Bukan hanya blognya, Blogger juga harus menjaga kesehatan fisik dan mentalnya...

Ngeblog dan Kesehatan
Ngeblog dan Kesehatan
Modal utama dalam beraktifitas adalah kesehatan. Sehat jesmani dan rohani. Anda dapat menerapkannya pada setiap aspek kehidupan dan memiliki hal ini terutama jika dalam postingan kali ini kita mengaitkannya dengan kegiatan blogging.

Kita tidak sedang membahas orang yang mengidap penyakit didalam tubuhnya.  Kita membahas anda yang memiliki tubuh yang seharusnya sehat, lalu mengeluh "kok akhir akhir ini saya sering mengantuk ya"

Kesehatan itu mahal dan banyak orang memiliki alasan agar terlihat  sehat namun terdapat banyak keluhan yang cukup memprihatinkan.  Misalnya ketika kenalan saya mengeluh:

"Saya mudah mengantuk sekarang"
Kenalan yang lain langsung menanggapi dengan nyeletuk:
"wah faktor "U" itu"

Ya walaupun bercanda, namun tidak akan memberikan motivasi apapun untuk mengatasi mengapa dia mudah mengantuk akhir akhir ini?

ADA ALASANNYA..
Saya menemukan kebiasaan buruk penulis atau bahkan blogger laki laki, mereka menulis sambil merokok hingga larut malam.  Duduk berjam jam sambil minum kopi.  Jelas ini bukan cara hidup yang sehat. Dan lihat cemilannya selain kopi: kacang,  mi instan,  atau makanan siap saji lainnya.  Gimana mau sehat dan tidak mengantuk keesokan harinya?

1. BANDINGKAN FAKTOR USIA VS MAKANAN
Yang usianya diatas 40 mudah sekali menyalahkan usia.  Usia dijadikan alasan untuk memaafkan apabila tubuh disarangi oleh penyakit tanpa usaha yang nyata untuk memusnahkannya.

Tetapi sebenarnya makanan dapat membunuh siapapun 100x lebih cepat dari usia anda. Lihat apa yang anda konsumsi,  terutama buat yang hobi utak atik koding.  Sampai sampai salah satu bahasa program memiliki nama JAVA.  Nama yang sangat erat terkait dengan kopi Jawa dari pulau Jawa Indonesia. Maaf, apakah anda tidak merokok dan minum kopi?

Jika ya Jelas tidak sehat:
  1. Anda merokok sambung menyambung bagai kereta api
  2. Anda minum kopi hampir mendekati setengah lusin gelas hari ini. 
  3. Anda tidak makan samasekali atau malah alih alih memakan makanan instan. 
  4. Anda tidur hingga larut malam bahkan sering diatas pukul 00.00....??
  5. Dan semua itu anda lakukan hingga menjadi kebiasaan
2. BANDINGKAN USIA vs KEBIASAAN OLAHRAGA
Untuk menulis anda punya meja dan kursi,  punya laptop,  tablet atau ponsel.  Dan duduk disana berjam jam!  Kepala dan mata anda terfokus ke layar monitor.

Tidak diselingi dengan senam,  jalan,  push up sekurangnya 30 menit pada awal dan akhir kegiatan?  Tidak ada kan.

Sikap duduk yang tidak ergonomic karena dilakukan setiap waktu dalam jangka waktu lama bisa menjadi masalah pada punggung anda.  Sikap diam selama beberapa jam anda duduk tanpa bergerak tidak baik untuk jantung anda.

Jadi sehat bukan karena umur,  anda bisa menyesuaikan kampuan fisik anda sendiri dalam beraktifitas.  Sehat dan tidak sehat itu karena beberapa hal yang telah kita bahas diatas tadi:
  1. Makanan anda tidak sehat
  2. Istirahat anda tidak cukup,  tidur anda singkat sekali. Besok ya ngantuk
  3. Kebiasaan duduk atau diam dalam waktu lama tanpa dibarengi olahraga.

