BENARKAH TEMPLATE TERBARU BLOGGER LEBIH AMAN DAN LEBIH ADSENSE FRIENDLY?

Saya sempat berfikir apa kelebihan dibalik bentuk layout template terbaru bawaan blogger. Setelah saya mengutak atik empat template terbaru yang terdiri dari:Contempo, Soho, Emporio dan Notable?
1. Tampilan Contempo original
tampilan contempo original
tampilan contempo original
Gambar diatas adalah gambar tampilan template blogger contempo original/default sebelum dimodifikasi, atau di kustomisasi.

2. Tampilan Soho original
Tampilan Soho original
Tampilan Soho original
Gambar diatas adalah gambar tampilan template blogger Soho original/default sebelum dimodifikasi, atau di kustomisasi.
3. Tampilan Emporio original
tampilan emporio original
tampilan emporio original
Gambar diatas adalah gambar tampilan template blogger Emporio original/default sebelum dimodifikasi, atau di kustomisasi.
4. Tampilan Notable original
Tampilan Notable original
Tampilan Notable original
Gambar diatas adalah gambar tampilan template blogger Notable original/default sebelum dimodifikasi, atau di kustomisasi.

Adapun tampilan ke empat tempalte terbaru berikut masing masing 5 variannya di dalam dasbor pengaturan blog terlihat seperti berikut:
tampilan 4 template terbaru berikut variannya
tampilan 4 template terbaru berikut 5 variannya
Jadi apa yang membuat keempat template terbaru ini berbeda selain penampilan mereka seperti terlihat pada gambar gambar diatas? Kemudian saya teringat, setiap hal baru pasti akan banyak memiliki banyak sekali hal hal baru, dalam hal blogging amat penting mempertimbangkan fitur fitur keamanan, respon template ke halaman web, kecepatan, faktor mobile friendly, SEO friendly, dan tentu saja termasuk semua perbaikan dari faktor celah kemanan, kecepatan hingga penampilan.

Adapun diantara beberapa kelebihannya yang dapat saya analisa adalah:
  1. SEO Responsif
  2. Mobile Friendly
  3. Tampilan Atraktif, Modern dan Dinamis
  4. Mudah Digunakan dan User Friendly
  5. Adsense Friendly
  6. Lebih aman, atau lebih secure
  7. Loading Yang Cepat
Baiklah saya jelaskan satu persatu:
  • SEO responsif. Keempat template terbaru ini (Contempo, Soho, Emporio, dan Notable) responsif sekali. Dapat menyesuaikan diri dengan segala ukuran layar dengan mudah. Bisa tampil dengan elegan pada ukuran layar PC dekstop, PC Laptop, tablet dengan posisi landscape dan portrait, dan baik sekali pada saat di tampilkan pada ukuran layar yang lebih kecil. 
  • Karuan hal ini membuat pengunjung dapat mengakses halaman dengan mudah dan nyaman dan dapat mengurangi efek bounching dengan drastis
      
  • Mobile Friendly. Tidak usah kuatir tanpa dimodifikasi pada bagian @media screen telah mensupport tampilan mobile yang sangat responsive sehingga halaman blog yang menggunakan 4 jenis template terbaru ini tidak usah kuatir dengan tampilan mobile yang pada waktu dahulu kala menjadi problem pada saat menggunakan 7 jenis template template blogger tertua pada saat di akses melalui mobile. Karuan sifatnya yang mobile friendly ini secara drastis telah meningkatkan pengalaman pengguna pada awal awal penggunaannya di tahun 2017 yang lalu. Banyak pengguna yang merasa halaman blognya tiba tiba saja meningkat performanya setelah menggunakan salah satu dari ke empat jenis teplate terbaru ini.

