Skip to main content

MITOS POPULER ORANG ORANG ZAMAN DULU TENTANG HARIMAU

1. Harimau tidak akan menerkam wajah manusia karena wajah manusia ada tulisan nama Tuhan di dahi atau kening nya.

Menurut penelitian Harimau tidak akan menerkam wajah makhluk hidup apapun termasuk manusia karena, sejak jutaan tahun yang lalu dalam masa mereka berevolusi mereka telah belajar membunuh mangsa, yakni dengan cara menerkam di tengkuk mereka!
harimau
harimau
Faktanya memang benar harimau tidak akan menerkam mangsanya langsung tepat diwajah, harimau menerkam dan menggigit tengkuk mangsa untuk melumpuhkannya. 

Secara naluri hal ini memang telah "diajarkan" dan di bimbing oleh alam kepada harimau bahwa di tengkuk itulah terletak pembuluh darah yang harus digigit dengan taring taringnya yang tajam. Dengan menghunjamkan gigi dan taring mereka memotong urat nadi dan kemudian merasakan hangat dan gurihnya darah yang mengalir di sela sela gigi dan lidah mereka yang berbulu tajam.

Ketrampilan ini berjalan seiring dengan peningkatan performa fisik mereka yang semakin dinamis dimana tulang tulang tersusun lebih lentur membuat setiap Lompatan dan terkaman menjadi semakin efektip dan akurat, keseimbangan saat berlari dalam kondisi tanpa tumpuan sebagai modal skill bagi pemangsa.

Jadi selama jutaan tahun ketrampilan menerkam langsung ketengkuk mangsa akhirnya semakin sempurna di zaman ini. Perhatikan baik baik, perlakuan menerkam ini akan mereka terapkan kepada manusia, tidak akan ada bedanya terhadap hewan hewan mangsa lainnya yang lebih lemah bukan hanya  menerkam babi hutan yang relatif kuat misalnya, bahkan ketika akan membunuh seekor kelincipun mereka tidak pernah menerkam kewajah, namun tetap ke tengkuk!

2. Seekor harimau akan bernasib sial jika membunuh dan memakan manusia.

Benar jika yang dimaksud harimau tersebut akan segera diburu dan dibunuh oleh manusia lainnya yang marah.

Namun tidak benar jika ada kepercayaan yang mengatakan: Tanda harimau pernah memangsa manusia adalah giginya retak! Ini adalah salah.

Faktanya menurut peneliti, harimau yang memangsa manusia adalah harimau yang tidak mampu lagi berburu hewan liar, harimau tersebut sudah tua dan giginya telah retak atau patah akibat kerasnya pertarungan dengan hewan liar di alam bebas sana. Harimau harimau sial ini kemudian mencari mangsa yang lebih lemah, dan manusia secara fisik memenuhi harapan mereka.

Itulah sebabnya mengapa saat mereka dibunuh karena telah menerkam manusia selalu kedapatan bahwa gigi mereka telah "retak" hal itu samasekali bukan karena telah membunuh manusia. Karena retaknya gigi itu menyebabkan mereka terpaksa menjadikan manusia sebagai mangsa. Mereka sudah tidak mampu lagi bertarung terlalu keras untuk membunuh mangsa hewan lain yang secara fisik jauh lebih kuat daripada manusia.

Harimau seperti gajah dan hewan hewan yang mampu "belajar" lainnya umumnya menghindari manusia. Setelah seekor harimau tercium memangsa manusia biasanya harimau tersebut akan di "jauhi" oleh harimau lainnya, ini lebih terkait alasan karena harimua tua memang tidak memiliki daya tarik lagi bagi kelompoknya, disamping itu harimau lain "mencium" adanya bahaya setelah salah satu dari mereka kompliks dengan manusia.

Secara umum mereka menyadari hal ini berdasarkan naluri, bukan akal pikiran (rasio), pelajaran ini terpupuk dalam kesadaran alam: Bahwa komplik dengan manusia bukanlah hal yang bagus bagi spesies mereka.

Bukan hanya memangsa manusia, harimau harimau tua ini juga biasanya masuk ke kampung kampung mencuri ternak kambing dan bahkan memakan ayam ternak manusia.


3. Di hutan tidak boleh atau tabu menyebut nama 'HARIMAU' tapi sebutlah mereka dengan "sibelang", atau panggilah mereka dengan "kakek".

Fakta-nya harimau tidak tahu menahu tentang "kode etik" ini. 

Harimau hanyalah binatang atau hewan pemangsa yang tidak akan mengerti mereka mau dipanggil apa. Mereka tidak akan perduli mau dipanggil "siharimau", "sibelang" atau "kakek" jika mereka lapar, apapun panggilan untuk mereka maka bertahan hidup dengan cara memangsa adalah pilihan terbaik bagi seekor binatang buas. 

