September 15, 2019

CARA MUDAH BLOGGING DAN MENJADI PENULIS PRODUKTIF HANYA DENGAN MENGGUNAKAN TABLET ANDROID

Setiap hari kita menggunakan hape android, dan juga sebagian kita memiliki tablet android. Kalian juga pasti sudah menyadari jika sistem operasi Android sudah begitu powerful, tidak tanggung tanggung Juragan Microsoft yakni Bill Gates sendiri pernah menyesal karena telah membiarkan sistem operasi Android tumbuh menjadi besar dan semakin besar dari waktu ke waktu dan harus di akui, kini sistem Android menjadi sebuah legenda bahkan mengalahkan sistem windows Microsoft dalam beberapa hal.
adel
adel
Saking cepat dan kuatnya berkembang sistem operasi ini kemudian mampu menjalankan berbagai aplikasi yang dulunya hanya bisa berjalan pada sistem windows di laptop dan desktop bersistem operasi windows miliknya Bill Gates. Sekarang keadaannya benar benar terbalik, Android bahkan dalam beberapa hal memiliki keunggulan dari segi mobilitas, sementara kemampuan produktivitasnya semakin mumpuni saja.

Baca juga tulisan kami pada tahun 2013 melalui wordpress:
4 CARA MUDAH NGEBLOG MELALUI TABLET ANDROID

Zaman semakin mobile
Melihat perkembangan ini sekarang bisa di ibaratkan zaman mesin ketik besi dan berat telah berakhir dan zaman ngeblog pake desktop dan laptop juga sudah mulai di tinggalkan. Dan, dengan bermodalkan sebuah tablet atau ponsel pintar standar saja seharusnya anda sudah bisa menjadi seorang blogger sekaligus penulis yang produktif.

Zaman mobile dan semakin mobile sedang menuju perkembangan pesat dan tidak mungkin dihindarkan lagi. Implikasinya juga bukan hanya sampai disana, di Amerika misalnya akibat perangkat mobile terutama ponsel, koran Washington Post Express terpaksa gulung tikar. Bahkan pada edisi terakhirnya mereka menegaskan bahwa mereka adalah korban pembunuhan. Siapa pembunuhnya? Telpon pintar alias smartphone!

Sampai sampai mereka mengekspressikan kekecewaan mereka melalui edisi penerbitan terakhir sebelum "mati" nya The Washington Post" dengan tulisan: "Pergi sana makan telpon busukmu". Padahal koran Washington Post Express sebelumnya di masa lampau adalah koran beroplah sangat besar dan di baca orang di dalam kereta kereta pagi dan sore. Begitulah jika zaman telah datang menggilas.

