October 01, 2019

Manfaat belajar bahasa pemrograman web untuk masa depan generasi muda

web dan aplikasi modern
web dan aplikasi modern
Dari dulu hingga sekarang bahasa programming web masih sama. Namun tentu saja masih terus berkembang.
Di bawah ini kita akan menjelaskan secara singkat tiga bahasa web yang paling dekat kepada kegiatan blogging.

Pernah baca istilah Bahasa di WEB? Bagi kamu yang sedang belajar bahasa program atau paling sedikitnya suka nulis dan nempelin script ke halaman tema web maka kamu tentulah sudah tahu istilah tersebut sudah tidak asing lagi.

Lalu apa gunanya belajar bahasa WEB? 
Belajar Bahasa web akan memberi peluang bagi kamu untuk membangun halaman web, menjadi desainer web dan mengerjakan atau menjalankan projek projek web sebagai sebuah profesi. 

Namun hari segini istilah bahasa di web bukanlah semata untuk konsumsi pelajar programming, namun telah menjadi santapan para pencinta browsing di internet. Kalau belum tahu dibawah ini adalah 4 bahasa web yang sangat populer atau paling tidak pernah sangat populer di website modern:
  • HTML. Dengan menguasai HTML kamu akan bisa sekali membuat website kamu sendiri dari NOL! Sangat mudah dipelajari dan dengan menguasainya akan memudahkan hidup kamu dalam berkarir di dunia website, pengembang aplikasi web maupun menjadi seorang web desainer!
  • Kependekan dari Hypertext Markup language. Merupakan bahasa perograman untuk membuat halaman web. Bahasa web ini dikembangkan di CERN Swiss. Kini World Wide Web Consortium (W3C) telah menetapkan standard baru untuk web, yakni HTML5. Nah dengan HTML5 ini kamu pasti gak akan kesulitan buka video youtube di website tidak perlu lagi instal plug in flash di browser. 
    Disamping HTML ada XML (atau extensible mark up language) namun tidak baku seperti HTML.
  • CSS.  Adalah bahasa program web yang berguna untuk mendeskripsikan style daripada dokumen HTML. Mudah sekali dipelajari. Dengan menguasai bahasa ini kamu akan di akui sebagai seorang desainer web yang handal dan piawai. Template blog yang cantik pasti dominan cssnya. Kependekan dari Cascading Style Sheets. Bahasa ini berfungsi untuk mengontrol tampilan dari sebuah halaman website atau halaman blog.
    Berguna untuk mendesain tampilan web kamu. Atau dengan kata lain, CSS juga merupakan mekanisme sederhana untuk menambahkan style pada halaman web, contohnya huruf, warna teks dan spasi. Bahkan kalau bikin template kamu bisa memanfaatkan CSS untuk membuat Tampilan menu, widget dsb.
  • JavaScript
  • Adalah bahasa program web yang sangat mudah di pelajari.
    Siapa yang tidak mengenal bahasa pemrograman yang legendaris ini? Bahasa pemrograman khusus agar halaman web kamu menjadi lebih hidup. Sering digunakan pada banner iklan, bahasa pemrograman yang satu ini bekerja pada banyak browser seperti Internet Explorer (IE), Modzilla Firefox.  JavaScript merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

    Data dari Stack Overflow Developer Survey menunjukkan bahwa sebanyak 62,5% developer di dunia menggunakan JavaScript. Hal ini menjadikan JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh developer di dunia, termasuk kamu yang suka bikin template blogger he he he. Dengan JavaScript, kamu bisa membangun website lebih interaktif, dan merupakan salah satu tool paling dasar dalam membangun sebuah web selain HTML dan CSS.Jika Kamu ingin membuat berbagai macam hal interaktif di web, maka gunakanlah JavaScript. Kamu akan melihat hasil langsung dari kodingan-mu hanya dengan sedikit tool. Selain itu, penggunaan JavaScript sudah melebar seperti mobile app development, game development, dan desktop app development.
Nah itu lah empat bahasa di web, hari ini orang mulai mengurangi/meminimalkan penggunaan Javascript dan telah meninggalkan program flash untuk program animasi web dan menjadikan HTML5 sebagai standard mereka, mudah mudahan sekarang kalian mengerti....

Jika kalian ingin tahu siapa penemu HTML,  Dia adalah seorang pria bernama Tim Berners Lee.  Bukan hanya penemu dan pencipta bahasa mark up HTML, dia juga menemukan sederetan temuan daripada cikal bakal jaringan web modern dunia, seperti:
  • www.
  • HTTP
  • web browser (sekarang terdapat banyak web browser seperti: Chrome, Firebox, Microsof edge, Tor, UC, Opera dll) 
  • Web server 
  • Web page. 
Jadi hal diatas amatlah tidak asing lagi di zaman sekarang dan Tim Berners Lee lah penemunya. Tanpa dia sampai sekarang mungkin kalian tidak akan menemukan facebook, IG, WA dll.
Tim Berners Lee
Tim Berners Lee
Untuk mempelajari bahasa bahasa pemrogramman secara online dan gratis,  saya merekomendasikan w3school sebagai salah satu situs belajar koding paling terkenal di dunia. Melaui situs ini kamu dapat belajar banyak sekali bahasa pemrograman termasuk HTML dari dasar sekali.

(disadur ulang dari artikel lama saya di adedansasa.com Anissa):

MARI MENGENAL BAHASA PROGRAM WEB


www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

8 comments:

  1. Mantap ilmunya, ini bahasannya IT progammer ya. Kalau di blog ruang lingkupnya bikin kode HTML dan template blog. Sekalian nanti bikin artikel tentang hacker dan cracker (banyak yang sering tertukar). Saya taunya yang jahat itu cracker, sementara hacker itu baik dan jadi profesi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bahasa WEB, bang. Bisa dikuasai oleh orang kebanyakan bahkan anak sekolahan, sitaks sintaksnya sudah mirip bahasa manusia.

      Tergantung kemauan sih..

      Delete
  2. Coding mngoding agak sulit kalo aku,
    tapi sbeenrnya pengen belajar juga,, dari awal html trus ke java, jacascrit sama ke css..
    pengen belajar semuanya juuga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilanjutkan saja biar awalnya susah, setelah terbiasa pasti akan mudah

      Delete
  3. saya pernah kenal dengan 3 istilah bahasa web tersebut, meski hanya kenal biasa. asli saya males kenal lebih jauh, karena sekedar tahu wujudnya sudah bikin saya pingin kabur. heheh wkwkkwk

    ReplyDelete
  4. Html masi mudeng.. css juga.. kalau javascript saya emang belum paham bener ka.. perlu pemahaman tingkat tinggi ternyata hehehe

    ReplyDelete
  5. through your post i can say that html is not scary thing to learn lol

    yes i thought it is something so tough but i just checked the site while reading your post and found it easy and fun
    in future i can learn this hopefully when time is free for me bit more

    ReplyDelete
  6. I will learn some more languages :)
    Thanks

    ReplyDelete