October 20, 2019

TRIK BELAJAR KODING YANG EFEKTIF

kodinger sekarang adalah team bukan solo
kodinger sekarang adalah team bukan solo seperti di masa lalu lagi.
Dulu zamannya generasi X dan Millineal orang orang ngoding solo, artinya bekerja orang per-orang; skilnya individu, namun sekarang orang telah mulai ngoding team, artinya bersama team sehingga dapat saling belajar dan mengisi kekurangan. Ini adalah kemudahan pada zaman kalian, generasi Z.

Terbukti bekerja team jauh lebih menyenangkan, lebih maksimal hasilnya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pekerjaan dan mempercepat goal. Peningkatan berkat bekerja team ini juga mempercepat ilmu koding berkembang dalam menopang kemajuan teknologi di segala bidang di atas dunia pada saat ini.

Saya yakin banyak dari kalian ingin belajar koding, dan itu mudah karena sistem dan perangkat keras telah berkembang maju dan bahasa koding menjadi sangat mudah di pelajari karena umumnya memiliki sintaks sintaks yang lebih mirip dengan bahasa manusia. Dan lagipula teknologinya memungkinkan kalian belajar lebih cepat dan bahkan gratis.

Mungkin 7 pandangan saya berikut berguna buat kalian, dan hanya itu yang dapat saya berikan untuk sekarang:

1. JANGAN BUANG WAKTU MENCOBA BELAJAR SEGALANYA.
Pemula biasanya ingin cepat berhasil dan memperoleh hasil secara instan. Dalam belajar koding kalian tidak bisa mengikuti cara itu, segalanya butuh waktu, lebih baik fokus saja mempeajari satu bahasa yang paling dekat dengan minat kalian, contoh jika kalian ingin belajar web desain ya kalian harus belajar bahasa pemrograman HTML terlebih dahulu. Asal kalian tahu nantinya kalian harus bergelut dengan HTML, CSS, JS, sampai dengan tetek bengeknya.

Mungkin kalian tergoda ingin belajar Python karena mengikuti trend dan memangkas waktu belajar bahasa pemrograman yang telah kalian mulai sebelumnya. Boleh saja, tapi itu nanti kalau belajar HTMLnya sudah khatam alias tamat bin beres. Namun jika kemudian kamu memutuskan memulainya dan meninggalkan pelajaran HTML maka kalian harus mempertimbangkan waktu kalian yang telah hilang selama mempelajari HTML, CSS dan JS di atas.

Ini namanya tidak konsisten. Salah salah akan banyak membuang waktu dan semua berakhir dengan tidak maksimal bahkan kegagalan.

Hal hal yang perlu diperhatikan adalah contoh: Jika kalian sudah belajar Java sebenarnya tidak perlu lagi sekaligus belajar C, dan C++, cukup tekuni Java seperti kita ketahui memang diciptkan untuk menyempurnakan kedua bahasa yang telah kita singgung tadi. Lagipula untuk masa sekarang bahasa Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer dan sangat mudah di pelajari. Jangan membuang waktu.

2. FOKUS DAN JADIKAN SATU TUJUAN KEBERHASILAN
Baik, anggaplah kalian sudah dan sedang menekuni web programming, fokuslah terhadap itu sampai berhasil, abaikan tiga hal berikut:
  1. Bosan
  2. Malas
  3. Putus asa
Ingat ada hal besar menunggu kalian di depan, masa depan bagi generasi sekarang adalah bahasa pemrograman, mungkin saya berlebihan tapi kalian telah memulai sesuatu yang seharusnya kalian lanjutkan atau ia akan menjadi sia sia. Lagipula kalian harus bangga dong karena telah belajar bahasa yang memiliki akar hubungan ke teknologi dimana di masa depan: tidak bisa koding adalah BUTA HURUF!. Apalagi kalian adalah generasi setelah millenial, generasi tech savvy tidak seharusnya mundur dari apa yang seharusnya kalian dapatkan. Masak kalah dengan saya yang tergolong generasi sebelum kalian?

Setelah satu bahasa pemrograman (bahasa apa saja) berhasil kalian kuasai, sekarang saatnya invansi ke bahasa pemrograman lain. Tapi ingat jangan langgar poin nomor satu ya, lagipula kalian harus ingat ketika bekerja kelak kalian akan ditempatkan pada sebuah team pengembang atau developer suatu software, kalian akan memiliki anggota yang masing masing akan memiliki keahlian di bidang bahasa pemrograman masing masing.

