BUG ATAU BUKAN INI YANG TERJADI JIKA ANDA COPY PASTE ARTIKEL DENGAN TAUTAN VIDEO YOUTUBE

just for ilustration only
credit: pexel.com
Youtube pasti memiliki iframe untuk menampilkan format video di halaman web. Tool "compose" blogger dan pastinya tersedia juga pada platform blogging lainnya seperti drupal, wordpress, wix dll. Ketika anda memilih menampilkan video dari youtube cukup memilih dan mengklik ikon video diatas halaman "compose" maka akan muncul form pilihan, misalnya video dari komputer anda sendiri, atau video dari tautan youtube. Oke kita pilih video dari tautan Youtube saja.

Anggaplah anda memiliki dua blog dan memasang postingan dengan video dari tautan youtube pada blog yang satu dan lalu mengkopi artikelnya ke blog yang satunya lagi, apa yang terjadi? Pada blog pertama yang anda copy artikelnya video berjalan normal seperti yang anda harapkan tapi pada blog kedua tempat anda mempastekannya terjadi keanehan, bukan video tapi seperti salinan halaman blog anda sendiri yang muncul, atau dengan kata lain blog didalam blog!

Perhatikan format yang saya copy bukan dari "compose" tapi dari opsi HTML berikut:
Kode iFrame 
<iframe allowfullscreen="" class="YOUTUBE-iframe-video" data-thumbnail-src="https://youtu.be/wfsjvLlNqtU" frameborder="10" height="550" src="?feature=player_embedded" width="auto"></iframe></div>
<div class="separator" style="clear: both; text-align: left;">
</div>
Benarkan dugaan saya? Karena itu adalah iframe!  url yang saya sorot warna kuning adalah url youtube, tapi bagaimana cara kerja HTML tersebut terhadap keseluruhan konten yang kita buat? Itu yang jadi pertanyaannya.

Jika anda klik "HTML" disebelah "compose" tempat anda biasa menulis postingan dan mempastekannya kedalamnya maka tampilannya akan menjadi sebagai berikut:

    Yang menjadi perhatian saya adalah catatan yang telah saya buat sebagai berikut:
  1. Kode ini hanya meniru tampilan halaman blog kita sendiri
  2. Pada halaman blog aslinya tampil normal, namun menjadi beda saat di copy dan di pastekan ke halaman blog lain.
  3. pada opsi atau fitur "preview atau pratinjau" sebelum konten di publish terdapat peringatan "Invalid securityToken" artinya ada yang salah pada saat fitur ini di view namun dapat berjalan normal pada saat telah di publish.
  4. "Trik" ini dapat meningkatkan pageviews untuk konten secara drastis. Artikel juga cepat sekali terindex Google, sudah dicobakan kebeberapa artikel yang menyertakan tool ini. Kami benar benar belum tahu apa penyebab robot txt terlihat menyukainya. Artikel ini 2 hingga 3 lipat lebih cepat dan lebih banyak mendapatkan pageviews dan klik. 
  5. Kami belum melaporkan hal ini ke pihak google, dengan harapan artikel ini akan mewakili laporan tersebut.

Kalau anda ingin mencoba cobalah masukan kode iframe diatas kedalam halaman compose-HTML, preview untuk melihat "invalid securityToken" dan publish untuk melihat bagaimana anda telah membuat tiruan halaman blog anda sendiri.


Barangkali anda dapat menjelaskannya

www.editblogtema.net


Comments

  1. Nambah ilmu seputar kode HTML blog, saya masih awam masalah beginian. Mungkin ini bisa dikatakan ilmu tentang IT-nya blog... Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini seperti anomali pada prilaku sebuah halaman web ketika sintaks kode diterapkan

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya.

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar. Terimakasih!

pilih pola label berikut:

Show more