Ada iPadOS yang hebat: masa depan laptop hancur

iPad with keyboard
iPad air with keyboard
Karena sistem operasi iPadOS dan Android 10 telah hadir ke dunia. 

Sebelum iPadOS muncul saya benci bekerja menulis di blog menggunakan browser melalui iPad. Mengapa?  Walau ada perbedaan lebar layar antara sistem iOS iPhone dengan iOSnya iPad,  namun membuka dan mengakses dasbor bloggger melalui browser menggunakan iPad adalah mimpi buruk.

Begitu dasbor terbuka ternyata sangat sulit menulis dan mengakses web lebih dalam,  misalnya pada saat membuka halaman editor HTMLnya blogger.  Padahal iPad sudah bela belain saya lengkapi dengan keyboard dan mouse agar bekerja lebih familiar mirip laptop. Mimpi yang jauh dari harapan! iPad berhenti mengakses web sampai disana,  berat dan tiba tiba kembali ke homescreen!

Saya baru tahu mengapa hal itu terjadi,  adalah karena sistem operasinya itu iOS dan iOS sangat cocok untuk perangkat Apple ukuran sekecil iPhone. Dan karena pekerjaan yang coba saya akses itu sebenarnya adalah versi web atau untuk desktop,  jadi wajarlah saya terpental!

Mencoba tablet Android. 
Saya tidak putus harapan untuk bisa ngeblog pakai tablet tapi dengan kemampuan desktop atau laptop,  jadi saya simpan iPad saya. Lalu saya membeli tablet samsung bekas S2 dengan ukuran dan dimensi sama seperti iPad Air 2, yakni 9.7", harganyapun murah sekali.

Saya pairkan ke keyboard dan mouse bluetooth yang sebelumnya saya peruntukan buat iPad dan... Astaga tablet Android ternyata mampu mengakses browser chrome versi dekstop setara laptop! Tentu saya senang,  mana harga belinya murah lagi (1,8 jutaan seken,  bandingkan sama iPad yang mengecewakan tadi yang saya beli seharga 8 jutaan), mau tahu apa yang dapat saya lakukan terhadap blogger melaluinya?
  1. Saya dapat mengakses browser chrome, dan firefox full akses walaupun melalui hape Android juga bisa tapi melalui tablet lebih nyaman karena layarnya yang lebar dan lega. 
  2. Saya dapat menulis kode kode HTML pada opsi editor HTML blogger layaknya di laptop untuk membuat template blog. 
  3. Saya dapat membuat,  mengedit gambar dan video dengan mudah untuk melengkapi konten blog
  4. Dll
Hal diatas tidak dapat saya lakukan jika menggunakan iPad. 

Sekarang berubah: Ada iPadOS. 
iPad pro
Gambar iPad pro with keyboard

Namun Apple mungkin menyadari hal ini. Terakhir mereka membuatkan sistem operasi baru yang terpisah khusus untuk iPad dan itu bukan iOS lagi seperti dimasa lalu.  Itu adalah iPadOS! 

Baca juga: 7 kemampuan iPadOS

Dengan sistem operasi baru pengalaman menjelajah browser dirubah menjadi versi  web sekelas desktop atau laptop. Saya baru menyadari kemajuannya. Karena disamping perubahan antarmuka dan kemampuan multitaskingnya,  versi web untuk diakses melalui iPad sekarang adalah versi penuh!

iPadOS mendukung penuh keyboard dan mouse,  ia benar benar mampu menjalankan pekerjaan opsi desktop tanpa lag! 
Jadi sekarang Android yang tertinggal selangkah di belakang iPadOS!  Android tidak memisahkan sistem operasinya untuk ponsel dengan ukuran layar lebih kecil dengan tablet dengan ukuran yang lebih besar. Para developer aplikasi membuat game sapujagat dengan ukuran responsive: ya itu yang berjalan di tablet,  itu juga yang berjalan di ponsel. 

