August 24, 2019

Cara mendapatkan template premium sendiri tanpa beli?


Saya meneliti pembuatan template template ternama dunia di envanto dan Gooyabi. Beberapa desainer mengatakan jujur tidak ada template premium yang sempurna, idealnya template itu menurut prioritas dan fiturnya adalah:

Secure. Aman dipakai tidak celah pada pemakaian material untuk membuat elemen elemennya-tidak ada kode kode sampah yang harus tertinggal.

Fast and simple, struktur yang tepat dan benar. Semakin simple sebuah template semakin cepat dia berlari kehadapan mesin pencari. Manipulasi kecepatan tidak terlalu banyak berguna, misalnya ketika anda ingin kecepatan dengan memasukan kode lazyload, aktivitas menghidupkannya tetap saja akan menghabiskan sumber daya. Kata orang ada harga yang harus dibayar.

Stylish. Nah disini dilematis, kita igin sebuah template yang cantik, tetapi kecantikan dibayar dengan make up. Seperti wanita cantik itu menguntungkan untuk jangka pendek karena secara visual boleh jadi orang akan tertarik. Tetapi belum tentu untuk jangka panjang. Hukum alam berlaku pada segala hal, nampak simetris.

Navigasi sederhana dan mudah dimengerti. Temaplate harus memiliki navigasi menu yang akan menavigasi pengunjung keseluruh halaman blog anda. Tetapi jangan membuatnya jadi berat. Contoh template template terbaru blogger memiliki navigasi menu yang dapat dibuat dari halaman mandiri, tanpa harus melibatkan JavaScript tambahan, cukup CSS.

Responsif dan Mobile friendly. Tidak hanya sederhana tapi juga harus responsif artinya dapat diaksesn dengan mudah dan nyaman melalui berbagai ukuran layar perangkat. Tidak cukup sekedar responsif sebuah template blogger masa kini harus benar benar mobile friendly terutama cakep pada saat dibuka melalui hape atau ponsel.

Layout terbaru versi ke 3. Template template terbaru blogger yakni: Contempo, Soho, Emporio, dan Notable telah memiliki layout versi ke-3 artinya fresh, aman, modern dan lebih kompak dengan HTML 5 dan menghindari banyak kode CSS yang crash.

Asal anda tahu masih lebih 70% template premium dan berbeli masih menggunakan template dengan layout versi ke-2. Anda memang masih bisa menggunakannya namun sebaiknya di upgrade ke versi 3 contoh:

Buka pengaturan blogger dan pilih tema lalu klik "EDIT HTML" di atas tag <head> akan anda jumpai kode layout versi 2 sebagai berikut:
<html b:version='2' class='v2' expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
Dan coba perhatikan layout versi ke-3:
<html b:version='2' class='v2'
b:layoutsVersion='3' expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
Anda dapat mengupdate misalnya template viomagz buatan mas Sugeng menjadi template dengan layout versi ke-3 dan menambahkan widget dengan style, skin dan tampilan antarmuka template terbaru. Sebaiknya memang harus anda lakukan.

JADI APA PILIHAN TEMPLATE YANG BAIK?
Yang terupdate! Alasannya:
No need more cost. Tidak perlu keluar uang lagi kalau menurut saya. Ambil salah satu template terbaru bawaan blogger: Contempo, Soho, Emporio dan Notable. Anda akan di bimbing untuk merobahnya menjadi sesuai dengan selera anda. Anda tidak perlu mengulangi kesalahan saya yang melakukan eksprimen dengan mengikuti tutorial "sudah jadi" di blog ini.
Layout versi ke 3. Lebih banyak menggunakan CSS ketimbang JS. Walaupun CSS style adalah material dan elemen, namun dia tidak seberat JS seperti yang terdapat pada template template lama.
Aman. Karena template terbaru adalah peningkatan fitur versi template sebelumnya termasuk fitur keamanannya.

BAGAIMANA MEMBUAT TEMPALTE YANG BAIK dan MUDAH?
Tentu saja anda bisa membuatnya dari awal atau dari NOL. Saya juga bisa. Tapi percayalah menurut pakar, itu hanya buang buang waktu. Toh anda juga akan menggunakan material dan eleman yang serupa dengan basis template blogger.

Saya baru menyadarinya ketika berdiskusi di overflow setelah diarahkan dari laman bloggerhelp. Di bloggerhelp Google memberikan "pelajaran dasar" mengedit, merombak dan memodifikasi template. Jadi saya meninggalkan proyek saya membuat template dari NOL. busyet dah, ternyata membuat template tidak usah buang buang waktu. Dasar saya bukan seorang inventer, jadi saya intip template template cantik desainer ternama. 

Saya tidak heran dasarnya mereka memang mempergunakan template bawaan yang telah di rombak sedemikian rupa dan mereka berhasil menjualnya.

Sang maestro tempalte terkekeh kekeh: Dengan menambahkan style kamu sendiri, tetap saja anda hanya memodifikasi. Kembalikan Powered By Blogger pada tempatnya!

TAPI APA KELEBIHANNYA MEMNGGUNAKAN TEMPLATE MODIFIKASI INI?

Tentu saja anda punya pilihan, tetapi template template bawaan (default) ini mempunyai sisi baik:
Lebih aman
Lebih terstruktur
Lebih SEO friendly. Logikanya karena bukan buatan pihak ke-3 para desainer yang di request Google pasti akan membuat template lebih tepat dan terarah ke mesin pencari dan yang lebih penting lebih kuat disisi server Google.
Lebih optimal dan aman pada sisi adsense.
Ada lagi? Ya itu memiliki opsi Designer theme blogger.

APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN DENGAN TEMPLATE TEMPLATE INI SEBELUM DI PERGUNAKAN?

Tambahkan navigasi menu menggunakan laman
Tambahkan related post
Tambahan breadcrumbs
Tambahkan back to top

Semua triknya ada di dalam blog ini. Jadi sekarang anda sudah mengerti.

www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

5 comments:

  1. Nah, yang tanpa beli tanpa beli gini yang aku Suka...

    ReplyDelete
  2. Pengen cobain ahhh, saya punya blog lain yang menggunakan Contempo, tapi akhirnya saya ubah ke Gooyaabi, lebih simple tapi tetap terstruktur soalnya, nggak terlalu simple ala bawaan Blogger itu.

    CUman kemaren saya coba-coba terapin ke blog utama saya, hadeehh.. kok jadi nggak ada ciri khas nya sama sekali ya.

    Pengen utak atik banyak sih, tapi masih parno, dulu rajin utak atik, alhasil jadi leleeeett ga karuan.
    Inilah sulitnya cuman utak atik bermodalkan otodidak saja hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utak atik tidak boleh ke blog utama bikin blog dummy dengan artikel bahasa LOREM IPSUM dulu...

      Delete
  3. Sampai sekarang belum ganti template ke premium da repot jika gaptek plus sibuk urus hal lain. Takut berantakan hasilnya.
    Pertama kali bikin blog dengan Contempo tapi karena di komputer tidak bisa nampilkan sisi widget kecuali diklik panah kiri, terpaksa ganti ke tema sederhana.
    Tapi gara-gara ganti lagi, ciri khas saya hilang di bagian atasnya, hu hu. Mulai pikun cara Apa tak masalah jika saya edit lagi bagian atas dengan tambahan foto yang diunggah? Bagusnya ukuran berapa? JPEG atau apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah menambahjan photo ke header template ukuran ideal dibawah 100kb

      Delete