October 17, 2019

EMPAT NASEHAT BLOGGING TERBAIK YANG PALING SERING DI KEMUKAKANN OLEH PARA MASTER

blogging dan pengatahuan
blogging dan pengatahuan
Terbaik bagi kami tidak harus apalagi wajib menjadi yang terbaik bagi kalian, namun dengan sepenuh keyakinan, cinta dan keinginan baik kami melihat kalian sukses kami menulis dan mengupate menulis konten.

Manfaatnya jelas ketimbang memikirkan tampilan blog, saran terlebih saya terlebih dahulu untuk tampilan blog, lebih baik:
  • Selalu update artikel atau konten
  • Sederhanakan template kalian
  • Template cepat seratus prosen lebih baik daripada template ribet walau cantik berpernik pernik
  • Tidak terlalu banyak widget, tampilkan yang diperlukan saja jika tetap ingin memasang banyak widget lebih baik menampilkannya dengan tidak kentara.

Saran pertama: SEDERHANAKAN TEMPLATE

Saran diatas sudah sesuai dengan trend masa kini yang tidak lagi mengutamakan banyak warna dan gaya (nitezin jenuh dengan tampilan ribet dan warna warni  atau perak pernik sebuah halaman blog maupun website) Perhatikan baik baik tampilan website website besar di dunia sekarang, mereka jauh lebih sederhana namun sangat cepat, memiliki satu tombol klik menu namun memuat banyak kontainer fitur. Simple is beutiful.

Karena: Target pemasaran adalah manusia umum, bukan segelintir orang yang hanya suka penampilan, suka warna, suka animasi. Google juga selalu menyarankankan, bahkan dengan pesan yang diulang berkali kali: Sederhanakan tema anda! Gunakan template fast loading! Artinya apa?

Tidak lain adalah:
Pertama: Agar halaman blog atau site kalian lebih mudah di fahami, lebih sederhana dan lebih mewakili minat manusia pada umumnya. Bukan segelintir orang. Karena blogging adalah bisnis juga.
Kedua: Agar lebih SEO dan dapat di proses (dimengerti) oleh mesin penelusur untuk secepatnya di crawler tanpa tersandung oleh hal rumit kerena banyaknya kode kode tambahan pada HTML.
Pada bagian bisnis template yang lambat sangat merugikan penayangan. Kecepatan adalah akar daripada SEO dan tanpanya, halaman yang lambat akan meningkatkan efek bounching, dimana pengunjung terpental dan tidak akan kembali lagi mengunjungi blog kita.

Pengalaman penulis: beberapa tahun silam karena ingin terlihat hebat mulai dari menggunakan template viomagz, kompiajaib, gooyabi, hingga beli template di envanto market, semua template premium pada prinsipnya memiliki struktur yang sama dan hal itu menjadi rumit ketika beberapa style tanpa kita ketahui melanggar banyak prinsip kesederhanaan sebuah blog. Bahkan melanggar prinsip blogging kita sendiri. Menyembunyikan credit footer (credit footer tersembunyi ini terbaca oleh mesin walau kasat mata manusia) terus terang saya sangat benci ini setelah beberapa waktu lalu mengikuti diskusi dengan John di tweeter, kredit ini menguntungkan pembuatnya sepanjang waktu padahal templatenya telah kita beli, karena saya mengerti cara menghapusnya, maka saya hapus sampai bersih, tapi kemudian saya jadi tidak enak menggunakannya. Dan  terkadang masih memasang link yang sudah tidak konsisten lagi terhadap algoritma mesin penelusur. 

Saran kedua: UPDATE BLOG TERATUR

Saya hanya mengulangi peringatan keras para ahli: Konten adalah darah dalam nadinya sebuah blog atau halaman web kita. Jangan tertipu dengan iklan yang mengatakan. "Blog tetap hidup walau tanpa artikel" itu bohong, dan itu mungkin rumit dan sudah berlawanan dengan saran pertama SEDERHANAKAN BLOG. 

Jadi mulailah menulis, kesalahan dalam menulis adalah ketika kalian mencoba membuat sebuah halaman blog dengan niche, namun ternyata kalian tidak bisa konsisten, akhirnya blog kekurangan konten karena pada ujung ujungnya kalian kekurangan ide untuk melanjutkan misi blog melalui konten sesuai niche blog.