Ya kalau di banding dengan pekerjaan utama saya yang 50:50 antara duduk di kantor dan berkeliling melakukan inspeksi dan pengawasan di lapangan atau di lingkungan perusahaan yang lumayan luas saya lebih memilih jalan kaki ketimbang naik kenderaan.  Saya sangat bersyukur memiliki kesempatan melakukannya.

Bekerja di dunia nyata
Artinya ada tiga hal yang membedakannya dengan kegiatan website:
  1. Di perusahaan walau di kantor setiap waktu saya berinteraksi langsung dengan manusia,  apalagi kalau di lapangan. Banyak hal dapat dibahas bersama dengan manusia tulen. Apalagi pada saat jam istirihat di kantin
  2. Saya dapat berjalan,  memegang,  mengangkat, naik turun tangga langsung menggunakan otot saya.  Dan pergi ke klinik jika ada terasa yang salah dengan kesehatan. 
  3. Saya dapat berinteraksi secara emosional,  professional dan human sense dengan teman teman kerja. 
  4. Ditempat kerja jelas,  bekerja pada waktunya dan istirihat pada waktunya.  
Bekerja di WEB/Blogging:
Sedangkan pada saat membuat,  mengolah konten dan koding di website:
  1. Saya duduk berjam jam,  minim sekali interaksi lagi dengan manusia,  ayo ngaku,  yang kerja online dan mengelola web di rumah pasti kadang terpaksa cuekin keluarga juga.
  2. Saya duduk berjam jam, lupa makan dan sedikit minum banyak merokok, lupa tidur. Teman saya adalah tulen mesin.  Jikapun chat dengan manusia kebanyakan saya tidak mengenal mereka dan dilakukan melalui mesin chat: WA,  messenger,  line dst.  
  3. Saya duduk berjam jam tidak bergerak.  Tidak menggunakan otot saya,  membiarkan aktivitas fisik tereduksi oleh fokus saya pada layar monitor yang juga merugikan kesehatan mata saya. 
Dua duanya memiliki kesamaan: Bekerja dan dapat uang.  Dua duanya hanyalah pekerjaan sedangkan tentang kesehatan diri kita, kitalah yang mengatur kondisinya. Intinya jangan di perbudak oleh waktu dalam pekerjaan apalagi jika terkait dengan kesehatan dalam hidup anda. 
Dua hal diatas memiliki efek kesehatan baik kesehatan fisik, mental dan psikologis pelakunya. Pekerjaan nyata memberikan orang peluang untuk berinteraksi dengan sesama secara real, sebaliknya blogging sama hal dengan ngoding, cenderung  memberikan kesempatan sebaliknya: Menjadikan pelakunya lebih tertutup, soliter dan kesepian...

www.editblogtema.net


Comments

  1. Saya sekarang jadi sering minum kopi karena memang begadang menulis malam hari, alhasil lambung saya perih rasanya.
    Belum lagi kalau nggak ada snack, biasanya godaan mau makan mie instan itu besar, dan sekali makan sampai 2 bungkus, ya ampuuunnn..

    Atau kalau enggak bikin teh susu dikasih es dikasih toping jelly, duh semua yang nggak sehat-sehat deh.

    Alhasil setelah sakit baru merindukan sehat dan baru tahu pentingnya hidup sehat

    ReplyDelete
  2. Aih keren mas, tinjauan duni blog dari sudut yang berbeda. Kadang kesadaran kesehatan baru ada setelah usia 40 ke atas ketika beberapa instrumen tubuh sudah terlanjur aus. Akhirnya begadang dikit sakit hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal kata orang hidup itu baru dimulai di usia 40 tahun..

      Delete
    2. baru mulai nakal mksdnya mas wkwkwkk

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya.

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar. Terimakasih!

pilih pola label berikut:

Show more