Jadi mereka tidak akan mengurung kan niatnya untuk menerkam mangsa manusia sekalipun setelah mereka di panggil kakek, jika harimau tersebut sedang kelaparan. Perlu di ketahui hewan buas ini umumnya makan ketika mereka lapar dan "kurang bernafsu" membunuh ketika mereka kenyang. Mereka seperti saudara sepupunya singa, adalah hewan yang sangat "pemalas".

4. HARIMAU JADI JADIAN

Entah bagaimana kisah klasik manusia "mutant" harimau jadi jadian ini terbentuk pada awalnya, namun legenda manusia harimau sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Mitos ini sangat di percaya sebagai hal nyata. Jadi teringat pernah nonton "7 Manusia Harimau" dan sekali lagi ini beredar di kalangan masyarakat dengan tradisi tertentu, misalnya di Sumatera selatan khususnya Bengkulu. Di kalangan masyarakat sana manusia harimau itu dipercaya memang ada.

Akan tetapi banyak kalangan yang skeptis. Legenda manusia harimau mungkin berasal dari masa lalu yang tetap saja hidup hingga beberpa generasi lagi menuju zaman modern. Menurut beberapa kalangan cerita atau legenda tersebut bisa bermanfaat untuk mengontrol tindakan manusia agar tidak semena mena merusak lingkungan alam dan terutama hutan. Sama seperti mitos menendang bakul yang di tabukan kepada anak anak agar mereka tidak seenaknya merusak properti yang telah dibuat dengan susah payah.

Menurut wikipedia:
Pada awalnya, siluman harimau merupakan ilmu sihir yang bertujuan untuk mempertahankan diri dari serangan harimau nyata. Ilmu yang ditekuni siluman harimau berasal dari Sumatera. Ilmu harimau ini akan turun-temurun ke generasi berikutnya. Raja-raja pada zaman dahulu di Sumatera terutama suku Melayu, suku Minang, dan suku Rejang banyak yang memiliki ilmu harimau secara turun-temurun. Di Jawa Barat, suku Sunda juga memiliki kepercayaan bahwa Prabu Siliwangi juga merupakan pemilik ilmu siluman harimau. Selain secara alami, ilmu ini juga diterapkan dengan cara memberi bubuk tulang, gigi, atau darah harimau untuk ditelan bayi saat baru dilahirkan. Ilmu siluman harimau sering disalahgunakan untuk membinasakan musuh atau orang yang dibenci pemiliknya. Bagi penuntut ilmu ini, mereka perlu membuang ilmu mereka atau mewariskannya kepada keturunannya sebelum mati. Hingga sekarang, masih ada penganut ilmu ini yang dapat mengubah dirinya menjadi harimau dan rata-rata mempunyai pendamping berupa roh atau makhluk gaib harimau.
Masih menurut wiki: Hasil sementara penelitian:
Bayi yang baru lahir jika diberikan bubuk tulang atau gigi harimau dapat merangsang seorang manusia menjadi seseorang berkarakteristik harimau. Tradisi ini sering diterapkan seorang ayah untuk membuat generasinya menjadi sosok yang kuat dan tangguh menjalani kehidupan. Genetika harimau yang berupa DNA yang terkandung dalam tubuh harimau seperti tulang dan gigi dapat berkembang dalam DNA manusia, sehingga karakteristiknya dapat menyerupai harimau.
So, darimana pun kepercayaan berasal, penelitian kemudian melengkapi bukti bahwa lebih banyak orang orang yang tinggal di pedalaman mengalami "kecelakaan" diterkam dan dimangsa harimau padahal mereka telah memegang teguh keyakinan seperti diatas. Akan tetapi jarang sekali orang orang ahli hewan yang punya peralatan lengkap dan senapan yang menjadi korban harimau.

Bahkan sebaliknya harimau harimau ini kemudian ditangkap atau dibunuh oleh orang orang dari dunia yang lebih "modern".

Harimau hanyalah hewan biasa namun berada pada tingkat rantai makanan teratas di alam liar. Harimau memang makhluk yang memiliki daya pesona, kekuatan dan wibawa, namun dia hanyalah spesies hewan liar biasa di alam liar sana. Sayangnya kehadiran mereka sudah mulai langka di dunia, kali ini harimau benar benar butuh perlindungan dari manusia untuk mencegah kepunahan spesies mereka dari permukaan bumi ini...

Di sadur ulang dari :
MITOS II: 3 KEPERCAYAAN SALAH ORANG ZAMAN DULU TENTANG HARIMAU - adedansasa.com.
Referensi: Wikipedia, National Center fo biotechnology information.

Comments

  1. Kalau namanya hewan buas mau dipanggil kakek dan nenek pun bakalan tetep nyerang pas lapar. Kecuali hewan jadi-jadian mungkin Pak :D

    ReplyDelete
  2. Tapi saya sendri enggk berani kalau di hutan ngomong tentang binatang buas apalagi sampai euforia gitu ,takutnya kebenaran itu terjadi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal itu, setiap spesies atau makhluk hidup dilengkapi dengan rasa takut untuk mempertahankan diri. Dan juga untuk mengatur kewaspadaan

      Delete
  3. saya kalo masuk hutan,,otomatis parno sendiri, takut ada uler lah, ada macan lah...malah kayak ketakutan sendiri akhirnya

    ReplyDelete
  4. Sedih kalau membayangkan harimau akan punah di masa mendatang­čśč, semoga saja kita para manusia sadar akan hal tersebut.

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya untuk memudahkan kami menganalisa dan troubleshooting agar kami dapat membantu atau membantu memecahkan masalah seputar kode kode HTML, CSS dan JS template blog kalian

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Bagaimanapun pertanyaan, kritik, saran dan masukan dari kalianlah yang membuat blog ini tetap bertahan dan ada.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah karena terdapat problem yang muncul setelah template di buat dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal sudah di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki.

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tesebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list tadi hanya menampilkan tulisa…

BENANG MERAH CINTA SANG PENCIPTA

Andy Weir menulis sebuah cerpen pada tahun 2009, cerpen yang sangat menarik, indah sekaligus menakutkan jika dia bercerita perihal ide realitas hidup kita, semacam multiverse dalam fiksi sains dan fisika.
Aku adalah Tuhan dan Kamu sedang dalam perjalanan pulang ke rumah ketika kamu meninggal... Sebuah kecelakaan mobil, sebenarnya bukan peristiwa luarbiasa tetapi kematian tidak pernah memberikanmu pilihan. Kamu meninggalkan seorang isteri dan dua orang anak. Kematianmu itu tidak terlalu menyakitkan, paramedis telah berusaha menyelamatkan hidupmu, tetapi tidak ada harapan, tubuhmu telah hancur, dan itu lebih baik, percayalah kepadaku....
Dan disana, kamu akhirnya bertemu dengan Aku.

"Apa yang terjadi? " kamu bertanya. " Dimanakah aku kini ? " 
"Kamu sudah meninggal," Jawabku dengan suara datar. Bukan seperti nada yang menarik seperti yang kamu harapkan. 
"Apakah tadi aku ditabrak truk?...Sebuah tanjakan.." 
"Benar" Jawabku 
"Aku....…

Kisah UAS Dan Mellya Juniarti: Tidak ada yang abadi.

Sudah lama saya tidak menulis di halaman blog ini, karena lebih banyak terfokus pada pekerjaan sehari hari. Sampai akhirnya saya tergelitik untuk ikutan menulis tentang UAS, setelah membaca berita yang bertebaran di internet.
Menulis menurut sudut pandang saya sendiri. Atau lebih spesifiknya sebagai seorang blogger.

Fakta 1. Ustad Abdul Somad - Mellya Juniarti Resmi bercerai.
Peristiwa ini menarik perhatian saya apalagi tentang hubungan dua insan yang pernah bertekad memilih hidup bersama selamanya. Siapa sih yang ingin berpisah? Gambar di atas sudah bertebaran di internet, di medsos dan tidak akan dapat di hapus lagi dari dunia maya karena jalin menjalin sangat kuat di dalam library di dunia website.

Saya tahu itu karena saya peminat web dan mengerti segala impikasinya terhadap kehidupan dan privasi manusia pada saat ini. Dunia sekarang telah hampir kepada dimana dinding, lantai dan langit dapat mendengarkan setiap perkataan dan bahkan helaan nafas kita.

Ya, photo itu telah di postin…

ALASAN MENGAPA MENGGANTI SISTEM ANDROID KE SISTEM OPERASI BARU NYARIS MUSTAHIL AKAN SUKSES

Huawei jelas sedang mencoba dan itu pasti akan ada harganya: Akan hadir sebuah sistem baru yang akan membuat kita panasaran seperti apa bentuk dan performanya jika dibanding dengan Android yang selama ini telah memberikannya "nyawa" untuk hidup dan menjadi sebesar sekarang.
Karena kita tahu sehebat apapun sebuah mesin gagdet tiada akan ada artinya tanpa sistem operasi, software dan aplikasi, maka suatu gadget  itu ibarat raga tanpa nyawa. Dilatari nasibnya yang ter"aniaya" oleh Trump (baca:Amerika)  tentu sangat menarik untuk mengikuti perkembangan nasib dari Huawei. Akankah Huawei tetap menjadi besar setelah menggunakan sistem operasinya sendiri?

Baca juga:
Siapa pemenang, siapa pacundang Amerika atau Cina? bagian pertamaSiapa pemenang, siapa pacundang Amerika atau Cina? bagian Kedua Oke mari kita simak penjelasan yang saya simpulkan dari pendapat para ahli mengapa hal itu sulit menjadi kenyataan:
1. Terlihat sederhana Platform mobile beserta ekosistemnya itu sanga…

PANDUAN LENGKAP MENGEDIT TEMPLATE EMPORIO

Untuk template blogger default versi 3 Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lain lain. Tidak perduli sobat memakai template premium berbeli atau hanya sekedar memakai template yang telah tersedia secara defau…
Copyright © editblogtema. All rights reserved.