September 17, 2019

INI DIA BATAS UKURAN GAMBAR TERBARU UNTUK KONTEN BLOG AMP

adel dan sasa
ilustrasi membuat ukuran gambar untuk AMP (adelina dan anissa)
Awalnya Google menetapkan ukuran minimal 696px ukuran gambar, namun pada akhirnya AMP berhasil di update menjadi lebih baik karena ukuran baru gambar untuk melengkapi artikel AMP batas minumnya ditetapkan menjadi 1200px.

KESAKTIAN GAMBAR
Jika dulu orang menganggap Mesin pencari hanya bisa membaca text, sekarang tidak sudah tidak sama lagi. Gambar juga akan di baca secara berbeda melalui "judul", "alt" dan "caption" yang di sematkan ke dalamnya, namun mampu membuat konten menempati halaman teratas mesin pencarian berkatnya. Melalui mesin algoritmanya Google akan memilih gambar yang paling baik dan berkualitas untuk ditampilkan ke halaman publik. Menarik bukan?

Begini cara memberikan tag dan judul (caption) pada gambar:
  • Masuk ke dasbor blogger
  • Buat atau compose satu postingan
  • Masukan gambar dengan cara biasa. 
  • Selanjutnya lihat gambar:
cara memberi alt teg pada gambar
1. Klik persis di tengah gambar menggunakan mouse atau jari kalau layar sentuh akan muncul pilihan di bawah seperti : small, Medium, Large, X-Large, Original size, left, center, Right, Add Caption, Properties, dan Remove. Pilih Properties
cara menambahkan alt tag dan caption pada gambar
2. Setelah Properties dipilih akan muncul dua kotak dialog dengan dua kolom isi bagian atas dengan judul gambar, dan bagian bawah dengan text keterangan atau ALT text dan tekan OK
3. Kalian juga bisa menambahkan "Caption" dengan mengklik pilihan Caption untuk memberikan penjelasan tangkapan gambar misal: Hak cipta gambar: Google.
Gambar juga harus mempresentasikan isi artikel. Artikel ini hasil mengikuti diskusi panjang saya bersama teman teman di forum dan twitter.

Baca juga:
Benar gak sih, template AMP mempercepat blog terindex Google?

Beberapa hal terkait panduannya sebagai berikut:
  1. Hanya gambar yang di mark up langsung pada artikel yang akan dimasukan pada kententuan ini.
  2. Ukuran Gambar paling kecil adalah 1200px
  3. Satu halaman paling sedikitnya harus memiliki satu gambar (baik yang di mark up maupun tidak) Google akan memilih gambar dengan kualitas terbaik untuk di tampilkan di hasil pencarian berdasarkan aspek rasio dan resolusi gambar tersebut.
  4. URL gambar harus bisa di index dan di "crawl" oleh mesin pencari (beri judul dan alt)
  5. Gambar harus harus mewakili isi konten
  6. Gambar harus berformat: JPG, PNG atau GIFT
  7. Penting!: Untuk hasil terbaik sediakan beberapa gambar dengan resolusi tinggi (minimun 800,000 pixels dengan rasio lebar dan tinggi: 16x9, 1x1, atau 4x3.
Memang AMP terkadang memiliki cacat pada tampilan layar yang lebih besar atau besarnya layar tanggung seperti tablet, tapi dengan mengikuti peraturan diatas diharapkan bisa mengatasi hal tersebut.

BAGAIMANA JIKA MENGGUNAKAN UKURAN GAMBAR YANG LEBIH KECIL DARIPADA YANG DIREKOMENDASIKAN?

Jangan mengira hal itu malah bagus untuk kecepatan loading sebuah tema AMP, tapi malahan akan menurunkan kualitas dan optimasi tampilannya. Mesin pencari akan memberikan warning dan menunda crawaling halaman AMP sobat, hal ini terungkap dari twit dengan salah satu petinggi Google @JohnMu perihal lusinan keluhan loading pada blogger AMP:
Tampaknya format gambar teknologi terbaru seperti WEBP belum siap direkomendasikan untuk blog AMP, dan dalam beberapa hal AMP mulai mendekati HTML klasik mobile dalam hal susunan struktur image yang terpasang pada konten. Saya rasa ini berita yang bagus disamping akibatnya seperti diatas. Namun sobat juga harus tahu bagaimana melengkapi sebuah konten dengan gambar atau image dengan ukuran dan resolusi yang tepat.

Untuk saat ini format image yang tepat buat halaman AMP masih menjadi masalah yang krusial. Sebagus apapun templat AMP dibuat jika sobat kurang menguasai "maintain" sebuah halaman AMP tetap saja akan pacundang kecepatannya dengan HTML klasik mobile biasa. 

Kami melakukan pengujian terhadap selusin halaman AMP di GMETRIX, hasilnya? Hanya satu halaman AMP yang benar benar cepat, sisanya jauh tertinggal di belakang HTML mobile klasik biasa. 

Jadi bijaklah, AMP tidak memiliki kesalahan sepanjang diperlakukan sebagai "AMP" dia hanya akan terluka karena kita memperlakukannya seolah dia adalah halaman HTML klasik biasa....

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

10 comments:

  1. AMP tidak memiliki kesalahan sepanjang diperlakukan sebagai "AMP" dia hanya akan terluka karena kita memperlakukannya seolah dia adalah halaman HTML klasik biasa....saya suka ungkapannya mengena.

    ReplyDelete
  2. Thanks infonya Gan... Blog sy masih pakai 640 karena takut loading blog lama kalau sampai 1000 lebih. Abis saya suka banyak foto di artikel sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Menix news berplatform Wordpress beda sama blogspot. Namun penempatan gambar juga harus pas baik ukuran maupun resolusinya, tidak baik terlalu kecil agar konten menjadi optimal

      Delete
  3. Kayknya tambah enteng aja tempilan gambar dan ada efek loading nya jg, pake lazy load bang?

    ReplyDelete
  4. Aku masih belum bgitu paham alurnya AMP
    sudah setting tp entah kenapa di analitik ada yg eror,, perlu belajar lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika yang digunakan blogger /blogspot, maka itu adalah templatenya. Harus valid HTML5, tidak boleh ada javascript, style font dll...

      Tapi jika menggunakan WordPress itu harusnya lebih sederhana karena hanya menggunakan add-on.

      Delete
  5. makasih udah di share hu! *soalnya ada niat mau pake amp! hehe
    *jangan lupa mampir ya AORLIN(.)com

    ReplyDelete
  6. Makasih banget ni,udah di share ilmunya

    ReplyDelete