October 27, 2019

JIKA KECEPATAN HALAMAN BLOG ADALAH PILIHAN: SEDERHANAKANLAH TEMPLATE!

stronger is simple
stronger is simple
Kecepatan adalah fondasi daripada SEO. Tidak ada gunanya tool SEO setelah itu apabila halaman blog kalian leletnya minta ampun. Pengunjung terpental dan kapok mencoba berkunjung kembali. Halaman blog mendapatkan nilai buruk di mata mesin pencari. Dan sekali mesin pencari melabeli sebuah halaman dengan buruk, maka akan sulit mengembalikan reputasi itu.

Blog yang cepat akan mudah mendapatkan trafik, itu sangat masuk akal. Itu logikanya. Blog yang cepat lebih cepat pula terendus oleh mesin pencari dan lebih cepat pula konten kontennya sampai kehadapan pemirsa, itu logika. Salah satu parameter algoritma mesin pencari adalah: Memprioritaskan kecepatan. Tidak heran sampai Google membuat halaman AMP untuk mencapai target kecepatan yang ideal, sampai Google juga memberi peringatan keras kepada para pemilik halaman web yang lambat dengan ancaman: Akan di abaikan oleh mesin pencari.

Kecepatan adalah sebuah keniscayaan di zaman mobile, dimana orang orang lebih banyak mengakses inernet dan halaman website melalui smartphone (moblile). Jadi benar sekali, jika kalian konsen terhadap kecepatan halaman blog kalian maka: Hindari pemasangan widget widget dan material material desain HTML berikut:
  • FONT AWSOME (dari pihak ketiga)
Gila, menghindari font awsome yang cantik itu? Memang siapa sih yang tidak ingin templatenya terlihat indah, dengan font awsome kalian bisa memiliki ikon ikon cantik yang bertaburan di atas Menu navigasi halaman web, memberi tanda menu misalnya HOME dengan ikon:  atau menu dropdown dengan ikon: dst.

Dengan ikon ikon tentu tampilan sebuah halaman lebih eye catching, bukan? Tapi sayang Font Awsome mengharuskan kalian menanamkan link eksternal penghubung ke bagian server library mereka hal inilah yang menjadi penyebab pemblokiran perenderan halaman yang sukses memperlambat loading halaman blog 10-20%.

Alternatif: Kalian bisa memasang ikon pengganti dengan ikon ikon berformat SVG, blogger juga secara default menggunakannya. Format SVG yang mirip dengan font huruf biasa nyaris tidak mempengaruhi kecepatan loading blog!
  • TOMBOL BERBAGI (dari pihak ketiga)
Tombol berbagi. Tentu saja secara default template blogger telah memilikinya, tapi...pilihan berbaginya sangat terbatas dan modelnya membosankan bagi kebanyakan blogger, buktinya orang lebih memilih tombol berbagi buatan pihak ketiga seperti:
  1. AddToAny
  2. ShareThis
  3. AddThis
  4. Dll
Tombol berbagi pihak ketiga amat membantu menaikan trafik blog jika digunakan dengan bijak, apalagi mereka juga menyertakan fitur fitur SEO yang tidak kalah menariknya seperti analitik, kampanye halaman gratis, fitur tambahan seperti emoticon dan related post yang menarik.

Namun sayang seribu kali sayang, link eksternal yang di tanam dalam bentuk format JavaScript penghubung mampu memblokir kecepatan halaman blog sampai 20%. Tidak ada masalah jika kalian menyukainya saya juga memasang salah satunya dan menerima konsekwensinya, itulah harga sebuah fitur yang menarik.

Alternatif: Kalian bisa memasang atau belajar membuat tombol berbagi sendiri, pelajari di Internet. Namun jika konsen berbagi kalian terbatas hanya Facebook, twiter, Pinteres dan Mail, rasanya kalian tidak perlu memasang tombol berbagi. Cukup manfaatkan Tombol berbagi bawaan secara default.
  • WIDGET FOLLOWER
Aduh lagi lagi fitur yang sangat bermanfaat ini meminta harga yang mahal: mengorbankan kecepatan. Tombol follower di percaya memiliki keunggulan link positif terutama baik sekali bagi kalian yang suka melakukan kegiatan blogwalking, saling berkunjung dan saling mengikuti blog sesama blogger. Melalui kegiata tersebut secara tidak langsung kalian akan mendapatkan backlink yang baik. Walaupun algoritma terakhir menyatakan hal tersebut tidak sepenting dulu lagi namun masih ada unsur positif lainnya: Silaturahmi.

