Skip to main content

CARA MENGOPTIMALKAN GAMBAR AGAR CEPAT DIBACA OLEH MESIN PENELUSUR

adel dan sasa
adel dan sasa
Mesin pencari tidak dapat membaca gambar, sampai saat ini ia hanya membaca TEXT. Sekali lagi hanya membaca TEXT. Tetapi pada fakta-nya Blog yang di cari dan terbantu naik ke ranking atas adalah blog dengan gambar yang memiliki format yang "benar". Oh no, semua blogger sudah benar, mereka menambahkan gambar pada blog mereka dan gambar itu telah membantu memberikan penjelasan tujuan daripada isi konten mereka.

Misal jika mereka menulis tentang beternak ayam, tentu mereka akan melengkapi tulisan mereka dengan gambar ayam. Jika blog mereka bercerita perihal otomotif dan mobil, tentu mereka akan menyertakan gambar mobil. Begitu alami dan masuk akal, lalu apalagi yang kurang?

Benar, itu memang sudah benar untuk pembaca manusia, namun belum cukup optimal di mata mesin pencari, mengapa? Karena jika hanya gambar, mesin pencari sampai saat ini belum bisa membaca gambar, jadi agar gambar menjadi optimal dan dan TERBACA DENGAN JELAS oleh mesin pencari untuk membantu konten anda menjadi lebih cepat terindex oleh Google dan naik ke peringkat yang lebih baik, anda harus mengikuti langkah berikut terhadap gambar blog sebelum menerbitkan konten ke hadapan khalayak:

Cara memberi Judul dan ALT Gambar:
Begini cara memberikan tag dan judul (caption) pada gambar:
  • Masuk ke dasbor blogger
  • Buat atau compose satu postingan
  • Masukan gambar dengan cara biasa. 
  • Selanjutnya ikuti penjelasan bergambar di bawah ini:
ilustrasi1
gambar anissa 1
1 Klik persis di tengah gambar menggunakan mouse atau jari kalau layar sentuh akan muncul pilihan di bawah seperti : small, Medium, Large, X-Large, Original size, left, center, Right, Add Caption, Properties, dan Remove. Pilih Properties
ilustrasi2
gambar anissa 2
2 Setelah Properties dipilih akan muncul dua kotak dialog dengan dua kolom isi bagian atas dengan judul gambar, contoh diatas judul gambar adalah "gambar anissa', dan bagian bawah dengan text ALT "anissa photograph" dan tekan OK
ilustrasi3
gambar anissa 3
3 Anda juga bisa menambahkan "Caption" dengan mengklik pilihan Caption untuk memberikan penjelasan tangkapan gambar misal: Hak cipta gambar: Google.
Cara diatas efektip untuk membantu mesin pencari mengenali image atau gambar dan mengangkutnya ke halaman utama web. Namun memang sebaiknya Text ALT berisi penjelasan spesifik, misalnya bukan hanya "anissa photograph" tapi mungkin: "Anissa yang hobby jepret photo pakai kamera saku" dsb. Sedangkan caption gambar hanyalah opsi tambahan.

Silahkan juga baca:

1000 konten akan membuat blog menjadi lebih abadi

Memberi nama dan gambar 
Ini sebaiknya dilakukan sebelum gambar di upload ke blog: Edit gambar, pada hape android ada beberapa aplikasi pengedit gambar yang dapat me-rename atau mengubah nama file gambar sekaligus menambahkan gambar ke dalam wilayah tertentu. Lalu save gambar.

Dengan mengolah gambar sedemikian rupa akan memudahkan mesin penelusur dalam menemukan gambar tersebut, terutama tag wilayah pada gambar sangat familiar pada mesin pencari.

Ukuran dan dimensi gambar
Gambar juga harus ditentukan ukurannya, misal 730x45. Dengan ukuran yang telah ditentukan mesin pencari dapat memutuskan untuk memprioritaskan sebuah gambar secara matimatis dan menyuguhkannya kehadapan halaman web agar sampai ke hadapan pembaca. Ukuran gambar yang baik biasanya adalah tidak terlalu besar, namun tidak terlalu kecil.

ukuran gambar terlalu besar akan mengorbankan loading atau kecepatan halaman blog, blog yang lambat akan mengorbankan SEO, tanpa SEO blog akan terlihat "ugly" alias jelek di mata mesin pencari. Lho kok bisa? Ya jelas dong karena secara matimatis mesin penelusur amat pintar mengukur kecepatan, kurang seperdelapan detik saja kecepatan loading terbaca sangat jelas oleh mesin penelusur, begitu terbaca oleh algoritma pengukur kecepatan, halaman blog anda akan di keluarkan dari prioritas mesin pencari, ia akan segera mengutamakan halaman yang lebih cepat.

