October 31, 2019

BARU: KEMUDAHAN PENGEDITAN HTML BLOGGER MELALUI PONSEL!

Awalnya saya hanya iseng buka dasbor blogger melalui hape pada saat jam istirihat bekerja, saya malah jadi ketagihan dan membuat tulisan ini melalui hape Android tua saya. Saya juga sadar tidak setiap orang mau mencoba meluangkan waktu berharga mereka hanya sekedar menjadi iseng seperti saya. Tapi mungkin pengalaman ini bisa menjadi secuil pelajaran bagi adik adik yang belum memiliki laptop namun memiliki harapan bisa blogging seperti kakak kakak mereka dan bahkan bisa mengedit kode kode HTML pada halaman editor HTML blogger.
halaman editor HTML blogger di akses melalui ponsel
halaman editor HTML blogger di akses melalui ponsel
Tujuan saya membuka dasbor adalah untuk membuka pengaturan demi menambah dan membuang beberapa widget blogger pihak ketiga yang sudah tidak valid lagi. Namun saya tidak bawa laptop dan mencoba mengutak atik pengaturan pada dasbor blogger.

Eh saya malah menemukan kemudahan yang tidak pernah terjadi sebelumnya: Masuk ke bagian HTML blogger dan Mengedit HTML blogger! Tadinya bagian ini harus saya lakukan melalui deskstop lalu laptop dan tablet Android ukuran 9.7" dengan posisi landscape dibantu oleh keyboard Bluetooth dan mouse.

Kalau mau lebih tekun kita bahkan bisa mengedit bagian HTML blogger langsung melalui browser menggunakan ponsel atau hape,  tanpa menggunakan notepad lagi.
Untuk melakukan ini memang di butuhkan kemahiran mengoperasikan hape dan menggunakan aplikasi produktivitas yang membutuhkan pengetikan,  ketrampilan yang akan kita dapatkan seiring dengan waktu yakni mengutak atik halaman editor HTML blogger dan menggunakan fitur copy-paste dan tentu saja akan meningkat namun harus membiasakan diri membaca kode kode HTML,  CSS, JavaScript, Jquery, php,  dll.

Saya menyempatkan diri mencobanya terlebih dahulu seperti yang telah saya rekam melalui video berikut:
Inti daripada tulisan saya kali adalah:
  1. Walaupun sejak dulu kita bisa menggunakan hape untuk melakukan pengeditan pada bagian HTML blogger namun pada saat sekarang semua itu terasa jauh lebih mudah. Disamping kita jadi terbiasa dan juga baik perangkat keras dan perangkat lunak telah berkembang sedemikian majunya.
  2. Perangkat keras ponsel berjalan lurus dengan kemajuan teknologi perangkat lunaknya: Terutama Browser yang semakin mobile friendly.
  3. Mengedit halaman HTML blogger sudah dapat dilakukan melalui perangkat ponsel, yang penting kalian harus membiasakannya. Tentu saja kalian tidak perlu melakukannya jika telah memiliki laptop, tapi bagaimana dengan teman teman lain yang kurang beruntung dan hanya memiliki ponsel sebagai alat ngeblog? So jangan berkecil hati, kalian tetap bisa menjadi jago koding dalam artian: Merombak, mengedit dan memodifikasi template melalui halaman editor HTML blogger.
  4. Blogging mobile semakin nyata dan akan lebih terintegrasi lagi dalam beberapa tahun ke depan dimana teknologi akan semakin banyak memberikan pengalaman baru dan kemudahan blogging melalui perangkat mobile dan jika menilik dari profit bisnis yang telah didapatkan, bukan tidak mungkin Google akan mensponsori lahirnya inovasi baru mobile di masa depan sehingga berpotensi mengalahkan perangkat seperti dekstop dan laptop.
Cara melakukannya sederhana saja:
  1. Masuk ke browser chrome, fireox atau edge dll.
  2. Tulis "blogger"pada kotak pencarian browser, dan pada saat telah masuk ke dasbor blogger, kalian tinggal pilih "editHTML"
  3. Lakukan pencarian pada kode atau bagian tag HTML tertentu pada halaman editor HTML blogger, hal tersebut akan mudah kalian lakukan jika sudah terbiasa. Semua hal memang perlu latihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 
blogger HTML editorial accessing from smartphone
blogger HTML editorial accessing from smartphone
Tulisan ini sendiri telah saya tulis sepenuhnya melaui perangkat mobile:  Tablet dan ponsel. Termasuk template blog yang sedang dipergunakan oleh editblogtema sekarang.

www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

4 comments:

  1. Nice info gan... tapi saya prefer edit HTML di PC si... takut salah ketik aja kalau di HP, kecil2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan. Hanya apabila kasus mendesak.... Namun sebenarnya menulis kode itu apakah melelaui PC atau melalui hape yang layarnya lebih kecil memiliki kans yang sama untuk melakukan kesalahan

      Delete
  2. Saya ngeblog dengan laptop. Lebih nyaman aja dengan screen yang lebih lebar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya layar lebih besar memberikan kemudahan. Tapi jika tidak terpaksa pergunakan apa yang ada

      Delete