau tidak mau akan mengikuti trend ini,  atau.... Ditutup. Tantangan nya buat para blogger adalah belajar lebih banyak daripada sebelumnya.

2. Tantangan kedua: mobile. 

Halaman dan aplikasi harus mobile,  trend ini sedang berlangsung sekarang.
Bahkan Google sampai membuat proyek AMP (accelaration mobile page)  sebagai projek untuk mengintegrasikan seluruh halaman web ke dalam halaman web.

Kita akan melihat bukan berawal dari ambisi Google untuk membuat halaman web menjadi lebih mobile,  akan tetapi lebih dikarenakan tuntutan zaman: dimana milyaran manusia mengakses internet melalui ponsel ketimbang laptop apalagi desktop.  Artinya pasar masa depan adalah pasar online yang mobile,  bukan dekstop.

Disamping itu alasan memprioritaskan mobile adalah:
  • Trend pengguna yang meningkat drastis dari waktu ke waktu,  lebih mudah menjangkau semua kalangan dari segala usia. Karena hampir setiap orang memiliki ponsel. 
  • Mempercepat halaman web (baca: blog kalau kita)  melalui proyek AMP. 
  • Mudah menjangkau dengan cara berinteraksi langsung,  melalui aplikasi mobile seperti whatsApp,  instagram,  atau bahkan melalui jaringan seluler teleponi. 
  • Secara kuantitas halaman web sekarang memang lebih banyak mobile ketimbang dekstop. Karena halaman mobile relatif masih baru maka kecepatan halaman mobile masih menjadi tantangan karena dapat memangkas banyak elemen elemen template web. Namun karena jumlah transaksi bisnis yang meningkat secara signifikan,  halaman mobile akhirnya secara kualitas akan menyamai halaman dekstop bahkan suatu hari akan melebihinya. 
3. Tantangan ketiga: Teknologi yang berkembang semakin laju. 

Orang bisa mengatakan mengapa tidak melakukan inovasi terhadap halaman dekstop dan laptop? Itu semua juga telah dilakukan namun tidak secepat lajunya perkembangan halaman mobile dan setiap hal yang berbau mobile adalah tuntutan zaman sekarang. 

Dunia modern seolah tidak ingin di bebani oleh bentuk dan dimensi besar,  berat dan memakan ruang waktu.  Selagi bentuk laptop dan desktop berada diatas 12" maka dia hanya bisa "duduk" di dalam kamar. 

Orang ingin bekerja tanpa terlihat.  "Officeless" kemudian menjadi trend. Bahkan pemerintah Indonesia mulai mempertimbangkan untuk menjalankan sistem dimana pegawai negeri kelak boleh bekerja tanpa harus datang ke kantor. 


Jadi jika pekerjaan pekerjaan yang tadinya begitu "real" membutuhkan interaksi dan kontak fisik sudah sedemikian mobile-nya,  mengapa blogger tidak?

Banyak cara yang dapat kita tempuh terutama terkait perkembangan teknologi mobile dan mengimplementasikan nya ke dalam pekerjaan, profesi dan bisnis kita,  jika halaman website kita pada akhirnya terintegrasi dengan bisnis yang sedang kita tekuni.  Salah satu jalan yang paling mudah di tempuh adalah teruslah BELAJAR!

Terkait teknologi web kita dapat mulai belajar HTML,  CSS,  JavaScript dst.. Di masa depan kata kalangan ahli,  jika anda tidak bisa koding berarti anda buta huruf. Di masa depan semua orang sudah melek huruf konvensional atau tulis baca,  namun di masa depan syarat melek huruf adalah bisa baca koding.

Tantangan teknologi yang paling populer adalah A.I. dimana segala sesuatu dapat di pelajari dengan cepat namun dengan kualitas dan kuantitas berlipat ganda di masa depan. A.i. adalah hal yang paling mungkin merubah kehidupan manusia secara drastis dimasa depan. Dengan A.I. kelak kita melihat website dan blog blog yang jauh berbeda daripada sekarang, blog blog dengan konten video adalah hal yang sudah ama biasa.

4. Tantangan ke empat: HARUS MENGIKUTI TREND

Blogger yang ingin tetap eksis dalam waktu dekat mau tidak mau harus mengikuti trend: Segala sesuatu yang berubah dengan cepat dan semakin cepat!

  • Jumlah blogger semakin berjubel, kit harus bersaing ketat. Namun hal ini membuka peluang bahwa orang tetap akan mengunjungi blog. Tidak semua blog berhasil tumbuh dan bertahan.
  • Halaman mobile akan menjadi rajanya web, di kunjungi dan lebih banyak orang membaca melaluinya. Jadi utamakan blog kita menjadi "Mobile"
  • Bahasa Inggris akan menjadi bahasa utama blog, namun translator online juga semakin akurat dalam mentransletkan halaman web.
  • Harus "move on" dari kebiasaan berfikir cara milineal, zaman itu sudah hampir berlalu dan bahkan sebagian ahli mengatakan sudah berlalu, karena sekarang sudah zamannya generasi Z. Pasar sekarang adalah pasar mereka, uang sekarang adalah uang mereka. Selera dan gaya sekarang adalah selera dan gaya mereka.
  • Harus lebih banyak konten visual, video dan kurangi penggunaan text, karena terkadang orang zaman sekarang mampir ke halaman atau  toko kita hanya sekedar ingin membeli makanan ringan.
  • Segala sesuatu yang terhubung, blog sekarang tidak  perlu terlalu besar yang penting terhubung dengan pengunjung.
  • Blog harusnya dengan niche, karena kalau gado gado sudah di lahap oleh situs situs besar.
  • Jangan bosan mengoptimalkan konten konten blog
  • Gunakan robot untuk menulis, karena sekarang harus diakui robot sudah memiliki A.I. yang menakjubkan. Robot akan membantu penulisan yang cepat dan akurat serta menghindari dari kesalahan manusia. Robot pernah menjadi pemenang sastra menulis di Jepang. Tidak ada seorangpun juri yang menyangka itu adalah tulisan robit A.I. begitu mengesankan dan mengharu biru.
  • Dan masih banyak lagi tantangan sesuai dengan "waktu"
Izinkan saya mengutip kata kata Einstein: Tidak ada yang abadi di dunia kecuyali perubahan itu sendiri.


www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

5 comments:

  1. ah iya sekarang banyak buanget ya blogger tapi setuju sama quote Einstein perubahan yang jadi abadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri

      Delete
  2. Jadi, tantangan terberat bagi seorang blogger adalah mengembangkan dirinya sendiri ya mas. Banyak yang berhenti belajar dan berubah menjadi pengajar tanpa mau belajar, padahal kenyataannya seorang pengajar pun tetap harus belajar kalau mau bertahan.

    Soal apa yang harus dipersiapkan seorang blogger dari masa depan, rasanya akan berbeda tiap orang . Bagaimana pun masa depan orang tidak akan sama, dan kodratnya seorang blogger harus mempersiapkan diri untuk bisa menghadapi masa depan yang mereka prediksi akan datang.

    Tapi agree banget soal, tidak ada yang tidak berubah di dunia kecuali perubahan itu sendiri yang terus menerus akan terjadi dan tidak pernah berhenti

    ReplyDelete
  3. Tapi mas aku lebih suka baca daripada nonton format video, entah knapa, lebih nyaman aja, mungkin aku tipe pembaca lawas itu hehe

    ReplyDelete