  • Tampilan Atraktif, modern dan dinamis. Tentu saja para desainer template Google atau blogger yang notabene adalah milik google itu sendiri, berusaha keras membuat tampilan mengikuti zaman, tampilan gaya baru yang sudah sangat berbeda dengan tampilan template template tua yang sedianya pada masa lalu adalah lebih diprioritaskan untuk tampil pada layar PCDekstop dan Laptop, kini beralih orientasi dapat menyesuaikan diri dengan segala layar dan dengan mudah dapat tampil dinamis pada layar tablet dan ponsel. 
  • Alasannya ya karena zaman sekarang orang mengakses internet dan halaman web lebih banyak melalui gagdet genggam ketimbang layar PC dekstop dan Laptop, otomatis orientasi web bisnis yang telah menghasilkan "billion dolars" uang juga fokus ke halaman yang lebih mobile, seperti tablet dan ponsel.
      
  • Mudah Digunakan dan User Friendly. Selain alasan karena responsif dan lebih mobile, desain terbaru dibuat mengikuti observasi yang panjang oleh tim desainer Google Blogger itu sendiri. Mereka menganalisa kesulitan, kendala dan kelemahan kelemahan template lama, mereka juga menyesuaikan kondisi zaman yang telah semakin mobile. 
  • Para desainer tersebut pada akhirnya memutuskan membuat sebuah dasar template yang lebih user friendly demi meningkatkan pengalaman pengguna.
      
  • Adsense Friendly. Saya jelaskan mengapa item ke-5 saya sebut sebagai Adsense Friendly? Tidak lain adalah karena anda bisa menempatkan iklan adsense didalam header dan oleh karena headernya ke empat template terbaru blogger ini bersifat "sticky" iklan juga akan ikut menjadi tampil dalam "kontainer" sticky tersebut. 

  • Jika anda meng-scroll halaman editblogtema keatas, sobat akan melihat (perhatikan) menu navigasi yang fixed alias tidak ikut naik keatas, akan tetapi sebaliknya ketika sobat meng-scroll halaman ke bawah, header akan muncul dan tetap berada disana untuk sementara menutupi menu navigasi. Nah disanalah iklan akan tetap berada bersama di dalam header container tersebut.
    Pada template template model lama yang secara default memiliki sidebar pada tampilan PC dekstop, laptop, dan tablet 10" dengan posisi landscape, iklan dapat tampil pada sidebar tersebut dengan menambahkah kemampuan sticky ads. dimana iklan terus tampil pada saat konten utama di scroll naik dan turun. 
    editblogtema menggunakan template Soho yang telah saya modifikasi.
    Tetapi ketika zaman mobile telah merajalela, tampilan seperti tersebut mulai menjadi tidak berguna karena sidebar "menghilang" pada layar mobile atau malahan akan tampil pada bagian bawah halaman blog.
     
  • Lebih aman dan atau lebih secure. Tentu saja hal ini menjadi sangat penting bagi generasi zaman sekarang. Faktor keamanan menjadi seperti harga mati. Dan pada template template terbaru banyak celah keamanan telah ikut serta di "tambal"
  • Beberapa perbaikan terlihat dari menguatnya proteksi kemanan dari Google secara menyeluruh, termasuk kemanan dari sisi server, penyajian konten, hingga sistem adsense google. 
    Algoritma Google juga terus berkembang menjadi semakin cerdas dan lebih "nyinyir" dalam melaporkan pelanggaran atau penyimpangan kepada "boss"nya.
      
  • Loading cepat. Loading template terbaru memang lebih cepat karena beberapa hal tidak perlu lagi telah telah dibuang atau dihilangkan, sebaliknya desain template terbaru memiliki layout lebih fresh yang disebut layout versi ke-3 sedangkan template lama masih memiliki layout tua versi ke-2.
  • Template terbaru memiliki lebih banyak memiliki kode HTML-CSS ketimbang HTML-JavaScript dalam membentuk tampilan antarmukanya. karuan saja ini mengurangi beban loading template.
Jadi jelas sekali keempat jenis template terbaru memiliki kelebihan tersebut. Sementara 7 jenis template tua yang dirilis sebelum tahun 2017 tidak memilikinya secara bawaan, walaupun kita bisa saja melakukan modifikasi dan perombakan secara struktural terhadap template template lama.

