Ingin gambar konten blog cepat terindex Google? Gunakan gambar format WEBP!

Apakah gambar dengan format WEBP itu?

anissa webp image
Contoh gambar dengan format WEBP - (post by Anissa)
Gambar semakin menjadi bagian penting dari sebuah artikel, konten atau postingan pada blog, namun format gambar yang salah juga dapat merugikan kecepatan blog. Kecepatan blog adalah bagian penting dari strategi SEO yang tidak mungkin dapat kita abaikan. Hari ini tuntutan visualisasi sebuah artikel berada pada peringkat kedua sebagai prioritas mesin pencari setelah tulisan dalam bentuk text, dan peningkatan pencarian gambar telah meningkat drastis oleh mesih pencari.
Dan format WEBP adalah primadona Google, pada setiap saran pengoptimalan halaman blog format WEBP untuk gambar juga selalu turut di singgung. Namun apakah format gambar WEBP itu? Mungkin telah banyak yang menulis tentangnya, namun akan saya ulangi secara garis besarnya:

WEBP adalah format gambar terbaru dari Google yang diperkenalkan sejak tahun 2010, namun karena belum dikenal secara luas WEBP memang jarang di pergunakan karena orang sudah terlanjur biasa menggunakan format gambar PNG, JPG, dan terkadang GIFT. Tetapi yang perlu anda ketahui WEBP mengungguli semua format diatas: Lebih modern, lebih "web friendly" dan lebih ringan hingga 25% tanpa merugikan kualitas gambar sama sekali! karuan penggunaan format gambar berformat WEBP akan membuat halaman blog menjadi lebih cepat dan kencang.

Apakah anda ngeblog dan selalu melengkapi konten dengan gambar? Jika ya, maka mulai hari ini gunakan gambar dengan format WEBP! Dan jika anda ngeblog menggunakan platform blogger, anda beruntung, format gambar ini berjalan sangat kompatibel pada platform blogger/blogspot, ya terang saja karena sama sama buatan Google! Bahkan anda bisa mulai mengganti gambar gambar lama dengan gambar dengan format WEBP. Caranya?

Sederhana saja: Download gambar dari konten atau artikel blog yang sudah terpasang di halaman blog anda, simpan di file folder perangkat lalu convert gambar tersebut menjadi WEBP, seperti yang akan saya jelaskan di depan. Langkah selanjutnya ganti gambar lama pada postingan tersebut dengan gambar format WEBP yang telah tersedia tadi.

Bagaimana dengan Wordpress? Awalnya berapa perangkat memang belum mendukung format gambar ini, termasuk misalnya beberapa jenis perangkat laptop. Tidak hanya perangkat keras, beberapa penyedia portal web juga tidak mendukung penggunaan WEBP.

Jika anda punya blog berbasis Wordpress, anda harus menginstall plugin khusus webp supaya web/blog anda bisa memasukkan gambar berekstensi .webp. Agak ribet ya. Tetapi jangan kuatir untuk kedepannya setelah gambar berformat WEBP dipergunakan secara luas akan terdapat kemajuan dan kemudahan yang lebih jauh.

Baca juga:

TENTANG WEBP FORMAT GAMBAR YANG DI REKOMENDASIKAN BUAT NGEBLOG

Cara merobah (mengconvert) gambar biasa menjadi WEBP

Sekali lagi anda beruntung jika ngeblog menggunakan platform blogger menggunakan hape atau tablet android, mengapa? karena di dalam tablet ada berton ton aplikasi yang dapat anda download melalui playstorenya Android. Termasuk konverternya gambar, sehingga anda dapat meng"convert" gambar biasa berformat JPG menjadi WEBP dengan mudah. Anda bisa mendownload converter gambar dengan mengklik gambar dibawa ini:
image converter
image converter
Cara menggunakannya:

  • Masuk ke aplikasi converter yang telah terpasang di hape atau tablet Android anda dan jalankan.
  • Setelah aplikasi terbuka ada tanda plus pada bagian bawah kanan layar, klik itu.
  • Akan muncul dialog SELECTOR, PHOTOS, dan FILE. Pilih photo.
  • Setelah photo di pilih akan ada permintaan izin untuk mengakses folder photo yang ada di dalam perangkat folder gagdet Android anda.
  • Pilih photo yang akan di "convert" akan ada pilihan format gambar yang banyak, cari WEBP atau Wepb, dan centang lalu tekan panak di kanan bagian atas monior untuk menjalankan akan keluar notifikasi "are you sure?" pilih saja yes.
  • Gambar kini sudah menjadi gambar dengan format WEBP dan siap di pasang untuk melengkapi konten blog anda. 

Dengan gambar berformat WEBP ini postingan menjadi sangat gegas, enteng dan optimal. Lihat perbedaan ukuran antara format JPG dan WEBP setelah di "convert" melalui aplikasi ini:

Sebelum sewaktu masih JPG: size 94.84 kb

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.paul.icon
JPG besar dengan kulitas yang sama

Setelah menjadi WEBP: size 12.42 kb

WEBP smaller with same quality
Dengan kualitas yang sama namun ukuran jadi jauh lebih kecil
Jadi perbandingan ukuran gambar adalah: JPG  94.84 kb, sedangkan WEBP hanya 12.42 kb namun dengan kualitas yang sama! Selisih hingga 82.42 kb!

Jadi tidak heran WEBP amat unggul dalam hal ukuran, apalagi kualitas gambar, bayangkan saja seandainya WEB memiliki ukuran serupa dengan JPG betapa tajam dan terangnya gambar yang di hasilkannya, bukan?

Keunggulan ini menyebabkan halaman dan konten blog kita dapat di akses secepat kilat oleh pembaca, dan dapat mengurangi efek bounching (pentalan atau pembaca terpental karena terlalu lama menunggu loading blog) sedangkan efek bounching akan membuat blog anda menjadi buruk di mata mesin pencari dan juga manusia.

Namun walaupun demikian agar gambar menjadi optimal dan mudah di baca oleh mesin pencari jangan lupa menambahkan tag ALT ke dalamnya, bagaimana caranya? baca di artikel saya sebelumnya:

MENGOPTIMALKAN GAMBAR AGAR CEPAT DIBACA OLEH MESIN PENELUSUR

Ini cara membuat postingan dan gambar dengan benar:

www.editblogtema.net


Comments

  1. Wew baru tau ada format gambar webp, makasih infonya mas

    ReplyDelete
  2. udah sejak 2010 tapi gak populer yah, padahal manfaatnya ok

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya.

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Komentar yang kami hapus dan masih menyisakan profile komentatornya bukan komentar kritik, kami tidak anti kritik samasekali. Tapi komentar yang menyertakan link aktif. Karena saran kritik dan bahkan celaan untuk blog dengan niche seperti ini amatlah penting untuk di jadikan alat koreksi. Terimakasih!

pilih pola label berikut:

Show more