September 14, 2019

TWITTER: KICAUAN KICAUAN KICUAN TRUMP YANG MENGGUNCANG EKONOMI DUNIA

Donald Trump
Donald Trump
Twitter pada saat ini telah menjadi media sosial yang paling kuat di dunia, tempatnya para petinggi negara bermain dan berkicau. Dan apalagi ketika salah seorang presiden negara Adi Daya Amerika serikat sangat menyukainya. Cuitannya bahkan dianggap mempresentasikan kebijakan kebijakannya di gedung putih.

Mengutip dari dari beberapa sumber,  terutama twitter,  saya mengikuti sepak terjang seorang presiden Amerika bernama Donald Trump. Saya menyimak kehebatan cuitannya yang dampaknya terkadang begitu mencemaskan bagi dunia. Betapa tidak, setelah dia "berkicau" ribuan media massa digital dan cetak segera mengutip "kicauan"nya itu dan setelah itu ditambahkan dengan berbagai prediksi perihal pasar keuangan dunia.

Bahkan, Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani mengatakan, Indonesia membutuhkan sistem perekonomian yang lebih kuat untuk menangkal gangguan dari eksternal kicauan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di akun Twitter pribadinya yang bisa mengacaukan kondisi perekonomian global.

Sri Mulyani tidak salah,  kicauan dari seorang presiden Amerika yang sangat hobi "berkicau" di twitter itu dijadikan barometer keselamatan oleh para investor dan para pelaku dunia usaha.

Kicauan rasialis

Dalam serangkaian cuitannya, Trump menyiratkan bahwa beberapa anggota kongres perempuan  tidak dilahirkan di AS. Trump juga secara sarkastik menyarankan mereka kembali ke tempat mereka berasal untuk membantu memperbaiki tempat-tempat yang rusak serta dipenuhi kejahatan.

Tentu saja cuitan diatas telah mendapatkan reaksi keras misalnya dari perdana menteri Inggris May dan pemimpin Selandia baru Jacinda Arden. Faktanya para prempuan anggota kongres yang dia maksudkan itu lahir dan tumbuh besar di  Amerika hanya saja mereka adalah berasal dari kalangan kulit berwarna.

Trump juga pada cuitannya banyak menyudutkan agama dan ras tertentu walau pada akhirnya dia  mengklarisifikasinya sedikit dalam beberapa kali cuitan berikutnya.

Cuitan politik dan ekonomi.

Trump juga sangat suka bermain Twitter. Bahkan keputusan penting kenegaraan seringkali diumumkan melalui Twitter pribadinya @realDonaldTrump.

Alhasil, pasar sangat terpengaruh oleh cuitan beliau ini . Terkadang, keuntungan pasar keuangan turun tajam akibat cuitan Presiden Amerika Serikat ini.

Ya , cuitan Trump tidak terbantahkan lagi memang sangat mempengaruhi pasar, terutama ketika ia menge-tweet tentang kebijakan perdagangan dan kebijakan keuangan. Terutama ketika dalam tulisan Twitter Trump memuat kata "China", "miliar", dan "produk".

Biasanya cuitan tweet dari Trump akan mempengaruhi pasar di siang hari. Sekitar jam 14.00 siang waktu setempat.

Kicauan Trump pukul 03 .00 pagi juga lebih umum daripada kicauan 3:00 siang. Ini dapat menjadi gangguan bagi pasar suku bunga AS, karena kedalaman pasar semalam cenderung tipis.

Sejak Trump terpilih pada November 2016, dirinya rata-rata memiliki lebih dari 10 tweet per hari untuk 64 ribu pengikutnya. Sudah lebih dari 10.000 tweet diunggah sejak pelantikannya pada 2017.

Sementara itu, berdasarkan data Bank of America Merrill Lynch, pasar jatuh di saat Trump bermain terlalu banyak Twitter Selama tiga tahun menjadi Presiden, pasar telah jatuh dengan rata-rata 9 basis poin sejak karena kebiasaan Trump ini.

Saat Trump mengeluarkan 35 atau lebih cuitan dalam sehari, biasanya pasar akan berakhir dengan kejatuhan.

Tapi, jika dia kurang bermain di twitter, di bawah 5 kali sehari, makan pasar mencatat kenaikan 5 basis poin dalam sehari.

Kicauan politik dan Menyerang media

Kicauan politik Trump juga berpengaruh terhadap terjadinya perlombaan besar besaran pembuatan  senjata. Trump bahkan menarik diri dari perjanjian pembatasan persenjataan di dunia. Tindakannya ini memancing Russia dan Cina membuat dan mempercanggih persenjataan mereka. Dengan kata lain membuka pintu kepada perlombaan membuat senjata pembunuh massal. Sebaliknya Trump menuduh Cina dan Russialah yang telah melanggar perjanjian pembatasan dan pemusnahan senjata pembunuh massal tersebut.

Kalau sudah bicara soal perlombaan senjata pemusnah masal ini benar benar mengerikan, jika dipundak sebuah negara adi daya seharusnya menjaga dan memastikan keselamatan dunia,  Trump bahkan menarik Amerika keluar dari perjanjian iklim dunia.

Lagi lagi melalui cuitannya di Twitter Trump juga bahkan menuding 5 media besar Amerika seperti New York Times, NBC Times, ABC, CBS dan CNN sebagai musuh rakyat Amerika dia menyebut mereka sebagai penyeber berita palsu dan menghimbau orang Amerika agar tidak membaca mereka lagi. Dia bahkan menambahkan bahwa dia telah mewarisi pemerintahan yang kacau dari presiden pendahulunya dan sedang membenahi kekacauan tersebut.

“The FAKE NEWS media (failing @nytimes, @NBCNews, @ABC, @CBS, @CNN) is not my enemy, it is the enemy of the American People!” kicau Trump.

www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist