October 26, 2019

MENGAPA PROGRAMMER IT HARUS BELAJAR KALKULUS?

sekedar ngoding saja itu mudah
Sekedar ngoding saja mudah...tapi
Boro boro belajar yang lain, ngoding saja sudah bikin mumet bagi sementara mahasiswa, apalagi kalau dengar matimatik, khususnya KALKULUS. Ngomong gomong: Kalau ingat kalkulus jadi kebayang sama kalkulus integral dan kalkulus differensial. Jadi teringat rumus rumus Newton deh, memang ilmu koding selalu terkait erat dengan komputer, dan komputer selalu terkait dengan kalkulus.

Sepertinya banyak pelajar programming yang rada rada malas belajar kalkulus. Apa sih kaitan kalkulus dengan programming? Soalnya kalau kalian memang cuma ingin menjadi programmer, membuat database dan membuat software game ringan gak perlu kuliah dong. Saya juga tidak kuliah. Eh pernah tapi putus dipinggir jalan (ketawa agak sedih)

Cukup rajin membaca buku programming, mengikuti tutorial di youtube. Selesai. Kalian tetap akan mendapatkan pekerjaan dari jerih payah yang telah kalian lakoni, contohnya banyak tawaran "proyek-proyek"  di internet yang dapat kalian kerjakan dan selesaikan menuruti keahlian khusus kalian itu. Ini sudah bukan zamannya millineal lagi, swear saya melihat sudah banyak sekali perbedaannya. Kalian tinggal melangkah dan jadilah diri kalian sendiri.
salah satu mata pelajaran wajib jurusan teknik IT
Salah satu mata kuliah wajib jurusan teknik IT

Persoalannya kalian juga harus belajar bahasa mesin, bahasa tingkat paling rendah dan paling sulit, kalau sekedar bahasa Java, C, dan C++ anak SMP juga bisa.

Ada banyak pertanyaan begini:
  1. Mengapa saya harus belajar kalkulus, saya hanya ingin belajar programmer, bukan jadi insinyur
  2. Statistik, padahal saya tidak punya minat menganalisa data.
  3. Ai, padahal saya tidak tertarik bikin GAME
  4. Analis numerik, mengapa saya harus belajar serumit itu
  5. Teori Automata, padahal saya tidak tertarik membuat regex engine atau compiler C melebih GCC
  6. Dan banyak lagi...
Mengapa hal itu terjadi? Sekali lagi, karena kalian setelah melalui pendidikan teknik IT kalian bukan hanya sekedar menjadi seorang programmer tapi ahli sains dan teknologi komputer! Itulah tujuan akademis sebuah pendidikan.

Jadi jika ingin kuliah IT ya siap siap juga belajar kalkulus dong, secara teknis jelas YA banget. Mari kita camkan: Jika kalian hanya sekedar ingin menjadi seorang programming mungkin kalkulus tidak terlalu penting. Belajar saja melalui mbah Google, youtube dan kursus online. Namun programmer itu memiliki karier yang lebih tinggi dan menantang, secara akademik kalian itu dirancang untuk menjadi seorang ahli data scientist atau ahli machine leraning, maka belajar kalkulus itu sangatlah penting. Ilmu kalkulus adalah dasar matimatika yang di gunakan untuk statistika dan probabilitas.

TIDAK TERELAKAN
Dan itu tidak mungkin apat terelakan pada saat  kalian belajar ilmu teknologi komputer, ketika kalian mau tidak mau harus menghitung fungsi probability density. Contoh untuk menghitung probability density function :
kalkulus probbaility density
menghitung probability density function
Atau untuk mencari parameter parameter dalam persamaan vector machine, maka dibutuhkan ilmu kalkulus:
matimatika, kalkulus, paramater vektor
Mencari parameter dalam persamaan vector
Dan itu bukan main main, bahkan jika kalian mengambil mata kuliah di luar negeri, kalian akan menyesali kelemahan kalian di bidang kalkulus. Karena kalkulus memang dasar sains komputer dan teknologi machine learning, di samping alat yang sangat ampuh untuk melatih LOGIKA.

Jadi keterikatannya jelas: Toh kalian tidak mungkin membuat sebuah program tanpa di baca mesin. Kompabilitasnya jelas, dan kalian tidak boleh separo separo dalam belajar pada kuliah di perguruan tinggi jurusan teknik IT...

Pertimbangkan baik baik sebelum anti matimatika sejak dini ya...Mulai buka buka situs kalkulus dan belajar untuk memahaminya. Janga dihafal, karena ilmu koding juga bukan menghafal tapi memahami dan mengkompilasinya. Menghafal tidak serta merta menandakan kalian cerdas. Kalau mau bertanding kalian kalah jauh sama monyet dalam soal kekuatan ingatan jangka pendek (menghafal).  Kecerdasan plus Imaginasi itu yang terpenting.

(Saya sempat mengikuti mata kuliah ini pada semester awal...emang bikin sakit kepala kok he he he...)

www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

4 comments:

  1. Saya yang dulu jago matimatika saja, kini kalau melihat kode atau rumus seperti itu, saya sudah nyerah.

    ReplyDelete
  2. Ajegile, mumet saya ngeliatnya ._.

    Programming IT ngeri juga ya belajarnya ya ampon -_-

    ReplyDelete