November 08, 2019

5 ALASAN MENGAPA LEBIH BAIK BELI HAPE BARU DI BATAM DARIPADA HAPE SEKEN DI ZAMAN NOW

Batam menerapkan kebijaksanaan: Barang elektronik Batam tanpa pengecualian tidak bisa di bawa keluar lagi. Namun jika hanya membawa satu dengan tujuan untuk di pakai sendiri tentu saja boleh. Kayaknya sudah Internasional banget ya...
Hape seken Batam
Hape seken Batam
Untuk membawa lebih dari satu barang barang bekas asal Batam, orang harus mengantongi ijin dari Kemendag yaitu ijin persetujuan impor (PI). Jika tidak barang yang kedapatan di bawa akan di sita oleh petugas. Dan pelakunya akan mendapatkan sanksi hukum.

Berdampak pada bisnis hape seken
Seperti yang telah di umumkan secara resmi oleh Kementerian Keuangan melalui Direktur Jenderal Bea Cukai mengeluarkan keputusan Dirjen Bea Cukai nomor 07/BC/2019 terkait perubahan alur proses pengiriman paket/barang keluar dari Batam.

Baca juga: Seperti apa hape Android dan iOS di mata seorang Blogger?

Dalam aturan ini ditegaskan kiriman paket atau barang dari luar Batam diperlakukan sama seperti kiriman internasional.
Bacara juga:  Masihkah Batam menjadi sorganya elektronik di Indonesia?
Wah kiriman paket barang keluar Batam akan di perlakukan sama dengan barang dari luar negeri? Namun hal itu wajar karena Batam adalah Kawasan Perdagangan Bebas atau Free Trade Zone. Dengan masuknya Batam sebagai Free Trade Zone, maka pengaturan lalu lintas barang memang harus lebih detail.

Selama satu dekade lebih Batam menjadi sorga elektronik seken, barang barang bekas asal Singapore sepertinya bebas saja masuk ke kawasan ini. Hal ini jelas iligel, banyak pihak mengaitkan hape seken sebagai "limbah eletronik" namun karena harganya yang murah menjadi alternatif para pencinta gagdet. Dan maraknya penjualan gadget hape seken telah memperngaruhi penjualan hape baru. Namun dunia sekarang telah berubah, bak pepatah bilang" "tidak ada yang abadi di dunia.

Kalian bisa mempertimbangkan 5 hal berikut sebelum memutuskan membeli hape seken:
  1. Kemajuan teknologi semakin cepat.
  2. Dulu kita bisa menggunakan hape walau telah berumur 4 tahun, namun sekarang update software dan perangkat keras hape telah meningkat tajam dan semakin cepat dari waktu ke waktu. Sekarang jika kalian beli hape seken dengan mesin prosesor lawas dan hanya mengandalkan 2 RAM, ruang simpan 16 GB hape kalian segera menjadi lemot, walaupun pada zamannya hape seken tersebut adalah hape "Flagship"
  3. Harga.
  4. Vendor vendor dan pabrikan baru hape bermunculan menawarkan harga yang murah bahkan lebih murah daripada hape bekas flagship dan dengan spek yang lebih baru dan tinggi, hardware dan software terbaru. Pabrik pabrik ponsel Cina yang dulu dipandang sebelah mata, kini telah mendapatkan tempat yang tinggi di dunia. Bahkan Uni Eropa mengakui beberapa merek ponsel CINA telah duduk di barisan terdepan dalam hal: inovasi teknologi, prosesor hingga software pendukung.
  5. Limbah elektronik
  6. Kalian juga harus mempertimbangkan hal ini jika kalian ingin membantu lingkungan dunia dan negara. Beberapa negara telah menerapkan barang barang bekas elektronik sebagai limbah elektronik termasuk hape bekas. Kalian mungkin menginginkan sebuah hape branded dan mendapatkannya sebagai barang bekas. Namun tentu saja tidak semua barang bekas dapat di kategorikan sebagai limbah asalkan tetap dapat dimanfaatkan.
  7. Sistem kontrol IMEI 
  8. Pemerintah sedang menerapkan kontrol IMEI, mana ada hape seken Singapore yang akan terdaftar IMEI-nya di database kementerian perdagangan. Jika kalian pikir hal itu mudah di atasi dengan segala cara, maka kalian telah mengkhianati negara. Lagi pula jalan pintas seperti demikian selain melanggar hukum, sedikit banyak akan mempengaruhi kinerja hape kalian menjadi tidak stabil, dan menjadi berat. Jadi tidak nyaman menggunakannya.
  9. Melangar aturan
  10. Negara sedang bersusah payah menghadapi proteksi perdagangan, namun dengan mudahnya kita membantu negara lain menjual produknya di negara kita. 
Dari point diatas, ke depannya penggunaan hape bekas (seken Singapore) diharapkan jadi jauh berkurang, dan segera dihapuskan, bukan hanya merugikan konsumen hape itu sendiri, tapi jelas sangat merugikan negara. 

Pengguna mungkin bermaksud membeli sebuah brand dengan harga terjangkau, namun harus mempertimbangkan, brand tidak cukup mewakili kenyamanan pemakaian, kecanggihan teknologi dan jaminan update baik hardware maupun software gadget hape seken merek terkenal. Sementara banyak negara sudah mulai menerapkan hape hape seken sebagai limbah elektronik, kita masih berkutat memalui aturan perdagangan

Sementara di dunia setiap negara sekarang sedang menerapkan proteksi perdagangan, mereka melindungi negara mereka dari barang barang masuk dari negara kita, eh malah barang barang bekaS mereka begitu bebas memasuki pasar negara kita.  Orang orang kita sendiri pula yang mendatangkannya.

Dari sisi pendapatan sektor pajak negara sangat dirugikan. Sedangkan dari sisi konsumen tadinya sih untung karena mendapatkan hape murah dan berkualitas lumayan. Namun untuk sekarang jangan lakukan lagi.

Karena sebentar lagi jika peraturan IMEI telah ditetapkan suka atau tidak suka sambungan seluler dan internet pasti akan terpengaruh berat. Jadi mulai sekarang pertimbangkan masak masak sebelum memutuskan membeli barang elektronik bekas.

www.editblogtema.net

I am a student of Senior High School (SMA) I am living in Bandar Lampung, I am a passionately curious..

2 comments:

  1. Wah aku baru tau alasannya nih. termasuk merugikan negara. tapi yang jelas males bgt beli hp seken, cepet rusak lagi. jadi rugii deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, mending beli baru sj deh kalau selisih harganya cuma separoh he he he

      Delete