Berikut masih masing memiliki 5 varian tersebut, saya mendapatkan fakta yang menarik:
  1. Anda tidak perlu membuat menu navigasi kustom, cukup memanfaatkan widget list halaman statis/page dan buat link, anda dapat melakukannya tanpa memerlukan pengatahuan koding samasekali.
  2. Navigasi menu akan tampil inline (berjajar) namun sangat responsive tidak akan makan tempat menu yang tidak bisa tampil akan di sembunyikan kedalam repsentasi "more" yang jika dilkik akan memunculkan semua menu yang telah kita buat dalam bentuk "dropdown"
  3. Kotak pencarian sangat responsive hampir semua berbentuk kaca pembesar kecuali SOHO pada tampilan pc desktop.
  4. Kode HTMLnya lebih banyak mengandung pembentuk CSS, bawaannya hampir minus JavaScript, namun menggunakan lebih banyak Jquery tidak heran jenistemplate ini menjadi sangat responsive 
  5. Featured post hanya tampil pada homepage dan bersembunyi pada saat konten dibuka, ini beda dengan template lama dengan layout versi 2 yang thumbnail dan snippet fitur unggulannya tetap muncul diatas konten saat membaca konten.
  6. Halaman blog yang menggunakan template terbaru blogger ini akan sepenuhnya menjadi responsive dan mudah di buka melalui ponsel, menggunakan lebih banyak HTML CSS, tentu saja ini akan meningkatkan performa, mengurangi efek bounching, mempercepat loading halaman.
Dan agar tampilan keempat template blog tersebut menjadi lebih dinamis, lebih cantik dan lebih sesuai dengan selera anda masih memiliki opsi dengan cara merombak tampilannya, misalnya:
  1. Menampilkan sidebar pada tampilan layar PCdesktop dan Laptop (hanya opsi)
  2. Menambahkan Breadcrumbs
  3. Menambahkan related post
  4. Menambahkan tombol back to top
  5. Menambahkan menu navigasi yang lebih user friendly seperti kebanyakan yang dapat difahami oleh pengguna umum
  6. dll
Google tentu saja tidak melarang kita merombak habis template tersebut. 
Baca penjelasan kami di:
Apakah memodifikasi template Blogger dilarang Google? 
 Dan jika anda ingin melakukannya anda dapat mengikuti tutorial tutorial template yang kami sediakan di blog ini, eksplore saja melalui kotak pencarian blog atau menu navigasi kami diatas halaman ini.


Comments

  1. Apakah memodifikasi template bawaan Blogger dilarang oleh Google? Jawabannya tidak.

    Algoritma Google berubah lagi dalam seminggu telah terjadi 3 kali perubahan

    ReplyDelete
  2. Wah, keren ya... Saya jadi mikir gimana caranya orang-orang belajar ngedit atau bikin template. Saya yang lihat kode-kodenya aja udah pusing duluan....
    Penasaran, tapi, banyak tapinya...he..he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pusing, sintaks tintaksnya sudah sama seperti bahasa manusia biasa.

      Hanya mungkin karena tidak terbiasa atau tidak membiasakan, makanya terlihat blankingšŸ˜

      Delete
  3. kalau menurut saya terlalu simple nih template yang baru ini, atau mungkin saya terbiasa dengan template di blog saya kali ya, jadinya kok rasanya ada yang kurang.

    Saya coba utak atik di blog baru, dan merasa nggak saya banget deh haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Template baru memang dibuat dengan tampilan simple namun samasekali tidak simple, full css, cobalah eksplorasi, itu memiliki sidebar yang dapat dijadikan tempat widget atau di fungsikan sebagai menu navigasi

      Delete
  4. Dan satu hal: template lama masih menggunakan layout versi ke 2, yang mungkin vurnerable jika kelak harus berhadapan dengan validitasi html. Templat baru dengan layout versi ke 3 adalah jawabannya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya.

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar. Terimakasih!

pilih pola label berikut:

Show more