3. ATUR WAKTU BELAJAR, PAKAI CARA APA SAJA YANG MEMBUAT BELAJAR JADI LEBIH MUDAH.
Awal saya belajar koding saya sangat bingung, di kasih tahu saya tidak serta merta mengerti. Saya membaca dan mengunjungi berbagai situs gratis belajar koding malahan membuat saya bertambah bingung. Dimana harus saya memulai?

Jadi saya ngeblog dan mencoba membuat template, ternyata cara ini efektif membuat saya belajar sepotong demi sepotong bahasa web, menggunakan banyak patform website. Saya belajar di malam hari, dan usia saya sudah tidak muda lagi seperti kalian, tapi saya memiliki ketertarikan dengan koding dan saya maju terus.

Saya tidak membuang pelajaran apapun yang telah saya dapatkan terkait pemrogramam web dan mulai membaca bahasa pemrograman lain perlahan sambil tetep fokus ke bahasa web yang berisi HTML, CSS dan JS. Bahasa pemrograman itu ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya. Apalagi kalian yang masih remaja, bahasa ini jelas milik kalian. Lebih dari generasi saya yang millenial dan X, ini adalah bahasa masa depan kalian generasi Z dan Alpha.

Jika memungkinkan mendapatkan strategi menggunakan jalan pintas, mengapa tidak? Istilah biar lambat asal selamat di zaman sekarang seharusnya sudah berubah: Cepat, tepat dan selamat.

4. AJARKAN DAN ULANGI APA YANG TELAH BERHASIL DIPELAJARI
Ilmu tidak akan berkurang jika di ajarkan kepada orang lain, jadi ajarkan apa yang kita dapatkan kepada orang lain yang berminat dan memintanya. Cara ini akan membuat kalian menjadid ahli dan mampu mengembangkan apa yang telah kalian pelajari. Tidak apa apa jika kalian tidak menguasai pengatahuan lain jika kalian tidak mampu, tetapi pada saat kalian memiliki sebuah bidang yang telah kalian kuasai, status kalian akan naik setingkat. Dan apa yang telah kalian kuasai akan mendatangkan "penghasilan" bukan hanya dalam bentuk uang tapi rasa hormat orang lain dan kepuasan diri.

Kalian bisa berbagi dengan teman teman melalui situs berbagi, atau buatlah sebuah halaman website atau blog kalian sendiri. Pilih bidang yang menjadi keahlian kalian untuk di bagikan. Mengajarkan pengatahuan adalah teknik yang efektif guna mengulangi apa yang telah kita pelajari dan pada akhirnya manfaat yang berlipat ganda kembali kepada diri kita sendiri.

5. HINDARI 3 SIFAT BERIKUT INI
  • Ingin sempurna. Kalian akan kecewa jika pada faktanya di dunia ini sesungguhnya tidak ada yang sempurna? Nah demikian juga halnya dengan apa yang ingin kita capai. Kalian tidak perlu menjadi sempurna, hanya lakukan saja yang terbaik semaksimal mungkin.
    Banyak orang telah berada di puncak gunung kehidupan ini, namun sebenarnya mereka penuh dengan kekurangan, mereka hanya berusaha melakukan yang terbaik sebisa mereka. Dan ternyata mereka akhirnya berada di puncak sana.
  • Membanding bandingkan diri dengan kesuksesan orang lain. Ingat, tentu saja boleh melakukan perbandingan, tapi jika hal tersebut hanya untuk di jadikan cermin bahwa kita tidak memiliki kemampuan seperti orang tersebut, jelas ini merusak. Yang perlu kalian fahami adalah: Setiap orang memiliki sisi yang kompleks, tidak pernah sama. Kalian adalah satu satunya di dunia, unik dan tidak ada seorangpun yang menyamai satu sama lain. Mental seorang pelajar bahasa pemrograman tidak akan mudah putus asa. Jadilah diri kalian dan kembangkan style pemrograman kalian sendiri. Maka mulailah belajar.

  • Sifat mudah Putus asa. Sifat putus asa dan tidak mandiri adalah musuh utama dalam belajar bahasa pemrograman, bahkan belajar apapun. Kalian akan segera menjadi orang dewasa dan bertanggung jawab terhadap diri kalian sendiri dan mungkin juga keluarga. Saya akui seorang yang telah berusia dewasa seperti saya sering juga merasa berputus asa. Tapi saya harus melawannya. Begitu bukan? Nah, kalian mengerti. 
  • Namun tidak juga baik jika terlalu berambisi, lebih baik kalian mulailah bersikap "cool" dan lebih dewasa.
6. JANGAN SEGAN SEGAN BELAJAR OTODIDAK
Diantara poin poin yang telah saya bagikan, poin keenam ini adalah pavorit saya, mengapa? Karena saya selalu belajar otodidak. Tapi jangan remehkan ya, dunia ini lebih banyak berubah karena orang orang yang belajar otodidak dan mendapatkan pengatahuan baru. Jadi mereka ikut meraut bentuk bulat dan lonjongnya dunia.

Dalam belajar kalian juga tidak perlu takut belajar otodidak. Biasanya para otodidak memiliki watak yang keras dan tahan banting dan diam diam memiliki kecerdasan melebihi rata rata. Dan para pelajar otodidak pada zaman now ini diberi keberkatan dengan kemudahan mencari referensi melalui internet. Tidak sesulit pada zaman dulu yang serba manual.

Jika ada orang mengatakan belajar melalui Google itu salah mereka pasti tidak mengikuti perkembangan teknologi, bagaimana kecerdasan atau neural A.I. akan melampui manusia, dan jika kalian telah mempelajari ilmu koding kalian akan melihat bagaimana fakta itu telah benar benar menjadi kenyataan. Zaman juga akan membawa perubahan drastis terhadap kegiatan belajar dan mengajar.

7. ISTIRIHAT DAN HIDUPLAH SEHAT
Hidup sehat adalah anugerah dan merupakan modal utama untuk belajar. Adalah hal yang sangat luarbiasa seseorang dengan kekurangan fisik sanggup mengguncang dunia seperti  Steven Hawking misalnya, mereka melampui fisik manusia normal pada umumnya.

Namun istirihat, tidur yang cukup, olahraga dan konsumsi makanan yang sehat amatlah kita butuhkan demi otak dan pikiran yang lebih jernih pada hari berikutnya. Tidak dapat di pungkiri, belajar koding sangat membutuhkan "otak" karena segala hal logik yang di kemukakannya.

Rutinitas Saya

Rutinitas saya di atas menunjukan saya kurang tidur (hanya 5 jam dari 8 jam seharusnya) dan saya menggunakan waktu untuk belajar koding hanya 2 jam. Sebagai orang muda kalian masih memiliki banyak waktu dan sebaiknya manfaatkan dengan sebaik baiknya.


www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

16 comments:

  1. Saya pernah baca di mana ya? jam tidur orang dewasa itu bukan lagi 8 jam, tapi kurang dari 8 jam udah bisa dikatakan sehat.

    Saya juga jam tidurnya kurang.

    Tapi saya selingi idur kapanpun pas ada waktu.

    Cuman saya nggak pakai koding sih, tapi pakai kuking hahahahaha.

    Pengen juga ngerti kooding, tapi taiming belom pas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah tidur, sy memang tidak mudah cepat tidur. Koding bisa kok dipelajari lewat hape sambil sambilan saja...

      Delete
    2. Wowwww, butuh effort lebih tuh kalau pakai hape, nulis blog saja saya kesulitan lewat hape, bahkan saya instagram walking melalui laptop, saking mata udah lelah menatap layar kecil dan sulit ngetik di hape hahaha

      Delete
  2. Mas makasih ya tutorial sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Mamang malah otodidak tragis, soalnya dijaman itu blogger mastah seperti admin masih sedikit pisan, untuk bisa pasang banner aja misalnya butuh waktu seharian ngutak ngatik kodingnya.... Farah pisan kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah mang, kan beruntung anak anak zaman now... 😁

      Delete
  4. Duh yang nomor 1 saya banget kayaknya. Gak ada yang sukses saya pelajari. Pernah belajar web dgn frontpage trs dgn joomla. Gak ada yang tuntas

    ReplyDelete
  5. Such a good post.

    www.pink-purpledots.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Waduuh koding.. Sy prnh cb belajar sendiri lwt apk.. Hasilnya sukses ga ngerti... Apalgi faktor u... Udh bnyk nyimpang ini itu gawean

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he keluhannya mengerikan. Pertama:

      -percayalah belajar koding tidak di batasi oleh faktor "U" namun tentu saja setelah sekian lama hidup mapan tidaklah perlu belajar koding jika memang itu tidak diperlukan.
      -belajar koding itu tidak rumit, kok. Biasa saja.

      Delete
  7. Pengen banget si belajar coding ya kak.. cuma emang butuh keseriusan dan waktu yang ga sebentar

    ReplyDelete