Nah buat ngeblog baru baru ini Google melalui blogger memperkenalkan fitur mobile yang dapat berjalan terutama pada browser chrome atau browser browser utama yang lebih modern pada umumnya, masuk saja ke chrome sekarang melalui hape kalian akan segera melihat perbedaannya. Perubahan pada fitur ini juga menyiratkan bahwa Google akan lebih mengutamakan dan memberikan arti penting blogging via mobile.
anissa
anissa 
CARA BLOGGING MENGGUNAKAN TABLET
Jika anda selama ini terbiasa blogging menggunakan hape, maka blogging menggunakan tablet rasanya tidak menemukan kendala, karena:
  • Sistemnya sama, yakni Android
  • Layarnya bahkan lebih lebar dan serasa ngeblog via laptop
  • Sistem Android ke 10 memberikan fitur akses dekstop ke browser terutama chrome via tablet dan hape android menjadikannya lebih cepat dan kuat daripada sebelumnya.
Kelebihan ngeblog melalui tablet:
  • Lebih mobile, tablet lebih tipis dan lebih mudah di bawa bawa kemana mana daripada laptop.
  • Sistemnya yang android bekerja lebih alami terhadap browser mobile chrome (Ini karena baik Android maupun Chrome dibuat langsung oleh Google) jika dibanding Chrome harus bejalan pada sistem operasi lain seperti Windows dan iOS.
  • Layarnya lebih besar daripada hape walaupun lebih kecil jika dibanding laptop, membuatnya lebih nyaman digunakan di ruangan yang lebih kecil, misalnya didalam kenderaan.
  • Mudah mengetik melalui layar dan jika sewaktu waktu ingin menggunakan keyboard dan mouse bluetooth, kalian tetap bisa melakukankannya di ruang terbatas.
Aseories tambahan yang di rekomendasikan:
  • Papan ketik bluetooth. Atau bluetooth keyboard yang dapat dengan mudah di pairing atau disambungkan ke tablet. Keyboard bluetooth ini sudah banyak terdapat di pasaran dan telah di jual dengan harga murah. 
  • Yang paling popular adalah keyboard logitech. Saya telah memakai keyboard model ini selama bertahun tahun tanpa kendala. Batterynya juga sangat irit, begitu sering dipergunakan tetap dapat bertahan hingga 3 bulan lebih.
    logitech bluetooth keyboard
  • Mouse bluetooth. Juga telah banyak dijual seharga 300 ribuan. Mouse ini sangat berguna terutama ketika anda mendesain template blogger. Gunanya adalah untuk mendrag widget atau gagdet gadet blogger.
    mouse bluetooth logitech
    Mouse bluetooth logitech
Caranya mudah saja:
  1. Letakan Tablet Android kalian diatas meja belajar atau meja kafe atau meja lainnya tempat kalian biasa duduk.
  2. Hidupkan dan pairingkan keyboard bluetooth ke tablet, sekali papan ketik bluetooth tersambung pada pengoperasian tablet berikutnya buat digunakan ngeblog atau belajar, tablet dan bluetooth keyboard akan tersambung secara otomatis, apalagi sistem bluetooth sekarang sudah versi 3 keatas.
  3. Jika menggunakan mouse lakukan hal yang sama yakni hidupkan dan pairingkan (sambungkan) perangkat tablet dan mouse bluetooth terlebih dahulu, sekali perangkat tersambung maka untuk penggoperasian berikutnya akan tersambung secara otomatis.
  4. Duduklah dengan benar karena untuk menjaga kesehatan perlu membiasakan sikap duduk yang benar dan ergonomic, lakukan pengetikan dengan sepuluh jari, jika belum pernah mengetik sepuluh jari latihlah melalui pelatihan online yang dapat kalian akses melalui internet atau bahkan youtube.
  5. Jangan lupa jarak mata ke layar dijaga juga sebatas 30cm dari layar.
  6. Gunakan tablet sekaligus buat mengambil gambar, mengedit gambar dll (contoh gambar diatas menggunakan perangkat android ini)
  7. Setiap kali selesai menulis di blog jangan lupa matikan keyboard dan mouse bluetooth untuk menghemat battery. Daya tahan battery pada kedua perangkat ini biasanya mampu bertahan hingga 6 bulan pemakaian.
Sekali lagi zaman sudah mobile, buktinya:
  • Google mengkampanyekan blogger AMP yang ditujukan untuk mencapai kecepatan internet mobile pada halaman web.
  • Google juga telah menambahkan fitur mobile pada dasbor pengaturan blogger yang membuat setiap orang dengan mudah ngeblog atau blogging menggunakan perangkat mobile seperti hape/smartphone, tablet android dan iPad.
  • Penjualan laptop standar di dunia mau diakui atau tidak telah mengalami penurunan drastis.
  • Bisnis online mobile telah meningkat tajam dari waktu ke waktu. Pasar mobile (buat cari uang) lebih menjanjikan ketimbang pasar laptop. Di tengarai 80% orang mengakses internet via hape atau smartphone ketimbang menggunakan laptop. Jadi bayangkan kalau kalian tidak tahu bagaimana tampilan blog atau halaman web kalian jika dilihat melalui hape. Halaman harus responsif.
Tidak usah muluk muluk buat cari duit melalui adsense adapun keuntungan blogging bagi remaja diantaranya:
  • Melatih kemampuan berkomunikasi melalui tulisan atau dunia tulis menulis. Bayangkan zaman dulu sudah sekali para orang tua kita yang memiliki minat menjadi penulis, harus cari mesin ketik besar dan berat, lalu mengetik melalui kertas folio, menghapus kesalahan ketik dengan tip ex, dan setelah menjadi naskah atau artikel harus kirim via pos pakai amplop dan perangko ke majalah atau penerbit. Sekarang kita sudah punya hape, tablet dan laptop, dan ada situs seperti blogger ini, jadi tunggu apa lagi?
  • Menambah ilmu pengetahuan, mempertajam nalar, memperluas wawasan. Menulis akan membawa kita menjadi lebih cepat dewasa. Bukankah ketimbang hanya bermain game, kalian malah dapat memanfaatkan gadget untuk tujuan yang lebih positif, melatih diri menjadi penulis dan menuntut ilmu melalui web?
  • Berpotensi jadi jagoan koding. Saya tidak mengatakan setiap orang berminat terhadap ilmu yang satu ini. Namun jika kalian dapat menguasainya, pengatahuan koding akan sangat berguna bagi masa depan kalian dalam menyambut dunia modern dimana teknologi sudah sedemikian majunya. 
  • Saya tidak pernah mengenal ilmu ini di bangku sekolah, namun pada akhirnya saya mengenalnya melalui halaman web seperti w3scool, codepen, dll. Dan template blog yang sedang saya pergunakan sekarang membuatnya hanya menggunakan tablet lho. 
  • Berbagi ilmu. Nah melaui blogging kalian akan memiliki kesempatan membagikan ilmu atau penemuan kalian sendiri mulai dari halaman blog pribadi terlebih dahulu. Kelak jika kalian telah merasa memiliki cukup bekal pengatahuan kalian bisa melangkah lebih maju lagi.
  • Sangatlah mungkin kalian akan mendapatkan penghasilan melalui blogging, kalian akan mengetahuinya setelah kalian memulainya.
Pada awalnya mungkin anda merasa aneh karena tidak terbiasa, akan tetapi sekali hal tersebut telah menjadi kebiasaan, anda akan melupakan laptop selamanya.

