Ini dia tampilan dasbor blogger terbaru 2019, kelebihan dan kekurangannya

gambar kode HTML blogger
gambar kode HTML blogger
Tampilan dasbor blogger 2019 mungkin sedikit membingungkan anda. Akan tetapi Tampilan baru ini sebenarnya lebih ke mobile friendly atau disesuaikan dengan layar perangkat yang lebih kecil. Tidak menutup kemungkinan karena Google telah mempelajari semakin banyaknya orang yang ngeblog via mobile alias via hape dan tablet seperti saya.

Namun walaupun demikian dia samasekali tidak merugikan tampilan desktop, tampilan baru ini menurut saya membuat beberapa perubahan terhadap space layout dasbor menjadi lebih nyaman dan bahkan menjadikannya terasa lebih lega pada saat diakses. Apalagi seorang seperti saya yang hobi mengutak atik halaman editor HTML blogger.

Bagi saya hal hal dibawah ini terasa sekali telah berubah:
  • Stats, sebelumnya list sekarang seperti grid ini membuatnya lebih user friendly dan menciptakan pengalaman baru saat pengguna mengaksesnya
  • Komentar, sebelumnya tampak kaku, sekarang terasa lebih user friendly dan mobile friendly
  • Tema/Theme, terjadi perombakan besar disini, namun yang paling saya sukai adalah pada saat mengakses halaman editor HTMLnya. Terasa semakin simpel dan hemat ruang. Bahkan menjadi lebih nyaman pada saat di akses melalui perangkat mobile seperti tablet dan ponsel Android. 
  • Dan...yang paling membuat saya bersyukur terhadap perubahan ini adalah: Tampilan editor HTML mempermudah saya pada saat mengedit kode HTML blogger tanpa harus merobah ke opsi desktop terlebih dahulu. Bagian ini membuat pekerjaan para desainer mobile akan menjadi semakin cepat, mudah dan akurat! Sepertinya tidak ada yang terluput dari perhatian Google. 

    Khusus untuk HTML saya punya catatan:

    2 hal utama perubahan yang terjadi pada bagian halaman editor HTML:
    Pertama: Jika sebelumnya saya harus memilih opsi web desktop pada pengaturan setiap kali ingin mengedit HTML, maka dengan update mobile ini saya tidak perlu melakukannya lagi. Benar benar kinclong!
    Kedua: Sebelumnya jika saya menemukan suatu kode widget HTML yang di split agar tidak panjang maka kodenya akan tampak sebagai berikut:
    <b:widget id='Attribution1' locked='false' title='' type='Attribution' visible='true'>...</b:widget>
    yakni ada tiga ... yang menyembunyikan (split) kode panjang sebuah widget. Ketiga titik itu apabila di klik akan memunculkan kode kode HTML yang sedang di split atau disembunyikan. Nah sekarang tampilannya beda dan lebih mudah di di copy karena splitnya tidak akan terbuka dengan mudah: 
Blogger HTML widget
Blogger HTML widget
Jadi terlihat ada tanda: yang apabila di klik akan memunculkan kode kode HTML yang disembunyikan atau di split di dalam halaman.

DAN INI KELEMAHANNYA:

Walaupun tampilan berjalan pada hampir semua browser utama, namun ditemukan halaman editor HTML tidak berfungsi dengan baik pada kolom pencariannya ketika di akses dan di jalankan melalui browser FireFox.

Biasanya ketika kita akan melakukan pengeditan khusus kode kode HTML kita cukup menekan CTRL+F pada bagian bawah sebelah kiri keyboard, dan ini bekerja sangat baik pada browser chrome namun tidak bekerja dengan semestinya pada browser firefox. Pada browser chrome ketika CTRL+F di tekan akan muncul kotak dialog pencarian pada sebelah kanan atas halaman HTML blogger. Dan ketika kunci kata kode kita ketikan halaman akan merespon dengan menampilkan kode yang kita cari dengan highlihgt berwarna kuning.

Namun pada browser firefox ketika CTRL+F  kita tekan di halaman editor HTML, kotak dialog pencarian malah muncul di sebelah bawah kiri halaman edit HTML. Dan ketika saya coba memasukan kata kunci "</head>" misalnya, yang muncul malah notifikasi bahwa apa yang sedang kita cari tidak ditemukan. Barabe juga ya.

Namun secara keseluruhan saya menyukainya, walaupun untuk sementara masih sebatas bagus ketika berjalan pada browser chrome. Google tentu masih akan mneyempurnakannya demi UX dan UI yang lebih baik ...

Baca artikel saya sebelumnya:

PERUBAHAN BARU PADA TAMPILAN DASBOR / SETTING BLOGGER.

Saya mencobanya langsung seperti yang saya rekam pada video dibawah ini dan saya jadikan sebagai pelengkap artikel kali ini:
PERUBAHAN KE ARAH ZAMAN MOBILE
Perubahan ini sepertinya memang lebih ke arah menjadikan blogger menjadi lebih mobile friendly sesuai tuntuan zaman, namun masih tetap enak di akses melalui layar yang lebih besar seperti laptop dan PC Desktop.

Menurut saya, tampilan ini memiliki keunggulan dan kemajuan yang bermanfaat untuk perangkat mobile antara lain:
  • Lebih mudah diakses melalui perangkat mobile seperti hape dan tablet memberikan pengalaman mengedit, dan menulis yang lebih baik.
  • Memudahkan pengeditan template melalui layout dasbor biasa.
  • Memudahkan dan menjadikannya mungkin mengedit HTML melalui layar yang lebih kecil seperti tablet atau bahkan hape atau ponsel
  • Secara keseluruhan jelas sekali lebih mobile friendly, praktis dan mudah di fahami.
Oke, sampai disini, jangan lupa bantu subscribe juga video saya he he he...

www.editblogtema.net


Comments

  1. udah lama say aga buka blogger, kira-kira bagaimana ya bentuknya. syukurlah kalau lebih mobile friendly, itu artinya blogger kini diperhatikan oleh google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sering masuk dasbor karena nebulous😊

      Delete
  2. Sepertinyasaya banyak ketnggalan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas pasti karena sibuk di dunia nyata he he he

      Delete
  3. kok di saya masih tampilan lama yah. Apa harus ada yang diupdate mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada Bang Day, tinggal nunggu giliran merata saja he he he...ada yang duluan ada yang belakangan kayaknya

      Delete
  4. tampilan terbaru lebih bagus sih, lebih mobile friendly. jadi bisa edit lebih nyaman aja kalau pake mobile. tp update terbaru itu apakah dibarengi dengan fitur terbaru yang terlihat emang baru? atau kebanyakan masih sama saja fiturnya? (fitur tambahan selain cuma mengubah interface aja). Soalnya pnyaku belum update, jadi belum tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitur masih sama cuma memang jadi lebih mudah edit HTML via mobile 📱

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya.

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Komentar yang kami hapus dan masih menyisakan profile komentatornya bukan komentar kritik, kami tidak anti kritik samasekali. Tapi komentar yang menyertakan link aktif. Karena saran kritik dan bahkan celaan untuk blog dengan niche seperti ini amatlah penting untuk di jadikan alat koreksi. Terimakasih!

pilih pola label berikut:

Show more