September 25, 2019

Daripada menghapus kredit Blogger, Inilah dia cara merobah ikon Powered by Blogger menjadi warna warni

Powered by Blogger
ilustration respect to the copyright
Sebaiknya jangan mencopot ikon Powered by Blogger untuk menghormati hak cipta.
Sekalipun Template anda buat dari nol, namun dia berjalan pada platform blogger milik Google, tanpa platform itu anda tidak mungkin menjalankan template blog. Boro boro bisa dipakai buat ngeblog.

Baca juga:

Cara tepat menyembunyikan Powered By Blogger tanpa menambah kode

Powered by Blogger menggunakan ikon, ikon yang dipergunakannya adalah tipe SVG, sebenarnya banyak jenis jenis ikon yang bisa kita pergunakan, misalnya yang paling populer adalah ikon font awsome, namun jika memilih menggunakan font awsome kita harus memasang script link eksternal ke dalam template blogger kita. Hal ini akan membebani loading atau kecepatan halaman blog saat dijalankan di internet.

Nah itulah sebabnya mengapa blogger secara default tidak menggunakan font awsome yang cantik dan memiliki banyak ikon tersebut. Blogger secara default menggunakan SVG yang jauh lebih ringan, dapat berjalan pada semua browser utama. Di buat dengan material berbeda namun begitu familiar pada hampir setiap browser modern pada saat ini.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi trik mewarnai ikon powered by blogger dengan warna apa saja yang anda suka. Dapat di terapkan pada empat template terbaru: Contempo, Soho, Emporio dan Notable, inilah caranya:
  • Masuk ke setting atau dasbor blogger
  • Pilih Tema atau theme
  • Pilih edit HTML 
Atau kalau pada setting dasbor blogger mobile jika anda menggunakan layar laptop atau tablet yang lebih kecil: masuk ke dasbor atau pengaturan blogger klik tema, lalu pada sebelah kanan tampilan tema ada tiga titik susun tiga klik dan pilih edit HTML
dasbor blogger baru yang mobile friendly
tampilan dasbor bloger mobile friendly

Dengan menekan CTRL+F pada keyboard,  cari kode berikut di dalam halaman editor HTML blogger:
.widget.Attribution svg{
Maka anda akan mendapatkan kode default sebagai berikut:
.widget.Attribution svg{
fill:$(attribution.icon.color)}
Robah kode yang saya sorot warna kuning menjadi:
.widget.Attribution svg{
fill:red}
Baca juga:
BOLEH APA TIDAK 3 FITUR BLOGGER INI DI HAPUS???

Tentu saja anda bisa merobahnya sesuai dengan latar belakang footer anda, jika anda menetapkan warna latar footer hitam maka ganti tulisan menjadi : white, yellow, blue dst sesuai selera anda atau disesuaikan dengan background warna latar bagian footer halaman blog anda.
www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

1 comment: