August 08, 2019

Aibo robot anjing mainan yang cerdas dan lucu

aibo robot anjing yang pintar
Picture credit: Gizmodo.com
Sekarang adalah zamannya orang belajar A.I (Artificial inteligent) alias kecerdasan buatan, ada yang berasumsi kelak A.I akan dapat menyamai dan kemudian melebihi manusia kecerdasannya. Artinya apa? Artinya...robot atau mesin yang diberikan kemampuan fisik yang sejalan dengan A.I akan memiliki:
  1. Kesadaran kognitif: Persis seperti manusia mereka sadar bahwa mereka ada dan "hidup" di dunia
  2. Berfikir seperti manusia
  3. Berinteraksi seperti manusia
  4. Bekerja seperti manusia
  5. Memakan sumber daya seperti manusia
  6. Mandiri dan menjadi pencipta seperti manusia
  7. Berperasaan: simpati, empati, cinta, benci, senang, susah persis seperti manusia
Mengapa bisa demikian? Itu adalah karena manusia memiliki kecenderungan menciptakan sesuatu yang mirip dirinya sendiri. Bahkan Pilsafat mengatakan: Pencipta telah menciptakan sesuatu yang mirip dirinya! Entahlah!

Mari kita bicara sesuai topik yakni tentang robot mainan bernama Aibo yang kini telah memiliki versi lanjutan yang lebih cerdas daripada pendahulunya dan asal kalian tahu walaupun masih diciptakan oleh manusia, kelak bisa saja robot aibo akan terus muncul versi terbaru yang tentunya akan lebih cerdas dari yang telah ada sekarang apalagi jika dibanding dengan robot aibo yang sebelumnya.

Robot anjing ini lucu, terlihat ikonik banget lho.  Coba terlebih dahulu nonton videonya:
credit video: engadget
Menarik dan lucu, bukan? 

Akan tetapi AIBO (Artificial Intelligence Robot, juga berarti "sobat" dalam bahasa Jepang) adalah salah satu dari beberapa jenis robot hewan yang dirancang dan diproduksi oleh Sony; saat ini sudah ada beberapa model yang berbeda sejak mulai diperkenalkan pada 11 Mei 1999. Pengembangan AIBO telah dihentikan pada tahun 2006.
Namun beberapa waktu yang lalu di tahun 2018, raksasa teknologi Sony telah  merilis anjing robotnya, bernama Aibo, di Amerika Serikat. Robot ini dapat dibeli pada bulan September seharga $2.899, atau setara Rp42 juta. Wah mahal amit ya...yalah namanya juga mainan cerdas.

Pengguna yang membeli Robot Aibo akan memperoleh tiga tahun layanan AI Cloud dari Sony. Fasilitas AI Cloud berfungsi sebagai server yang akan memainkan interaksi robot, serta menjalankan tugas-tugas hariannya, kepintaran yang terintegrasi dengan layanan cloud itu pastinya memiliki banyak sekali fitur yang mengejutkan.

Terdengan teknologi ini masih terbatas oleh rantai kecerdasan informasi tidak semandiri kayak di filem scy-fi, tapi kalian tetap saja akan terkagum kagum bagaimana si robot mampu berinteraksi dengan manusia layaknya hewan beneran. Memelihara Aibo tentu gak perlu takut dia beser, dia juga akan tahu bagaimana belajar berinteraksi dengan pemiliknya, mengenali anggota keluarga pemiliknya, dan mengenali orang yang bukan pemiliknya. Dan dia tahu kapan "tidur" untuk memulihkan tenaga atau powernya.

Kalau kita nonton video diatas kita dapat melihat beberapa kehebatan aibo:
  1. Pas battery mau habis dia cepat datang sendiri ke "sarang" buat ngecas dirinya agar bisa kuat dan bermain kembali
  2. Matanya bisa jadi cctv lho, bisa jadi mata mata kita saat tinggal di rumah sendiran di remote melalui hape android dan iPhone.
  3. Mengerti kata kata pemiliknya, mengenal anggota keluarga di rumah dan mengingat orang asing yang pernah datang ke rumah kita.
Wah, sayang harganya mahal ya...

www.editblogtema.net

I am a student of Senior High School (SMA) I am living in Bandar Lampung, I am a passionately curious..

4 comments:

  1. Lihat harganya jadi geleng-geleng kepala nih. Tidak terjangkau olehku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kepingin sih punya piaraan mantaf ini

      Delete
  2. Robot ini canggih sekali dan sepertinya saya sudah pernah lihat penampakannya di Tivi.

    Tapi, kayaknya masih kalah canggih dengan Robot Google ( Googlebot ), sebab Robot Google bisa MERAYAP secara diam - diam dan Agresif pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha..! Tapi robot Google menyebalkan, aibo menyenangkan..

      Delete