CARA MENGOPTIMALKAN GAMBAR AGAR CEPAT DIBACA OLEH MESIN PENELUSUR

adelina dan sasa
Copyright image property by: Adelina Sufyan
Mesin pencari tidak dapat membaca gambar, sampai saat ini ia hanya membaca TEXT. Sekali lagi hanya membaca TEXT. Tetapi pada fakta-nya Blog yang di cari dan terbantu naik ke ranking atas adalah blog dengan gambar yang memiliki format yang "benar". Oh no, semua blogger sudah benar, mereka menambahkan gambar pada blog mereka dan gambar itu telah membantu memberikan penjelasan tujuan daripada isi konten mereka.

Misal jika mereka menulis tentang beternak ayam, tentu mereka akan melengkapi tulisan mereka dengan gambar ayam. Jika blog mereka bercerita perihal otomotif dan mobil, tentu mereka akan menyertakan gambar mobil. Begitu alami dan masuk akal, lalu apalagi yang kurang?

Benar, itu memang sudah benar untuk pembaca manusia, namun belum cukup optimal di mata mesin pencari, mengapa? Karena jika hanya gambar, mesin pencari sampai saat ini belum bisa membaca gambar, jadi agar gambar menjadi optimal dan dan TERBACA DENGAN JELAS oleh mesin pencari untuk membantu konten anda menjadi lebih cepat terindex oleh Google dan naik ke peringkat yang lebih baik, anda harus mengikuti langkah berikut terhadap gambar blog sebelum menerbitkan konten ke hadapan khalayak:

Cara memberi Judul dan ALT Gambar:
Begini cara memberikan tag dan judul (caption) pada gambar:
  • Masuk ke dasbor blogger
  • Buat atau compose satu postingan
  • Masukan gambar dengan cara biasa. 
  • Selanjutnya ikuti penjelasan bergambar di bawah ini:
contoh 1
1 Klik persis di tengah gambar menggunakan mouse atau jari kalau layar sentuh akan muncul pilihan di bawah seperti : small, Medium, Large, X-Large, Original size, left, center, Right, Add Caption, Properties, dan Remove. Pilih Properties
contoh2
2 Setelah Properties dipilih akan muncul dua kotak dialog dengan dua kolom isi bagian atas dengan judul gambar, contoh diatas judul gambar adalah "gambar anissa', dan bagian bawah dengan text ALT "anissa photograph" dan tekan OK
contoh 3
3 Anda juga bisa menambahkan "Caption" dengan mengklik pilihan Caption untuk memberikan penjelasan tangkapan gambar misal: Hak cipta gambar: Google.

Cara diatas efektip untuk membantu mesin pencari mengenali image atau gambar dan mengangkutnya ke halaman utama web. Namun memang sebaiknya Text ALT berisi penjelasan spesifik, misalnya bukan hanya "anissa photograph" tapi mungkin: "Anissa yang hobby jepret photo pakai kamera saku" dsb. Sedangkan caption gambar hanyalah opsi tambahan.

Silahkan juga baca:

1000 konten akan membuat blog menjadi lebih abadi

Memberi nama dan gambar 
Ini sebaiknya dilakukan sebelum gambar di upload ke blog: Edit gambar, pada hape android ada beberapa aplikasi pengedit gambar yang dapat me-rename atau mengubah nama file gambar sekaligus menambahkan gambar ke dalam wilayah tertentu. Lalu save gambar.

Dengan mengolah gambar sedemikian rupa akan memudahkan mesin penelusur dalam menemukan gambar tersebut, terutama tag wilayah pada gambar sangat familiar pada mesin pencari.

Ukuran dan dimensi gambar
Gambar juga harus ditentukan ukurannya, misal 730x45. Dengan ukuran yang telah ditentukan mesin pencari dapat memutuskan untuk memprioritaskan sebuah gambar secara matimatis dan menyuguhkannya kehadapan halaman web agar sampai ke hadapan pembaca. Ukuran gambar yang baik biasanya adalah tidak terlalu besar, namun tidak terlalu kecil.

ukuran gambar terlalu besar akan mengorbankan loading atau kecepatan halaman blog, blog yang lambat akan mengorbankan SEO, tanpa SEO blog akan terlihat "ugly" alias jelek di mata mesin pencari. Lho kok bisa? Ya jelas dong karena secara matimatis mesin penelusur amat pintar mengukur kecepatan, kurang seperdelapan detik saja kecepatan loading terbaca sangat jelas oleh mesin penelusur, begitu terbaca oleh algoritma pengukur kecepatan, halaman blog anda akan di keluarkan dari prioritas mesin pencari, ia akan segera mengutamakan halaman yang lebih cepat.

Sebaliknya ukuran gambar yang terlalu kecil akan membuat gambar jadi blur dan tidak detail. Tampilan gambar blur akan di cap oleh pengunjung manusia (bukan mesin pencari sebagai gambar yang jelek dan akibatnya menurunkan performa blog di mata manusia yang membacanya,  Jika manusia tiba tiba berhenti membaca, mesin pencari akan mencatat lama kunjungan tersebut. Misalnya tidak sampai satu menit. Atau tidak jadi membaca konten yang telah anda buat akibat tampilannya yang tidak menarik, maka mesin pencari akan memasukannya sebagai efek bounching, atau efek pentalan layaknya sebuah halaman yang lambat.

