September 01, 2019

Ayo siapa yang berani uji kecepatan blog dengan TestMySite!


flash
flash
Yang mengaku halaman blognya sudah sangat cepat wajib ikuti test ini. Kalau pakai GTmetrix, atau Google PageSpeed mah itu biasa, tapi ini benar benar untuk menguji kecepatan mobile ketika halaman blog kita di akses melalui hape atau smartphone. Ayo mulai: Masuk saja melalui Link berikut:
thinkwithgoogle
thinkwithgoogle
thinkwithgoogle
Setelah situs dan tool tampil masukan saja alamat blog atau URL blog anda.
Kalau dapat score kecepatan 0,8 baru dinyatakan sempurna oleh Google! Untuk mencapai itu anda harus  melakukan:
  1. Hilangkan render kode yang memblokir sumber daya. Atur  penundaan pemuatan konten terutama gambar.
  2. Kurangi waktu eksekusi JavaScript.
  3. Menunda tampilan gambar yang tidak terlalu perlu atau tidak diinginkan
  4. Buat dan sajikan aset statis dengan kebijakan cache yang efisien
Malangnya apa yang kita anggap penting ternyata sangat signifikan menjegal kecepatan halaman blog, diantaranya:
  • Widget berbagi dari pihak ketiga, seperti addthis, addtoAny, dll
  • Font Awsome bootstrap untuk pemasangan icon agar blog terlihat cantik
  • Javascript
  • Terlalu banyak CSS style
  • Pemasangan iklan adsense, 
  • Gambar resolusi tinggi
  • video
  • Sampai sampai kita berfikir: Jadi apa lagi yang tersisa?
Silahkan cari dan kunjungi situs rekomendasi dari Google untuk mengetahui detailnya.
Nah sudah test? Dan lalu bagaimana hasilnya? Jangan kecewa walaupun pada test Google PageSpeed dan GTmetrix halaman anda bisa mencapai 100 disini ternyata slow ya...memang matode pengukurannya berbeda namun TestMySite atau thinkwithgoogle ini memang di khususkan untuk menguji kecepatan mobile pada saat halaman web di akses melalui ponsel.
Seperti yang telah kita fahami Google amat konsen pada kecepatan halaman web, kalau halaman web anda lambat anda akan mengalami akibat:
  1. Meningkatnya efek bounching. Pengunjung terpental dan tidak jadi mengakses halaman anda karena keasikan menunggu he he he...terbukti 98% pada saat dilakukan survey web oleh para pelaku service dan Jasa web.
  2. Memakan sumber daya: Termasuk battery, quota internet. Dari sisi anda sendiri walau tidak terlalu terasa karena hal ini terjadi: Anda dapat memasukan data dengan normal, tetapi ketika pengunjung mengakses visualitasnya akan tampak berbeda, karena halaman anda terbaca sangat lambat di mata mesin pencari dan mengumpankan inoformasi lama dari dalam folder cache di internet.
  3. Memperburuk perfoma blog secara keseluruhan. Walaupun tampilan halaman atau template tampak hebat dan aduhai cantiknya, anda harus mengerti: Mesin pencari tidak bisa membedakan template dengan tampilan sehebat itu dengan yang sederhana. Yang dapat yang menurut anda "hebat dan cantik" itu untuk manusia. Namun nilainya relatif dan subjektif bagi saya cantik mungkin bagi anda lebay sebaliknya menurut anda cantik bagi saya mungkin nauzubilahi min zalik he he he. Mesin pencari akan otomatis "memblacklist" situs atau halaman web/blog yang lambat.
  4. Merugikan bisnis atau Jualan secara online. Secara keseluruhan halaman lambat tidak di rekomendasikan untuk situs jualan dan bisnis lainnya.
Dan ingat, zaman sekarang pasar bisnis online itu hampir 80% pasarnya adalah melalui smartphone, bukan layar laptop apalagi desktop lagi. Itulah sebabnya mengapa Google ngotot membuat halaman AMP, sebuah halaman yang sangat cepat pada saat di akses melalui hape. Jangan terlalu cepat termakan isu template cepat alias fast loading dari para pengembang tempalte, Google tidak pernah merekomendasikannya.

Bagaimana dapat score 0,8? Masih ngaku halaman blognya fast loading? Sekali jangan kecewa: Tidak akan ada yang benar benar sempurna di atas dunia fana ini...


www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

7 comments:

  1. Kok linknya ngak bisa masuk yah Mas....kayak error gitu...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah cek he he he. Itu tadi URLnya salah maaf. Sekarang sudah normal

      Delete
  2. Masih jauh dari kata cepat blog saya..

    Benarkah amp jadi solusi? Entahlah karena pada dasarnya amp juga proyek trial and error google.. Kalo sukses ya dipakai kalau gak ya siap siap cari senjata baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMP bukan solusi tapi hanya opsi web yang lebih cepat daripada mobile klasik

      Delete
    2. Sayangnya tak bisa di test pakai thing with google

      Delete
  3. Kalau saya, yakin. Punya saya pasti nggak fast loadingšŸ˜‚, antara miris dan sedih sih. Tapi masih belum ikhlas mau ngutak-ngatik blog.

    ReplyDelete