Sedangkan kesalahan lainnya adalah, kalian terlalu memandang blog orang lain begitu tinggi. Cobalah untuk lebih percaya kepada diri sendiri. Lihat saja kita adalah sebuah pribadi yang berbeda, memiliki keistemewaan, gaya dan karakter kita. Dan ingat selalu, tidak ada seorangpun yang sama dengan diri kita. Itulah sebabnya mengapa kita adalah makhluk yang unik.

Sekali lagi menulislah, jangan segan misalnya menambahkan fitur niche blog menjadi blog gado gado sekalipun karena kita memiliki setiap kesempatan dan kemungkinan, kecuali kalau kalian merasa harus berpegang pada prinsip idealisme kalian sendiri. Wah kalau itu terserah deh.

Tentu saja blog dengan niche memiliki keistemewaan, dan berpotensi memiliki pengunjung organik yang lebih setia, tetapi blog sangat membutuhkan konten atau tulisan atau artikel sebagai darah untuk hidupnya. Jadi pikirkan kembali baik baik, kalian akan melanjutkan atau pergi meninggalkan jerih payah yang selama ini telah lakukan? Apalagi jika posisi kita adalah blogger pemula. So hal yang paling utama untuk diperhatikan adalah membuat  KONTEN!

Saran ketiga: GUNAKAN TEMPLATE BAWAAN DAN EDIT SENDIRI

Kita tidak perlu menjadi ahli koding agar dapat membuat tampilan sebuah template menjadi sedemikian kerennya. Tidak perlu. Kita hanya perlu merombak tampilannya melalui tool blogger desainer yang tersedia pada dasbor template itu sendiri. 

Sekali kalian terbiasa melakukannya hal itu akan membuat ketrampilan kalian menjadi berkembang: Kalian bisa mencoba menambahkan elemen HTML kedalam halaman editor HTML blogger, artinya tanpa kalian sadari kalian sudah melangkah maju walau tadinya hanya mengutak atik template bawaan dan pada saatnya kalian akan maju walaupun hanya selangkah. Perlahan akan memahami cara kerja:
  1. HTML dan XML
  2. CSS
  3. JQuerry dan JavaScript
Memahami hal diatas adalah pengalaman berharga karena bahasa yang saya sebutkan diatas adalah bagian dari bahasa pemrogramaman web. Cara ini tidak akan mebuat kalian merasa "terpaksa" belajar. Saya yakin kalian akan mengejarnya atas kemauan diri sendiri. Dan ketiga poin diatas adalah modal utama dalam membuat sebuah template, jika kalian ingin mempelajari bahasa pemrograman web lebih jauh agar bisa membuat sebuah template, itu mudah. Buka browser dan cari laman w3school, disana kalian bisa memilih mempelajari dasar dasar HTML terlebih dahulu. Saya selalu membuka w3school jika ingin merombak template saya. Lihatlah menu navigasi blog ini plus menu atau tombol pencariannya, baik elemen dan materialnya saya comot dari w3school meskipun kodenya samasekali sudah berbeda itu adalah karena akhirnya saya mengerti cara memodifikasinya.

Tidak hanya sampai disana, karena tidak puas hanya dengan w3school saya juga ikut bermain di codepen buat melatih "pekerjaan rumah" atau "menguji" ketrampilan dalam penggunaan basis desain HTML yang sedang saya pelajari.

Belajar sendiri (otodidak) memiliki keuntungan:
  1. Minus beaya
  2. Ilmu lebih lengket
  3. Lebih kreatif dan mengasah intelijensia pribadi menjadi semakin tajam melebihi orang orang yang beruntung duduk di dalam kelas, jangan lupa dunia ini berubah kebanyakan oleh para otodidak.
  4. Memberikan rasa panasaran lebih dalam terhadap suatu pengatahuan, terutama pengetahuan yang sedang diplajari, dan keberhasilan akan mendatangkan kepuasan tersendiri.
Telah saya cobakan template premium buatan orang lain ke beberapa template dalam beberapa tahun dengan konsisten. Sampai akhirnya saya sadar semua itu hanya sia sia dan buang waktu. Akhirnya dengan sedikit modal pengatahuan koding saya membuat template sendiri berdasarkan template default atau bawaan asli blogger. Walaupun saya telah membuat template dari NOL saya tetap merasa lebih aman dan nyaman menggunakan template default walau telah saya modifikasi tampilannya.

Kalian juga harus tahu ketika algoritma Google berubah dan beberapa "kesaktian" template premium menjadi mentah atau bahkan hanya menjadi beban pengoptimalan SEO, meskipun template tersebut memiliki fitur sokongan update. Kesimpulan saya pribadi template bawaan bloggerlah yang paling aman, kita tidak perlu mengejar kesuksesan instan dalam ngeblog, yang terpenting adalah proses dan bekerja keras membuat konten yang berkualitas. Lagipula menggunakan template yang paling populer seperti viomagz akan mengakibatkan halaman blog anda mirip dengan blog orang lain, tidak berbeda dan seperti duplikat.

Jadi kini saya terbiasa dan sangat nyaman dengan template buatan saya sendiri, saya hanya perlu membuat template sederhana. Saya juga menyarankan teman teman blogger, jangan terlalu terpesona dengan tampilan blog keren para blogger, ketika saya mengukur blog blog tersebut diam diam dan membandingkannya dengan beberapa blog yang menggunakan template sederhana, ternyata benar: Performa dan nilai baik ada pada template yang sederhana, namun cepat. jika kalian ingin template blogger terkini pilih saja empat varian template terbaru seperti Contempo, Soho, Emporio dan Notable. Kalian bisa merombak dan mengeditnya nantinya. Template blog yang saya pergunakan sekarang adalah contempo yang saya re-desain ulang sendiri, namun struktur intinaya saya pertahankan demi mengikuti aturan main blogger.

Jadi sebenarnya bukan hanya blogging dan mendapatkan keuntungan finansial. Kalian berpotensi mengembangkan diri.

Saran keempat: TETAPLAH MENULIS WALAU HANYA PENGALAMAN PRIBADI

Kebanyakan konten yang saya tulis adalah pengalaman pribadi, hasil utak atik template bawaan blogger telah saya tuangkan ke blog ini, begitu juga pemikiran sederhana yang saya harap berguna untuk para pembaca, semua saya tuangkan disini dan beberapa blog saya yang lain.

Tentu saja setiap pengalaman tidak asal tulis, saya cobakan berkali kali terlebih dahulu pada halaman dan template blog yang berbeda beda, jika itu berbentuk kode HTML saya ujikan melalui kompiler koding yang tersedia. kualitas sebuah pengalaman tentunya harus dapat diterapkan oleh orang lain, tampak luarbaisa dan bermanfaat. Saya sadar hal tersebut tidak mudah bagi sementara orang.

Akan tetapi dengan membiasakan diri melakukan analisa, ber-eksprimen dan menulis, kita akan melalui proses menuju kematangan. Menurut saya - dan saya percaya kalian juga akan setuju - seperti apapun jenis pengalaman dan pengatahuan yang kita tulis jika disajikan dengan benar dan tepat pasti akan berguna bagi orang yang membutuhkannya.

Namun ada terdapat beberapa orang yang selalu berkecil hati dan menunda atau  berhenti menulis ditengah jalan sesuatu yang telah dia mulai. Saya sarankan berhentilah menyalahkan diri sendiri dan menganggap diri sendiri tidak memiliki kemampuan. Atau sebaiknya lupakan saja blogging cari kegiatan lain yang membuat kalian lebih bahagia.

Yang terakhir: Haram hukumnya menjiplak konten orang lain.


www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

5 comments:

  1. Saran yang bagus.
    Tapi untuk nomor 3 aku udah pernah nyoba dan nyerah, mas. Jadi minta tolong sama yang biasa desain theme aja hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta tolong sudah benar, sama teman yang mengerti saja. Itu mudah kok

      Delete
  2. Mantap sarannya gan... satu lagi gan, jaga originalitas dengan tidak copas seenaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, tapi dengan asumsi setiap orang cenderung ingin jujur....

      Delete
  3. Saya paling sering yang saran ke 4, bahkan kebanyakan memang saran ke 4.
    99 persen tulisan di blog saya tuh pengalaman pribadi.
    Memang lebih mudah menuliskan pengalaman pribadi, lebih bebas, lebih nggak banyak tekanan, jadi nulisnya lebih enjoy :D

    ReplyDelete