Ayo berkarya!

www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

9 comments:

  1. Ini bukan yang tampilan blogger di browser, ya? Apa perlu install aplikasi dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dimaksud tampilan baru adalah pada dasbor atau pengaturan blogger.

      Coba masuk saja ke pengaturan blogger

      Delete
  2. Nah, iya, pake keyboard tambahan kayak begini yang bikin nyaman. Soalnya kalo lewat keyboard di layar suka salah pencet. Jari saya kegedean hihi

    ReplyDelete
  3. Jadi kami dijadiin model ilustrasi.. 😯

    ReplyDelete
  4. Itu orang dua yang lagi ngeblok cantik banget.

    ReplyDelete
  5. SITEMAP nya salah https://www.editblogtema.net/robots.txt

    ReplyDelete
  6. Jadi begini kalau sering gonta gonti template. Karena semua template adalah buatan saya sendiri, sitemapnya selalu saya pasang demikian supaya nanti orang lain yang masih baru ngeblgo pasang bisa belajar merobahnya sendiri

    Sangat berterimakasih karena telah mengingatkan!

    ReplyDelete
  7. Pengunjung blog saya, hampir 80 persen menggunakan alat mobile.
    Saya sudah terbiasa dengan PC, menggunakan laptop saja saya terasa kurang leluasa dan tangan kekuk banget.
    apalagi dengan handphone, lebih sulit lagi.
    Tapi ada rencana untuk membiasakan diri dengan perangkat mobile.

    ReplyDelete