Jadi jelaslah gambar dengan ukuran kecil akan mengorbankan penampilan ilustrasi konten akan membunuh pengoptimalan sebuah halaman dan konten blog itu sendiri di mata manusia dan pada akhirnya membuat mesin penelusur "menyadari" bahwa ada yang tidak optimal pada gambar ilustrasi tersebut.

Saya biasanya menggunakan gambar dengan ukuran file di bawah 100kb, biasanya berkisar mulai dari 30 sampai 90kb. Tetapi itu hanya penggunaan saya secara subjektif.

Format gambar
Anda bisa memilih format JPEG, PNG, namun jika bisa jangan menggunakan format gift yang besar. Sementara format gambar yang di anjurkan untuk blogger (kecuali blog AMP) adalah format WEBP yang di tengarai bisa mengurangi ukuran gambar hingga 20% tanpa harus mengorbankan kualitas gambar.

Anda bisa mengconvert gambar melalui hape Android misal dari JPEG menjadi WEBP menggunakan aplikasi pengolah gambar di hape Android. Sayangnya walaupun format gambar WEBP sangat di anjurkan oleh Google, namun belum bisa di terapkan ke dalam blog AMP begitu saja dengan mudah.

Karena Google sendiri memang menganjurkan dan memprioritaskan format gambar tertentu, mereka juga "mengajarkan" kepada mesin pencari untuk "mengendusnya" jadi jika gambar yang anda pergunakan adalah format WEBP maka tidak pelak lagi gambar tersebut akan di dahulukan oleh mesin pencari untuk "diangkut" terlebih dahulu ke hadapan pembaca. Sebenarnya sangat masuk akan melengkapi sebuah format gambar dengan "code-text" tertentu agar menarik perhatian mesin penelusur, dan format WEBP adalah format gambar terbaru dan nyaris memiliki kelebihan tersebut.

Penutup: Penting! Pencarian gambar terus meningkat!
Terakhir, kita mungkin harus tahu walaupun jika misalnya memang mesin pencari belum bisa membaca gambar,  namun mata manusia sangat mengerti detail gambar secara visual. Baik atau buruknya tampilan ilustrasi sebuah konten atau artikel yang di terbitkan, akan mempengaruhi manusia secara visual dan secara psikologis manusia adalah mesin biologis yang rumit.

Dan faktor manusa adalah prioritas paling atas bagi Google, bukan faktor mesin pencari! Karena apa? karena target bisnis tidak akan menghasilkan pembeli tanpa manusia tulen. Misalnya jika blog anda memasang adsense dan telah menayangkannya, kunjungan mesin (mansia palsu) yang terlalu sering hanya akan membuat blog anda dimasukan ke dalam blacklist dan calon di banned. Kunjungan dan apalagi klik dari bot bot mesin tidak akan dibayar alias tidak akan menghasilkan duit. Yang menghasilkan uang itu adalah kunjungan manusia mansuka tulen! Ingat Google tahu apa yang anda lakukan cepat atau lambat semuanya akan membayar harganya.

Sebelumnya hanya prilaku dan perlakuan manusia terhadap halaman web yang mereka kunjungi akan terbaca oleh mesin pencari. Jika perlakuan mereka positif, maka mesin pencari akan "merekamnya" dan akan ikut mengistimewakan halaman blog anda. Jika sebaliknya maka algoritma mesin pencari akan melakukan tugas yang telah do programkan kepada mereka oleh Google.

Namun pada masa sekarang terdapat trend,  peningkatan pencarian visual gambar pada mesin penelusur hingga 40% dari total pencarian, artinya bukan konten yang menarik perhatian, gambar juga memiliki andil yang sangat besar dalam menaikan trafik sebuah halaman web. Pada contoh kasus yang saya cobakan adalah berbagi konten melalui medsos Facebook dan Pinterest.

Artikel saya tidak memiliki kata kunci yang bagus samasekali akan tetapi ketika saya mengetikan salah satu penggelan judulnya di kolom mesin telusur, artikel saya muncul pada ranking teratas melalui pinterest! Pinterest adalah gambar! Saya membaca ALT gambar yang saya bubuhkan ke gambar tersebut telah menjadi "keyword" bagi mesin penelusur dalam menemukan dan memprioritaskan gambar ilustrasi salah satu artikel atau konten saya. Akibatnya jika orang mengklik gambar tersebut akan di bawa kepada artikle blog saya sebagai sumbernya. Menarik bukan?

www.editblogtema.net


Comments

  1. Saya melakukan hal semua diatas. Dan hasilnya lumayan bagus di mesin pencari.
    Tapi kadang kalau soal ukuran gambar , saya buat apa adanya sesuai hasil jepretan photo. Dan teras banget emang saat loading. Berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. optimalisasi gambar dapat dilakukan melalui aplikasi pengolah gambar via handphone atau tablet atau iPad

      Delete
  2. okey saya akan cuba selepas ini. thanks 4 sharing

    ReplyDelete
  3. Thanks! Dapat info baru lagi ni.

    ReplyDelete
  4. thank you for visiting my place friend!

    i liked your blog as it has so much interesting to share
    let me say that please put translator so people like me can read your beautiful posts
    blessings!

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya.

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Komentar yang kami hapus dan masih menyisakan profile komentatornya bukan komentar kritik, kami tidak anti kritik samasekali. Tapi komentar yang menyertakan link aktif. Karena saran kritik dan bahkan celaan untuk blog dengan niche seperti ini amatlah penting untuk di jadikan alat koreksi. Terimakasih!

pilih pola label berikut:

Show more