Skip to main content

APA YANG DAPAT KITA LAKUKAN TANPA JAVASCRIPT?

Ilustrasi menu dropdown blogger
Ilustrasi menu dropdown blogger
Javascript identik dengan "action" kadang untuk membuat suatu elemen di dalam template menjadi responsif, kita harus menanamkan script, yakni JavaScript. Template tampak hidup dan indah, tapi...berat! Kebanyakan Template-template HTML modern memiliki ciri ciri:
  • Kompatibel dengan HTML5.
  • Kompatibel dengan CSS3
  • Lebih banyak CSS
  • Hanya menggunakan sedikit JavaScript
Tentu saja penggunaan JavaScript tidak bisa dihindarkan, ia masih berkembang dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi sebuah bahasa yang dinamis dan ringan di masa depan, tentu saja jika ia masih hidup sampai nanti. Namun jika kita hanya ingin menggunakan CSS? Inilah yang dapat kita lakukan.

2. Membuat menu dropdown murni CSS. 
Perhatikan tombol berikut dan coba sentuh:
SENTUH TOMBOL DROPDOWN WARNA MERAH DIBAWAH INI.

Kemudian perhatikan kode CSS pembuatannya berikut, dibawah ini:
<style>
.dropbtn {
background-color: #ff0000;
color: white;
padding: 16px;
font-size: 16px;
border: none;
}
.dropdown {
position: relative;
display: inline-block;
}
.dropdown-content {
display: none;
position: absolute;
background-color: #f1f1f1;
min-width: 160px;
box-shadow: 0px 8px 16px 0px rgba(0,0,0,0.2);
z-index: 1;
}
.dropdown-content a {
color: black;
padding: 12px 16px;
text-decoration: none;
display: block;
}
.dropdown-content a:hover {background-color: #ddd;}
.dropdown:hover .dropdown-content {display: block;}
.dropdown:hover .dropbtn {background-color: #3e8e41;}
</style>
</head>
<body>
<p>SENTUH TOMBOL DROPDOWN DIBAWAH INI.</p>
<div class="dropdown">
<button class="dropbtn">Dropdown</button>
<div class="dropdown-content">
<a href="#">Link 1</a>
<a href="#">Link 2</a>
<a href="#">Link 3</a>
</div>
</div>
2. BAGAIMANA JIKA DENGAN JAVASCRIPT? 
Namun jika kalian ingin menampilkan menu dropdown dengan cara di "klik" terlebih dahulu, maka mau tidak mau kalian harus menanamkan kode JavaScript ke dalamnya. Contoh tombol berikut harus di klik terlebih dahulu:
SENTUH TOMBOL DROPDOWN WARNA MERAH DI BAWAH INI.

Perhatikan perbedaan kode terakhirnya yang saya sorot kuning:
<style>
.dropbtn {
background-color: #FF0000;
color: white;
padding: 16px;
font-size: 16px;
border: none;
cursor: pointer;
}
.dropbtn:hover, .dropbtn:focus {
background-color: #2980B9;
}
.dropdown {
position: relative;
display: inline-block;
}
.dropdown-content {
display: none;
position: absolute;
background-color: #f1f1f1;
min-width: 160px;
overflow: auto;
box-shadow: 0px 8px 16px 0px rgba(0,0,0,0.2);
z-index: 1;
}
.dropdown-content a {
color: black;
padding: 12px 16px;
text-decoration: none;
display: block;
}
.dropdown a:hover {background-color: #ddd;}
.show {display: block;}
</style>
</head>
<body>
<p>SENTUH TOMBOL DROPDOWN WARNA MERAH DI BAWAH INI.</p>
<div class="dropdown">
<button onclick="myFunction()" class="dropbtn">Dropdown</button>
<div id="myDropdown" class="dropdown-content">
<a href="#home">Home</a>
<a href="#about">About</a>
<a href="#contact">Contact</a>
</div>
</div>
<script>function myFunction() {document.getElementById("myDropdown").classList.toggle("show");}window.onclick = function(event) {if (!event.target.matches('.dropbtn')) {var dropdowns = document.getElementsByClassName("dropdown-content");var i;for (i = 0; i < dropdowns.length; i++) {var openDropdown = dropdowns[i];if (openDropdown.classList.contains('show')) {openDropdown.classList.remove('show');}}}}</script>
Jadi sekarang kalian mengerti perbedaannya: Pada bagian elemen yang murni dibuat dengan CSS untuk menampilkan menu cukup dengan disentuh saja. Sedangkan pada bagian yang di tambahkan dengan JavaScript, kita menambahkan "action" yakni harus di klik terlebih dahulu untuk menampilkan menu dropdown.

