Kok bisa ngeblog membuat kita mengerti koding?

ilmu koding dari blog
Terutama bagi yang ingin belajar  ilmu koding dan programmer ilmunya anak anak muda di masa depan. Mengapa koding dan mengapa harus programmer?

1. Masa depan perubahan semakin cepat
Ya, bayangkan sudah banyak kalangan yang memperkirakan, misalnya:
  1. Juru bahasa dalam beberapa tahun lagi sudah tidak diperlukan. Mesin penterjamah hadir semakin interaktif dengan teknologi A.i.
  2. Mata uang kripto dipergunakan, membuat pekerjaan bankir tidak penting lagi terutama setelah Facebook berencana membuat mata uang Libra. 
  3. Misalnya pekerjaan akuntan jenis ini dapat dilakukan oleh software dan mesin dengan cara yang sangat jauh berbeda, lebih cepat, lebih akurat daripada manusia.
  4. Pekerjaan migas tidak akan sehebat dimasa lalu lagi dalam segala hal. Semenjak energi abadi yang melimpah ditemukan, ketergantungan kita terhadap minyak yang kita kuras dari perut bumi pasti akan berakhir..
Dimasa lalu ada wartel, tukang ojek pangkalan, taksi konvensional. Sekarang mereka lenyap karena penerapan teknologi merobah segalanya. Faktanya teknologi tidak menghilangkan lapangan pekerjaan, tapi merobahnya menjadi lebih mudah, dinamis dan lebih terpadu.

2. Skill operator vs skill pencipta
Anda menguasai pengoperasian komputer, akuntansi, microsoft office, menjalankan aplikasi aplikasi produksi. Anda adalah operator kalau tidak bisa dikatakan "hanyalah seorang operator". Ketrampilan mengoperasikan software akutansi di kombinasikan dengan pengatahuan akuntansi yang telah kita dapatkan dibangku sekolah bukanlah sebuah skill yang dapat dibanggakan dimasa depan. Ilmu akutansi, ilmu manajemen, tata-usaha, human resource walaupun berkembang namun lambat dan dasar mata pelajarannya adalah sama dari generasi ke generasi. Hanya akan terdapat sedikit perubahan. Itulah yang kita sebut skill atau keahlian yang di contohkan diatas adalah keahlian seorang operator.  Silahkan anda membantahnya tapi begitulah posisi yang dimasa lalu kita anggap sebagai ahli jika dilihat dari dimasa depan.

Akan tetapi menjadi seorang programmer akan jauh berbeda. Ilmu yang satu ini seolah terus berkembang semakin cepat seolah tak ada batasnya. Saat saya belajar ilmu keselamatan dan lingkungan, saya sadar itu ilmu yang hebat tapi tetap sama dalam 20 tahun terakhir, artinya dengan memiliki kemauan dan minat yang kuat setiap orang bisa menguasainya. Faktor kesalahan manusia dalam menerapkannya tidak akan memiliki dampak langsung. Saya bukan seorang dengan ketrampilan tinggi dibidang itu apalagi menjadi ahli.

Akan tetapi ketika saya mulai belajar koding saya terkejut dan sadar: ilmu ini berubah dan berkembang sangat cepat, hampir mustahil ada orang yang benar benar akan jadi ahli dalam bidang ini jika lalai tidak mengikuti perkembangan yang terupdate.

Dampak hasil kerja program juga berbeda dengan dampak hasil pekerjaan seorang ahli tatausaha dan akutansi. Hasil pekerjaan programmer dan kodinger bisa berdampak merobah banyak hal di dunia ini.

Programming bahkan dapat merombak total hampir segala hal didalam dunia usaha menjadi berwajah benar benar "baru".

Kesimpulannya:
  1. Level keahlian operator. Pekerjaan semisal akuntan, tatausaha, human resource, koordinator produksi dll adalah pekerjaan dengan level keahlian seorang operator. Anda memiliki pengatahuan, pengalaman, baik yang didapatkan dari bangku pendidikan, pelatihan dan proses pengalaman. Namun anda harus mengkombinasikannya dengan tool sebagai sumberdaya yang disediakan oleh perusahaan, anda adalah tenaga ahli dengan level ini. Tetapi dimasa depan bidang "ketrampilan" seperti ini diambil alih oleh A.I dan mesin.
  2. Level keahlian pencipta. Namun jika anda memiliki pengatahuan programmer, koding, seharusnya anda tidak diprioritaskan sekedar menjadi seorang technical support belaka.
  3. Anda dapat meng"create" pekerjaan. Merombak sistem sehingga segalanya berubah semakin efisien. Level anda adalah seorang dengan keahlian pencipta. Dan dimasa depan skill seperti inilah yang akan mendapatkan tempat dengan strata kelas tinggi. 
Mengapa saya ngeblog?
Walaupun ngeblog bukanlah bangku sekolah, saya merasa telah mendapatkan jalan ini efektif membuat saya yang tadinya buta koding jadi sedikit "melek" koding.

