August 04, 2019

SISI SURAM DUNIA BLOGGING DI TAHUN MENDATANG

suram
Tidak terasa tahun bergerak dan sudah mulai ke penghujung tahun 2019. Blogging tidaklah semudah membalikan telapak tangan jika yang kalian maksud buat cari uang melalui adsense. Itu bukan karena ngeblog itu susah, samasekali tidak! Blogging itu mudah banget, anak SD juga bisa. Pakai hape bisa, tapi jangan bayangkan mudah cari uang kalau gak mau bekerja keras, ngeblog itu jadi rumit justeru karena semakin banyaknya jumlah blogger. Mau tau jumlah blogger zaman sekarang?

Di Indonesia pada tahun 2015 walau sempat menurun telah tercatat  3 juta atau 3.8% dari dari total pengguna internet aktif di Indonesia. Untuk diketahui, jumlah Internet Indonesia sendiri tahun 2016 adalah 132,7 juta. Itu 4 tahun yang lalu. Berapa blogger ya yang telah main adsense?

Bagaimana dengan Jumlahnya di seluruh dunia? Jumlah pengguna blog pada tahun 2013 saja sudah ada 152 milliar blog di internet dan terus berkembang dengan kecepatan 2 blog per detik!

Itu 6 tahun yang lalu! Berapa jumlah yang main adsense? Jadi maklum deh Google sesibuk itu, belum lagi ngurusin projek deep mind, Youtube, dsb. Namun mereka tetap membayar dengan efektip.

Jadi kita tidak akan terkejut jika dalam beberapa tahun terakhir jumlah situs blog serta blogger telah meningkat dengan tajam.

Bahkan, pembaca blog dan situs blogging telah meningkat terus-menerus. Sebuah survei, yang dilakukan beberapa tahun lalu telah mengungkapkan bahwa dalam separuh dekade terakhir jumlah blog telah meningkat 36.000.000-181.000.000.

Telah ditemukan bahwa secara keseluruhan 6,7 juta orang mempublikasikan blog di situs blogging menggunakan berbagai platform blogging dan tambahan 12 juta telah menulis blog menggunakan jaringan sosial mereka secara global. Kalau di ikuti statistiknya ya begini gambaran visulanya:
statistik perkembangan blogger
Namun demikian dalam beberapa tahun terakhir terdapat penurunan tajam pelaku blogging karena terpengaruh oleh beberapa hal yang berkembang di dunia ini. Beberapa kalangan mengakui hal ini terutama ditahun 2019 ini menurut blognya orang IT hal itu mungkin di sebabkan oleh:
  1. Mereka mendengar kabar bahwa menulis artikel diblog bisa menghasilkan uang
  2. Ngeblog tidak membutuhkan modal besar dan bisa dikerjakan lewat handphone
  3. Ngeblog bisa dikerjakan cuma pakai koloran , santai , kerja dirumah bayaran dollar
  4. Blogger sifatnya gratis hanya bermodal domain atau bisa menggunakan subdomain
  5. Blogger menawarkan affilasi dan monetisasi iklan yang katanya menghasilkan
  6. Munculnya diberbagai media tentang cerita blogger sukses
  7. Blog mudah dipahami dalam hal pengoperasian nya
Karena zaman terus berkembang dan maju, tiba tiba orang mendapati, harga laptop semakin murah, ngeblog juga semakin mudah melalui hape. Semua orang hampir segala usia kini bisa ngeblog.

Akan tetapi masih menurut blognya orang IT, setelah memiliki blog dan mulai ngeblog, orang orang mulai merasakan duka laranya:
  1. NgeBlog harus diupdate dengan konten berkualitas original
  2. NgeBlog harus dioptimasi seo luar dalam
  3. NgeBlog harus dipromosikan
  4. NgeBlog harus keluar modal domain , hosting , tools
Dan Pointnya aku tambahkan:
  1. Ngeblog juga terpengaruh Algoritma Google yang terus berubah dan kita harus up to date mengasah pengatahuan dan ketrampilan. ini adalah karena perubahan di dunia pada saat ini semakin cepat dan cepat
  2. Ngeblog itu pekerjaan tua (old job) facebook, twitter, dll beranda beranda mereka juga semakin atraktif. Orang mulai menulis panjang lebar disana, berekspressi posting gambar dan video dan ini menyebabkan berkurangnya trafik blog. 
  3. Ada kecenderungan generasi yang akan datang lebih suka mempelajari hal baru melalui visual seperti konten video youtube, ketimbang konten tulisan dan  membaca. Ini tidak bisa disalahkan karena ini sebenarnya adalah perkembangan zaman yang alami.
Namun masih tersisa harapan ini:
  1. Ngeblog sebagai hobi dan personal. Anggaplah tempat menyimpan catatan informasi, pengatahuan dan penemuan kalian.
  2. Konten berkualitas, bermanfaat dan bermutu bukan asal tulis demi adsense
  3. Gunakan sebagai sarana berafiliasi (ini masih tersisa di era konten video semakin ringan seringan tulisan)
  4. Kalian bisa vlogging, bisnis online dsb.
Sebenarnya Admin editblog paling sering meramalkan nasib blogging dan aku hanya melengkapinya melalui tulisan ini: 
Tetaplah bersemangat!

APA PENDAPAT NEIL PATEL?


Salam Anissa..

www.editblogtema.net

I am a student of Senior High School (SMA) I am living in Bandar Lampung, I am a passionately curious..

7 comments:

  1. Yaa mungkin ada benarnya sekarang pun sudah mulai bisa dirasakan..😄😄

    ReplyDelete
  2. Ada benarnya walau tidak sepenuhnya benar

    ReplyDelete
  3. Kalau menurut aku sih nggak pernah ada sisi suramnya selama kita konsisten ngeblognya, ya mungkin karna ku menjadikan blog sbg hobi, bukan pekerjaan utama ehehhee

    ReplyDelete
  4. Gw mah ngeblog buat hobi aja. Oh iya, sama cari teman sebanyak-banyaknya di dunia maya ! Makanya gw santai banget ngelola blognya.

    ReplyDelete
  5. Kurasa ada sesuatu yang membuatku khawatir dengan blogging, salah satunya adalah youtube. Dengan adanya youtube, yang awalnya adalah konten tulisan menjadi lebih mudah dimengerti lewat video dan akhirnya pembaca pun lebih baik nonton aja. Itu sih yang buat saya khawatir, meskipun ada beberapa hal yang lebih mudah dimengerti lewat tulisan daripada lewat video.

    ReplyDelete
  6. sampe skr, aku ngeblog, krn memang suka nulis, dan krn aku pelupa ;p.. Mikirnya sayang anget semua pengalaman travelingku lupa begitu aja krn ga ada catatannya.. makanya ditulis di blog.

    masalah cari duit, blm kepikiran, dan krn itu banyak tawaran yg datang, dgn berat hati aku tolak... blog buatku bukan utk cari duit.. itu udh dapet dari kantor yg lebih dari cukup :D ,, makanya aku lbh santai sih dalam mengupdate blogku.. ga pake pikiran resah gimana supaya blog ttp bisa konsisten dll :D..

    ReplyDelete