Namun sayang seribu kali sayang, walaupun widget ini sedianya adalah bawaan Blogger atau bagian dari widget atau gadget yang dibuat oleh blogger Google itu sendiri, memasang widget ini kalian harus bersiap kehilangan 24% kecepatan blog. Pada pengujian GMetrix ia terbukti membutuhkan lebih banyak daya "penghubung" antar halaman yang benar benar memakan daya rambat sebuah halaman di internet.

Alternatif: Jika kalian tidak ingin memasangnya kalian tetap akan mendapatkan manfaat backlink dari widget ini dengan rajin mengunjungi blog lain (blogwalking) dan menjadi pengikut pada blogger lain yang memasang widget ini.
  • WIDGET HTML/JAVASCRIPT
Kalian terkadang membutuhkan widget lain selain yang telah tersedia di dasbor pengaturan blogger, kalian dapat memasangnya dengan cara : Tambahkan widget, kemudian pilih HMTL/JavaScript, dan masukan kode gadgdet atau widget buatan pihak ketiga, Jadi kalian akhirnya boleh berbangga karena telah memiliki sebuah widget yang tidak dimiliki oleh teman teman blogger lain.

Tapi, asal kalian tahu, widget yang satu ini selain berat juga rentan dengan celah keamanan dan juga mengorbankan kecepatan dengan bayak cara, bisa menjadi sangat memberatkan loading atau kecepatan halaman blog.

Saya tidak bisa memberikan alternatif karena itu tidak mudah, namun jika kalian memiliki sedikit pengatahuan koding kalian bisa memodifikasi dan memanipulasi beberapa jenis elemen elemen di dalam template blog kalian misalnya dalam kondisi tertentu dapat memanfaatkan instruksi "async" pada perintah JavaScriptnya atau kalian bisa bertindak lebih jauh sepanjang masih dalam ketentuan.

Hindari terlalu banyak <style>+</style> pada bagian CSS template atau <script>+</script> pada pemasangan kode eksternal JavaScript. Utamakan kesederhanaan, karena itu adalah kebutuhan.
  • Kesimpulan:
Tidak ada fitur tanpa dibayar dengan sebuah harga, kita tetap harus membayar apapun bentuk fasilitas, fitur fitur dan kemudahan, kecantikan meskipun itu dinyatakan GRATIS. Jadi kita harus bijak mengambil apa yang kita perlukan saja. Tidak perlu memasang fitur fitur yang tidak berguna atau nantinya tidak kita pergunakan karena ia hanya akan melukai halaman blog kita. Ingat baik baik prinsip ini:
kecepatan adalah fondasi dasar SEO: jika itu diabaikan maka setelah itu semua tool SEO, semua keyword yang terkumpul, akan menjadi sia sia.
Kalian mungkin telah menguji halaman pada situs situs seperti moz, nibbler, dan lain lain. Pada saat situs tidak mengenali adanya tautan halaman facebook, twitter dan lainnya pada halaman blog kalian, tool-tool tersebut berkata: Halaman kalian kurang SEO. Jangan perdulikan itu. Itu bukan parameter yang baik. Algoritma Google sudah tidak sama lagi seperti dulu. Dan letak kesalahan adalah pada tool tersebut yang tidak tahu bahwa sebenarnya halaman blog kalian sebenarnya tertaut pada banyak social media! Tool perlu kalibrasi lebih sering di zaman perubahan yang semakin cepat ini..

Namun ada hal yang paling murah, paling aman dan selamat, yakni KESEDERHANAAN. Sederhana bukan berarti tidak powerful. Justeru terkadang letak kekuatan yang sejati adalah pada kesederhanaan itu sendiri. Percayalah kepada saya: Kesederhanaan akan mengurangi beban hidup sebuah halaman blog dan membuat kalian bekerja lebih giat tanpa beban.

www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

3 comments:

  1. Benar banget bang, kecepatan site sangat menentukan dan seperti blog saya sudah mulai terdapat penurunan yang di akibatkan oleh penggunaan javascript google adsense. sudah mencoba optimize tapi ada efek kurang bagus terhadap iklan karena harus menunggu beberapa detik untuk bisa load dan saya rasa sangat mengganggu terpaksa harus menggunakan setelan default biarpun harus mengurangi kecepatan blog baik on page maupun off page.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa apa mengorbankan sedikit kecepatan demi mengoptimalkan ads

      Delete
  2. Waktu awal serius ngeblog, saya keranjingan utak atik kode HMTL dong, berhari-hari kerjaan saya cuman utak atik aja, segala widget dipasang, sampai akhirnya saya baca di sebuha blog tentang cek kecepatan blog, hasilnya blog saya leleeett minta ampun hahaha.
    Langsung deh, saya kembalikan ke template awal dan hapus widget ga penting :D

    Meskipun demikian, kalau iklan saya tampilkan, tetep saja sedikit lelet huhuhu

    ReplyDelete