Sebaliknya Apple telah lama memisahkannya. Beberapa aplikasi penting bisa berjalan di iPad namun tidak akan kompatibel alias tidak bisa di instal di iPhone.  Pemisahan ini efektif memaksimalkan performa atau kinerja kedua perangkat Apple tersebut. Tidak ada komplik kompatibilitas seperti yang sering terjadi pada perangkat android.

Nah dengan terpisahnya sistem operasi untuk iPad yang kini mulai menggunakan iPadOS ketimbang sebelumnya iOS,  saya kembali menggunakan iPad dan... Wow terasa sekali iPad benar benar sudah menjadi laptop bahkan memiliki keunggulan mobilitas yang jauh lebih tinggi!  Kini saya dapat mengedit halaman HTML dan membuat templat blogger melauinya dengan mudah, terasa lebih mudah daripada menggunakan tablet Android... 

Bandingkan dengan versi terbaru: Android 10
Saya juga melihat peningkatan akses ke browser melalui android 10 Google, yakni melalui opsi desktop yang telah disematkan sebagai salah satu fiturnya. Simak saja penjelasannya berikut ini:
screenshot penuh mengikuti bentuk layar hape
screenshot penuh mengikuti bentuk layar hape mirip iOS dan iPadOS. Photo: Google.com
Kebetulan Android 10 diumumkan belakangan setelah iOS 13 dan iPadOS, perubahan yang paling mencolok diataranya:
  1. Dark mode
  2. Notifikasi lebih kompleks
  3. Navigasi gesture
  4. Screenshoot full dan mengikuti bentuk layar
  5. Tema lebih banyak
  6. Terdapat tombol khusus untuk emergensi
  7. Sharing wifi dengan kode QR
  8. Opsi dekstop yang mirip seperti terdapat pada iPadOS
Namun apakah Google akan memisahkan aplikasi dan game berdasarkan kompatibilitas dan ukuran layar atau tipe gagdet? Masih belum jelas.

NASIB LAPTOP STANDARD
Mencermati pasar laptop standard yang kian melorot alias semakin sepi pembeli di dunia, tidak tertutup kemungkinan perangkat yang satu ini akan segera punah atau berada diambang kepunahan. Seberapa banyak yang telah kita lihat selama ini perangkat perangkat yang dulu kita kira "abadi" karena begitu hebatnya pada zamannya kini telah benar benar "punah" sebut saja kamera saku, walkman, natendo player dan masih banyak lagi yang akan menyusul.

Yang jelas, hari segini tablet dan iPad ternyata telah berubah menjadi gagdet yang lebih "multiguna" melebihi sebuah laptop windows standard. Jangan jangan kelak laptop standard nasibnya akan sama dengan kamera saku yang tergilas habis oleh kamera Handphone. Yang masih bertahan tinggal kamera DSLR. Kelak hanya laptop high end dengn speks tinggi dan mahal  dan juga  Macbook yang masih bertahan.

Apa yang tidak dapat dilakukan oleh sebuah iPad dan tablet Android di zaman now?
  • Jika laptop windows memiliki aplikasi perkantoran seperti MSoffice iPad dan tablet Android juga punya. Kita dapat bekerja mengolah data, membuat materi presentasi, membuat statistik projek dll. 
  • Jika pada laptop bisa dipasang aplikasi pengolah photo,  iOS dan Android memiliki berton ton aplikasi setara dengan pilihan yang lebih banyak. 
  • Jika laptop bisa browsing internet versi desktop sekarang iPad dengan iPadOS dapat melakukannya jauh lebih praktis dan mobile,  demikian juga tablet Android dengan sistem Android 10-nya.
Jadi apalagi yang tersisa pada laptop standard?  Keyboard,  tackpad,  mouse layar yang besar?  Faktanya keyboard iPad jauh lebib tipis dan empuk,  iPad juga kompatibel dengan mouse.  Layar iPad pro 12" dengan bezel tipis sehingga walau terlihat kecil ukuran layar itu setara dengan kebanyakan laptop standard! 

Fakta lain semakin merosotnya pasar laptop di dunia adalah sebuah sinyal yang kuat bagaimana keberadaan perangkat ini kelak di masa depan.

www.editblogtema.net


Comments

pilih pola label berikut:

Show more