Sebaliknya ukuran gambar yang terlalu kecil akan membuat gambar jadi blur dan tidak detail. Tampilan gambar blur akan di cap oleh pengunjung manusia (bukan mesin pencari sebagai gambar yang jelek dan akibatnya menurunkan performa blog di mata manusia yang membacanya,  Jika manusia tiba tiba berhenti membaca, mesin pencari akan mencatat lama kunjungan tersebut. Misalnya tidak sampai satu menit. Atau tidak jadi membaca konten yang telah anda buat akibat tampilannya yang tidak menarik, maka mesin pencari akan memasukannya sebagai efek bounching, atau efek pentalan layaknya sebuah halaman yang lambat.

Jadi jelaslah gambar dengan ukuran kecil akan mengorbankan penampilan ilustrasi konten akan membunuh pengoptimalan sebuah halaman dan konten blog itu sendiri di mata manusia dan pada akhirnya membuat mesin penelusur "menyadari" bahwa ada yang tidak optimal pada gambar ilustrasi tersebut.

Saya biasanya menggunakan gambar dengan ukuran file di bawah 100kb, biasanya berkisar mulai dari 30 sampai 90kb. Tetapi itu hanya penggunaan saya secara subjektif.

Format gambar
Anda bisa memilih format JPEG, PNG, namun jika bisa jangan menggunakan format gift yang besar. Sementara format gambar yang di anjurkan untuk blogger (kecuali blog AMP) adalah format WEBP yang di tengarai bisa mengurangi ukuran gambar hingga 20% tanpa harus mengorbankan kualitas gambar.

Anda bisa mengconvert gambar melalui hape Android misal dari JPEG menjadi WEBP menggunakan aplikasi pengolah gambar di hape Android. Sayangnya walaupun format gambar WEBP sangat di anjurkan oleh Google, namun belum bisa di terapkan ke dalam blog AMP begitu saja dengan mudah.

Karena Google sendiri memang menganjurkan dan memprioritaskan format gambar tertentu, mereka juga "mengajarkan" kepada mesin pencari untuk "mengendusnya" jadi jika gambar yang anda pergunakan adalah format WEBP maka tidak pelak lagi gambar tersebut akan di dahulukan oleh mesin pencari untuk "diangkut" terlebih dahulu ke hadapan pembaca. Sebenarnya sangat masuk akan melengkapi sebuah format gambar dengan "code-text" tertentu agar menarik perhatian mesin penelusur, dan format WEBP adalah format gambar terbaru dan nyaris memiliki kelebihan tersebut.

Penutup: Penting! Pencarian gambar terus meningkat!
Terakhir, kita mungkin harus tahu walaupun jika misalnya memang mesin pencari belum bisa membaca gambar,  namun mata manusia sangat mengerti detail gambar secara visual. Baik atau buruknya tampilan ilustrasi sebuah konten atau artikel yang di terbitkan, akan mempengaruhi manusia secara visual dan secara psikologis manusia adalah mesin biologis yang rumit.

Dan faktor manusa adalah prioritas paling atas bagi Google, bukan faktor mesin pencari! Karena apa? karena target bisnis tidak akan menghasilkan pembeli tanpa manusia tulen. Misalnya jika blog anda memasang adsense dan telah menayangkannya, kunjungan mesin (mansia palsu) yang terlalu sering hanya akan membuat blog anda dimasukan ke dalam blacklist dan calon di banned. Kunjungan dan apalagi klik dari bot bot mesin tidak akan dibayar alias tidak akan menghasilkan duit. Yang menghasilkan uang itu adalah kunjungan manusia mansuka tulen! Ingat Google tahu apa yang anda lakukan cepat atau lambat semuanya akan membayar harganya.

Sebelumnya hanya prilaku dan perlakuan manusia terhadap halaman web yang mereka kunjungi akan terbaca oleh mesin pencari. Jika perlakuan mereka positif, maka mesin pencari akan "merekamnya" dan akan ikut mengistimewakan halaman blog anda. Jika sebaliknya maka algoritma mesin pencari akan melakukan tugas yang telah do programkan kepada mereka oleh Google.

Namun pada masa sekarang terdapat trend,  peningkatan pencarian visual gambar pada mesin penelusur hingga 40% dari total pencarian, artinya bukan konten yang menarik perhatian, gambar juga memiliki andil yang sangat besar dalam menaikan trafik sebuah halaman web. Pada contoh kasus yang saya cobakan adalah berbagi konten melalui medsos Facebook dan Pinterest.

