October 22, 2019

APAKAH BEDANYA CSS DAN CSS3? APA MANFAATNYA PADA PEMBUATAN TEMPLATE HTML BLOGGER

Ilustrasi menggunakan CSS
Ilustrasi menggunakan CSS
Kalian pasti sudah terbiasa mendengar istilah HTML5, kalau ada angka 5 pasti ada angka angka sebelumnya yang sering disebut dengan istilah "versi versi sebelumnya" versi terbaru selalu datang dengan membawa perubahan dan peningkatan dan bahkan terkadang sangat berbeda kemampuannya dengan versi sebelumnya. Itulah dunia, semua berubah seiring waktu, tidak akan ada yang abadi.

Hari ini aplikasi aplikasi web telah menjadi sangat penting di dunia dan internet telah mengambil alih dan memindahkan hampir semua yang kita butuhkan kepadanya. Jika kalian kepingin sekali membuat halaman web menjadi sangat menarik, cepat dan mengesankan dan juga membuat orang tertarik mengunjungi web kalian melalui tampilan dan kecepatannya, maka tidak ada cara lain: Kalian harus belajar teknik Cascading Style Sheets (CSS). Dan si "CSS" ini bersama saudara tuanya si "HTML" yang telah kita singgung diatas memegang peranan sangat penting dalam desain tampilan web.

Tidak mungkin membantah itu bahwa CSS mendefinisikan atau membentuk tampilan HTML yang menentukan bagaimana sebuah halaman web akan terlihat nantinya. Sama halnya dengan HTML, CSS juga telah mengalami peningkatan melalui versi terbarunya, yakni CSS3. Mari kita bandingkan perbedaannya:
  • CSS lama tidak akan pernah kompatibel dengan CSS3 yang terbaru. Fokus utamanya adalah menyediakan fitur fitur berformat, memberikan kemampuan bagi kita untuk memposisikan text dan objek, namun bagaimanapun CSS inilah cikal bakal CSS3.
  • CSS3 kunci katanya selalu kompatibel dengan CSS1, tidak akan ada kode kode CSS1 yang menjadi salah saat di terapkan pada CSS3, bahkan hasilnya akan terlihat menjadi jauh lebih baik, menjadi lebih cepat dan menjadikan tampilan HTML menjadi lebih terlihat halus ketika di visualkan pada tampilan halaman web. karuan template blog yang kita buat menjadi lebih cepat larinya bagai superhero FLASH!
  • Dengan CSS lama para pengembang misalnya kesulitan membuat garis batas (border) dan juga membuat background dengan gradasi warna menggunakan struktur berbeda. Mereka harus mengupload desain mereka ke server dan meletakan suatu image ke dalam halaman web dan lalu mengejas atau mencocokan agar border tersebut tepat berada pada posisinya. Ini akan memperlambat pekerjaan dan memberatkan loading sebuah halaman blog, berat adalah risikonya jika menggunakan template klasik yang dibuat berdasarkan CSS lama, lho.

  • Namun...setelah CSS3 diperkenalkan, para pengembang tidak perlu serepot itu lagi, cukup misalnya dengan menuliskan kode: ".roundBorder{border-radius: 50px;} wuss...selesai deh. Tidak perlu meletakan kode apa apa ke dalam server, dan lakukan saja pekerjaan lainnya, misalkan jika ingin membuat background gradasi warna, cukup tuliskan kode CSS: ".gradBG{background: liner-gradient(white,black);}"
    Template jadi jagoan seperti mr. Flash yang larinya aduhai cepat nian, Keren, bukan?
  • Pada template template klasik lama zaman dulu itu membuat animasi harus di tulis menggunakan JavaScript dan JQuery, kalian tahu seperti apa rasanya sekarang pengaruhnya pada kecepatan loading template, lelet kayak siput, dan berat sekali, bukan? CSS tua tidak memiliki fitur di dalam desain layer dan tidak bisa membuat efek efek seperti bayang bayang text, gerak gerakan tex saat disentuh, dll.
  • Nah disana letak ke hebatan CSS3 sekarang, kini para pengembang mampu membuat bermacam macam efek huruf pada text tanpa JavaScript maupun JQuery lagi. Karuan hal ini membuat template yang dibuat menggunakan elemen elemen web terbaru menjadi sangat cepat dan ringan!
    Disamping tiga item diatas CSS memiliki kemampuan merapikan tulisan dengan penomoran dan hal ini dapat dilakukan oleh CSS3 dengan lebih mudah yang tentunya sangat bermanfaat pada saat pengguna menggunakan aplikasi buatan pengembang.
Jadi kalian harus teliti, jangan asal beli template, sudah mahal ternyata masih versi klasik! Template terbaru harusnya menggunakan layout versi ke-3. Terakhir saya teliti beberapa bulan yang lalu,  bahkan viomagz buatan Mas Sugeng masih menggunakan layout versi ke-2 walaupun viomagz sudah mengadopsi HTML5 dan CSS3 sepenuhnya.

Untungnya template terbaru bawaan (default) dari blogger sudah full HTML5 dan CSS3 juga. disamping menulis, kalian juga harus cerdas dalam memilih template, template dengan struktur terbaru dan terupdate akan memudahkan mesin penelusur dalam memproses halaman blog kita...

www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

7 comments:

  1. paham, saya paham mas,,, dulu waktu masih di blogger seirng berkutat sama html dan css, css3 juga. sering belajar pakai w3schoo nyari refrensi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah w3school itu referensi lama saya. Sederhana dan mudah sekali dicerna.

      Delete
  2. jadinambah ilmu ini, saya juga baru belajar lah dikit2...edit template

    ReplyDelete
  3. Apalah aku yg masih ngandelin template grtisan. Wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah bahkan template gratisan sekalipun akan menjadi lebih baik saat diedit berbekal pengetahuan HTML

      Delete
  4. Wow, great to know :)
    Thanks, and have a great day!

    ReplyDelete
  5. Waah... aku masih belajar memahami dulu nih. Aku belum siap edit html atau sejenisnya, takut berantakan lagi.

    Tapi, aku pengen ganti template premium.

    ReplyDelete