Mungkin Anda Suka:

Comments

  1. Kak, boleh kasih contoh hasilnya nggak sih Kak, aku penasaran menu dropdown itu kayak gimana?

    Btw, aku suka sama templatenya, cute. Wkwkwk... Aku nggak bisa mengalihkan pandanganku dari templatenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Eunid, templat Ketika dunia melihatku juga cakep. Hanya butuh premium kok. Contoh sederhana diterapkan pada templat "SBBS anissa"

      Templat itu sebenarnya templat contempo bawaan blogger yang telah di rombak sehingga memiliki sidebar dan navigasi fixed plus tombol pencarian.

      Aku sendiri sebenarnya sedang belajar bahasa WEB secara otodidak bersama admin editblogtema...itupun di sela sela waktu sepulang sekolah.. 😊

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya untuk memudahkan kami menganalisa dan troubleshooting agar kami dapat membantu atau membantu memecahkan masalah seputar kode kode HTML, CSS dan JS template blog kalian

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Bagaimanapun pertanyaan, kritik, saran dan masukan dari kalianlah yang membuat blog ini tetap bertahan dan ada.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

CARA MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah karena terdapat problem yang muncul setelah template di buat dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal sudah di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki.

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tesebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list tadi hanya menampilkan tulisa…

ANDA PANASARAN, APAKAH IMUWAN PERCAYA KEPADA TUHAN?

Pertanyaan yang paling menggelitik para penganut agama perihal apakah ilmuwan percaya agama dan bagaimana cara mereka memandang penciptaan alam semesta diantaranya adalah:
Apakah Einstein percaya doaApakah Ilmuwan percaya akan keberadaan TuhanBagaimana dia memandang penciptaan Alam Semesta?Beda, beda banget dengan kita. Sebagian besar faktanya tercermin dari hasil penelitian ilmiah yang mereka presentasikan di depan umum, sebagian lagi dari statemen dan jawaban jawaban yang telah di publikasikan pada saat ceramah  sesi ilmiah yang pernah di berikannya.
Kita sedang membicarakan empat orang Ilmuwan dan penemu hebat, ilmuwan paling beken sepanjang masa: Albert Einstein, Stephen Hawking, Thomas Edison dan Charles Darwin. Terlepas bagaimana para pemeluk Agama yang taat memandang mereka, tidak dapat di sangkal lagi, ide ide, teori teori dan penemuan mereka telah meraut bulat lonjongnya dunia yang sedang kita huni di Dunia sekarang ini. Sebagian besar hasil sumbangsih mereka bahkan ikut andi…

2 CARA KEREN MEMASANG NAVBAR MENU PADA TEMPLATE NOTABLE

Saya suka Notable, bergaya desain rockpool, template ini dinamis, kencang, aman dan stylish. Tetapi untuk membuatnya tampak beda (stylish) kalian harus berusaha merubah, mengedit dan menambah pada bagian CSS, HTML atau bahkan hingga menambahkan Javascript. Salah satu cara merombak tampilannya adalah dengan menambahkan navbar custom ke dalam template Notable. Dan jika kalian ingin template tersebut menjadi beda, tampak premium dan lebih bagus performa nya, maka kalian dapat mengikuti langkah langkah berikut:
1. Menambahkan navbar dengan drop down Silahkan pasang template notable ke blogger untuk percobaan kalian, lalu masuk ke bagian pengaturan dasbor blogger. Saya anggap kalian telah menggunakan tampilan dasbor terbaru blogger: Pilih temaKlik menu (tiga titik bersusun)Ketika muncul menu dropdown pilih: Edit HTMLPerhatikan gambar: Pada halaman editor HTML blogger cari kode </head> dan letakan saja kode CSS berikut tepat diatasnya: <style>
body {margin:0;font-family:Arial}
.topnav …

PANDUAN LENGKAP SEDERHANA MENGEDIT TEMPLATE EMPORIO

4 varianTemplate terbaru milik blogspot blogger memiliki banyak sekali kelebihan: Kemudahan mengedit dan memkustomisasi template, kaya dengan style dan warna. Cobalah! Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lai…

HAPPY EID MUBAROK SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI

Mengucapkan: Selamat Hari Raya IdulfitriHappy Eid Mubarak  Mohon Maaf lahir & Batin. Jika ada salah dan Silap baik yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja.


Insyaalah Kita semua akan melewati waktu tersulit di dalam kehidupan kita. Insyaalah Jika kita tidak berputus harapan kita akan jauh lebih sukses setela badai berlalu. karena cobaan hidup akan mendidik kita menadi lebih kuat, lebih bijak, lebih ber empati terhadap sesama makhluk hidup lainnya, bukan hanya terhadap sesama manusia.
Copyright © EDITBLOGTEMA. All rights reserved.