Artikel saya tidak memiliki kata kunci yang bagus samasekali akan tetapi ketika saya mengetikan salah satu penggelan judulnya di kolom mesin telusur, artikel saya muncul pada ranking teratas melalui pinterest! Pinterest adalah gambar! Saya membaca ALT gambar yang saya bubuhkan ke gambar tersebut telah menjadi "keyword" bagi mesin penelusur dalam menemukan dan memprioritaskan gambar ilustrasi salah satu artikel atau konten saya. Akibatnya jika orang mengklik gambar tersebut akan di bawa kepada artikle blog saya sebagai sumbernya. Menarik bukan?

www.editblogtema.net

Mungkin Anda Suka:

Comments

  1. Saya melakukan hal semua diatas. Dan hasilnya lumayan bagus di mesin pencari.
    Tapi kadang kalau soal ukuran gambar , saya buat apa adanya sesuai hasil jepretan photo. Dan teras banget emang saat loading. Berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. optimalisasi gambar dapat dilakukan melalui aplikasi pengolah gambar via handphone atau tablet atau iPad

      Delete
  2. okey saya akan cuba selepas ini. thanks 4 sharing

    ReplyDelete
  3. Thanks! Dapat info baru lagi ni.

    ReplyDelete
  4. thank you for visiting my place friend!

    i liked your blog as it has so much interesting to share
    let me say that please put translator so people like me can read your beautiful posts
    blessings!

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya untuk memudahkan kami menganalisa dan troubleshooting agar kami dapat membantu atau membantu memecahkan masalah seputar kode kode HTML, CSS dan JS template blog kalian

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Bagaimanapun pertanyaan, kritik, saran dan masukan dari kalianlah yang membuat blog ini tetap bertahan dan ada.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

CARA MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah karena terdapat problem yang muncul setelah template di buat dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal sudah di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki.

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tesebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list tadi hanya menampilkan tulisa…

ANDA PANASARAN, APAKAH IMUWAN PERCAYA KEPADA TUHAN?

Pertanyaan yang paling menggelitik para penganut agama perihal apakah ilmuwan percaya agama dan bagaimana cara mereka memandang penciptaan alam semesta diantaranya adalah:
Apakah Einstein percaya doaApakah Ilmuwan percaya akan keberadaan TuhanBagaimana dia memandang penciptaan Alam Semesta?Beda, beda banget dengan kita. Sebagian besar faktanya tercermin dari hasil penelitian ilmiah yang mereka presentasikan di depan umum, sebagian lagi dari statemen dan jawaban jawaban yang telah di publikasikan pada saat ceramah  sesi ilmiah yang pernah di berikannya.
Kita sedang membicarakan empat orang Ilmuwan dan penemu hebat, ilmuwan paling beken sepanjang masa: Albert Einstein, Stephen Hawking, Thomas Edison dan Charles Darwin. Terlepas bagaimana para pemeluk Agama yang taat memandang mereka, tidak dapat di sangkal lagi, ide ide, teori teori dan penemuan mereka telah meraut bulat lonjongnya dunia yang sedang kita huni di Dunia sekarang ini. Sebagian besar hasil sumbangsih mereka bahkan ikut andi…

2 CARA KEREN MEMASANG NAVBAR MENU PADA TEMPLATE NOTABLE

Saya suka Notable, bergaya desain rockpool, template ini dinamis, kencang, aman dan stylish. Tetapi untuk membuatnya tampak beda (stylish) kalian harus berusaha merubah, mengedit dan menambah pada bagian CSS, HTML atau bahkan hingga menambahkan Javascript. Salah satu cara merombak tampilannya adalah dengan menambahkan navbar custom ke dalam template Notable. Dan jika kalian ingin template tersebut menjadi beda, tampak premium dan lebih bagus performa nya, maka kalian dapat mengikuti langkah langkah berikut:
1. Menambahkan navbar dengan drop down Silahkan pasang template notable ke blogger untuk percobaan kalian, lalu masuk ke bagian pengaturan dasbor blogger. Saya anggap kalian telah menggunakan tampilan dasbor terbaru blogger: Pilih temaKlik menu (tiga titik bersusun)Ketika muncul menu dropdown pilih: Edit HTMLPerhatikan gambar: Pada halaman editor HTML blogger cari kode </head> dan letakan saja kode CSS berikut tepat diatasnya: <style>
body {margin:0;font-family:Arial}
.topnav …

PANDUAN LENGKAP SEDERHANA MENGEDIT TEMPLATE EMPORIO

4 varianTemplate terbaru milik blogspot blogger memiliki banyak sekali kelebihan: Kemudahan mengedit dan memkustomisasi template, kaya dengan style dan warna. Cobalah! Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lai…

HAPPY EID MUBAROK SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI

Mengucapkan: Selamat Hari Raya IdulfitriHappy Eid Mubarak  Mohon Maaf lahir & Batin. Jika ada salah dan Silap baik yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja.


Insyaalah Kita semua akan melewati waktu tersulit di dalam kehidupan kita. Insyaalah Jika kita tidak berputus harapan kita akan jauh lebih sukses setela badai berlalu. karena cobaan hidup akan mendidik kita menadi lebih kuat, lebih bijak, lebih ber empati terhadap sesama makhluk hidup lainnya, bukan hanya terhadap sesama manusia.
Copyright © EDITBLOGTEMA. All rights reserved.