Rasa panasaran pada saat menggunakan templat gratisan yang selalu mengecewakan membuat saya mulai belajar koding dimulai dari HTML dan XML, CSS dan Javascript. Saya berusaha mengimplementasikan walau sering salah karena tanpa bimbingan langsung, namun seperti permainan menyusun jigsaw saya akhirnya menemukan gambaran dari bentuk keseluruhan sebuah proyeksi pekerjaan. Disana letaknya kepuasan belajar sendiri.

Awalnya tempat yang paling sering saya kunjungi untuk belajar adalah w3school. Belajar disini sangat sederhana dan mudah diikuti. Awalnya saya paling sering membuka halaman "how to example" setelah dirasa tidak cukup saya mulai membaca semua mata pelajaran dasar programming yang tersedia di site ini.

Jadi dengan jujur saya tegaskan karena ngebloglah saya akhirnya mulai mengerti bagaimana menulis dan membaca koding. So tidak ada ruginya jika saya kemudian berbagi pengatahuan dan hasil desain saya secara gratis. Pekerjaan tersebut tidaklah sempurna namun telah saya kerjakan dengan sepenuh hati.

Saya juga tidak begitu tertarik lagi memonetesi blog ini dengan adsense karena sebelumnya telah saya lakukan justeru menyita konsentrasi saya terhadap minat dan hobi saya yang sesungguhnya.

Itu bukan motivasi saya dalam ngeblog, walaupun sudah ada pemasukan, saya anggap itu hanyalah hiburan kecil.

Alasan saya ngeblog adalah:
  1. Menyalurkan hobi menulis
  2. Mengasah kemampuan mengolah kode HTML/XML, CSS dan JavaScript.
  3. Mengisi waktu luang dengan hal hal yang saya yakini bisa bermanfaat bagi orang lain, misalnya memberikan tutorial melalui blog ini. (sekecil apapun sumbangsih tetap akan berarti bagi dunia)
  4. Menopang usaha. (yang ini rahasia he he he)
Orang cerdas itu orang yang penuh imaginasi
Einstein menegaskan: orang cerdas itu bukan karena dia nampak pintar dan selalu juara kelas di bangku pendidikan (sekolah), orang jenius itu adalah orang yang memiliki daya imaginasi yang kuat! Seorang desainer, pelukis, penemu, ilmuwan sains adalah orang orang dengan daya imaginasi yang sangat kuat. Dan jangan memandang rendah anak anak yang nampak kurang menonjol dikelas, jangan pula terlalu bangga dengan anak sendiri yang terlihat cerdas dan selalu juara namun dibimbing dan tanpa anda sadari "di desain" oleh matode belajar dan mengajar yang sudah tidak mengikuti zaman lagi hanya untuk menjadi juara kelas.

Banyak terdapat orang orang yang sebenarnya jenius disekeliling kita tanpa kita sadari.

Tentu saja pendidikan sangat penting, namun tekanan belajar akan membebani psikologi si anak itu sendiri, dan terpatri kuat hingga ke masa depannya...

www.editblogtema.net


Comments

  1. Aku awal-awal ngeblog sih masih ya menganggap bahwa coding itu menyusahkan, tapi setelah otak-atik sampai sering melek'an karena nggak betah mau otak-atik besok-besoknya. Wkakakak... Begitu tahu coding itu asyik, akhirnya aku suka pamer-pamer gitu ke temen-temen, "guys, aku bisa coding guys."
    Tapi, nggak bertahan lama sih karena semakin kita otak-atik, semakin banyak dan semakin aku suka begadang. Akhirnya sekarang jarang coding.
    Cuma tetep, coding itu sebenarnya mengasyikkan. Kita kayak ngurusin tulisan aneh, tapi kalau tahu hasil jadinya, langsung "Waaaah..."

    ReplyDelete
  2. Wow ... Ngeblog emang banyak manfaatnya ya, bahkan bisa belajar koding juga. Mungkin kalau laptop saya sudah selesai diperbaiki saya juga harus belajar koding sedikit-sedikit biar melek koding juga.

    Semangat terus mas sofyan...💪

    ReplyDelete
  3. Kalau saya bisanya otodidak copas kodenya, kalau bikin sendiri nganga hahahaha

    Saya dulu sering banget menghabiskan waktu seharian cuman buat utak atik coding, terus saya cek , ampuunnn banyak banget erornya dan jadinya blog jadi lelet.

    Makanya saya balikin ke template dasar, terus saya nggak berani utak atik terlalu dalam lagi :D

    ReplyDelete
  4. Kalau urusan utak atik koding saya pusing Bang,...ngeblog yg penting tetap bisa mengungkapkan sesuatu lewat tulisan sekalian buat hiburan hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya.

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar. Terimakasih!

pilih pola label berikut:

Show more