September 12, 2019

IN MEMORIES with PROFESSOR B.J. HABIBIE

Habibie
Habibie sebagai presiden RI ke 3
Membaca ungkapan Professor BJ. Habibie selalu ada rasa panasaran di hati  saya, pribadi seorang tokoh sebesar Habibie mempresentasikan dirinya dengan begitu sederhana namun tepat dan mengena. "Mental saya adalah sepeda" kata beliau suatu ketika. Dan demi mengenang tokoh yang saya kagumi, saya akhirnya melanggar kebiasaan saya menuliskan hal hal terkait teknologi dan bogging di  blog ini.

Beliau mengatakan pilosofi sepeda adalah menjaga kesimbangan. Terus belajar dan bekerja: "Jika aku berhenti bekerja aku mati dan walau usia fisikku 80 tahun namun di "dalamnya" masih 17 tahun" kata beliau suatu ketika dengan setengah bercanda.

Banyak buku yang telah di tulis perihal beliau dan pada umumnya orang mengenal beliau sebagai cerdik pandai dan cendikiawan sekaligus ilmuwan di tanah air. Orang mengenal Habibie karena dia membuat pesawat terbang di Indonesia, dan di dunia penerbangan dia berjasa menemukan teori retak awal sayap pesawat.

Dengan teorinya, Habibie berhasil menghitung retak  (crack) itu dengan rinci sampai pada hitungan atomnya. Hal ini tidak saja bisa menghindari risiko pesawat jatuh, tetapi juga membuat pemeliharannya lebih mudah dan murah. Teori crack progression atau yang lebih dikenal dengan Faktor Habibie, porsi rangka baja pesawat bisa dikurangi dan diganti dengan dominasi alumunium dalam body pesawat terbang. Dan dapat mengurangi bobot pesawat tanpa berat penumpang dan bahan bakar sampai 10 persen dari bobot konvesionalnya.

Dan jangan lupa beliau adalah mantan orang nomor satu ke -3 di Indonesia: Presiden Indonesia B.J. Habibie. Tampaknya beliau adalah satu satunya presiden yang tidak memiliki ambisi kekuasaan politik. Mencoba amanah dan ketika sampai waktunya dengan tulus menyerahkan jabatan yang biasanya menjadi rebutan itu. Dengan jujur dia mengatakan bahwa dia menjadi presiden atas ketidak sengajaan alias kebetulan:

"Saya tidak pernah tertarik atau dengan sengaja ingin menjadi presiden, itu terjadi secara tidak sengaja. Saya harus mengambil alih karena Presiden Soeharto mengundurkan diri," ujar Habibie, dikutip dari pemberitaan Kompas.com pada tahun 2013.
CONTOH BAGI GENERASI MUDA 
Itulah bapak teknologi kita yang sederhana dan mengagumkan, kisah masa mudanya juga telah di filemkan dengan judul Ainun-Habibie, mari kita perhatikan dan kenang melalui photo photo masa muda beliau berikut:
Habibie muda1
Habibie stylish banget lho, gak beda sama generasi sekarang. Wajahnya yang Indonesia banget nampak tenang dan fokus, setuju?
Tebak ini mungkin di Jerman sudah study disana ya..Habibie tidak kalah gaya lho sama anak anak muda lain pada umumnya Bahkan untuk ukuran zaman now.  Wuih so sweet...ya.
So sweet... Kenangan manis sama Ainun Habibie. Lihat saja wajah  mereka yang dipenuhi oleh cinta. 
Habibie dan Ainun pasangan serasi
Mereka tampak serasi, Kenangan manis bersama Ainun dan Habibie. Terbukti cinta mereka tetap terpelihara hingga ke akhir hayat. Mereka saling mencintai.
Mejeng di  Jerman
Pasti di Jerman ini. Wah mantap sekali pemandangan Jerman masa itu ya... 
Habibie dan model  pesawat
Kelihatannya beliau tidak canggung berpose dengan mainan pesawat canggih pada masanya ya,  guys...Lihat saja ekspresi wajah beliau yang cool.
Habibie dan Ainun
Habibie dan Ainun: Bahagia hingga ke akhir hayat. Kisah cinta mereka bahkan menginsipirasi banyak pasangan di dunia ini.

SEORANG MANUSIA DENGAN RASA PERIKEMANUSIAAN YANG TINGGI.
terlihat Xanana Gusmao menangis saat menjenguk Habibie 
Akhirul Kata..
Tubuh itu kecil saja untuk postur orang Jerman . Tubuh itu sedang saja untuk postur tubuh orang Indonesia, namun dibaliknya ada tenaga dan pikiran raksasa yang mampu memberikan warna kepada kehidupan kita..dan juga dunia.

Kini beliau telah tiada...telah berpulang ke pangkuan sang pencipta.

Semoga Amal dan Ibadah beliau diterima di sisi Allah. Dan bertemu dengan orang orang yang dicintainya di Sorga...Amin! 

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

7 comments:

  1. Pas adek saya ngasih tahu, saya langsung nolak ah itu mah berita hoax kataku, tapi adek saya menjelaskan detail dan akhirnya saya percaya, saya sangat berharap beliau bisa lebih panjang umur lagi, tapi mungkin sudah waktunya :D

    ReplyDelete
  2. Subhanallah yaaa bj habibie emang panutan semua orang.. semoga bs menginspirasi banyak orang

    ReplyDelete
  3. Inna Lillahi wa inna ilayhi raji'un, semoga husnul khatimah.
    Kita kehilangan anak bangsa yang hebat.

    ReplyDelete
  4. cinta sejati yang patut di teladani

    ReplyDelete
  5. Mmm..tema tulisan kali ini berbeda namun, memberi inspirasi. :)

    ReplyDelete