July 02, 2019

3 Versi Layout template template blogspot dari masa ke masa

untuk template blogger
Bicara template memiliki sejarah tersendiri. Sejarah adalah jejak dan catatan di dalam waktu, dan di dalamnya ada buah karya mendasar dari para desainer template blog. Tapi yang akan kita bahas disini adalah bagaimana  ujud dari template template tersebut menurut versinya masing masing. Mari kita mulai.

Sepanjang sejarahnya blogger telah memiliki 3 jenis layout template blogger, apa sajakah itu?

1. Template klasik. (Theme dan layout versi 1 - versi pertama)
Template blogger yang pertama adalah template klasik, dipergunakan sejak tahun 2004 semenjak Blogger tidak lagi berada ditangan Pyra Labs. Hingga kini template ini masih ada pada pengaturan blogger dalam bentuk dokumen HTML. Sampai tahun  2009 tema klasik adalah satu satunya bentuk muka halaman blog yang dikenal orang.

Template ini tentu saja tidak responsive, dan pada waktu itu belum ada gagdet hape dan tablet bahkan yang punya laptop saja masih terbatas. Maka banyak orang yang ngeblog melalui kantor tempat mereka bekerja. Kalau di hitung hitung saya baru kenal blogger tahun 2012, itupun belum ngeblog seperti sekarang. Jadi template klasik memang tidak perlu responsive menurut masanya. Template responsive itu datang setelah ukuran layar perangkat (secreen) dibuat berbeda beda dengan berbagai ukuran.

Dan template responsive menemukan bentuknya ketika tiba tiba orang menyadari bahwa mereka bisa mengakses internet melalui layar mobile dalam genggaman mereka (hape).

Cara melihatnya adalah, pada setiap kali penggantian template default (bukan template berbeli) sobat scroll pilihan template sampai ke template paling bawah karena disana hingga kini masih ditampilkan opsi atau pilihan kembali ke template klasik:
Kembali ke template klasik
Sobat bisa memlih "kembali ke tema klasik" atau "tampilkan tema klasik" untuk melihat kode kodenya secara keseluruhan.
dinamakan template versi 1

Kembali ke tema klasik
Jika sobat memilihnya maka tampilan blog sobat akan nampak seperti link demo dibawah ini:
DEMO 
Pada setting dasbor terdapat perbedaan template layout versi pertama ini dengan versi ke 2 dan ketiga, yakni tidak terdapat opsi PENGATURAN TEMA, tidak terdapat opsi DESIGNER BLOGGER.

Namun ketika memilih tema klasik Google melalui pengaturan telah memberikan peringatan. Template ini memang sudah sangat tidak direkomendasikan lagi sesuai dengan zaman, template ini sudah layak masuk musium. Namun jika sobat merasa template klasik itu antik dan membuatnya atau memodifikasinya menjadi responsive tentu saja tema akan terlihat unik, jadul namun bernilai historis!

Saya sedang menggarap satu template klasik sehingga memiliki kemampuan adaptive layaknya template versi 2 dan template blogger versi 3.

Template itu saya bayangkan akan menjadi unik: Klasik murni, dinamis dan modern sekaligus!

Tampak struktur kode sangat sederhana dan sintaks sintaksnya terlihat sudah tua dan ditinggalkan, namun dasar kode kodenya masih terpakai hingga ke versi template versi 3.

2. TEMPLATE DINAMIS (Layout versi 2)
Tahun tahun setelah tahun 2004-2009 adalah tahun perubahan disebut juga sebagai tahun millineal, ketika laptop semakin umum dipergunakan bahkan oleh pelajar. para desainer website mulai membayangkan sebuah halaman yang dapat ditampilkan dengan mudah dan responsive pada setiap ukuran layar. Pada kode CSS tampaknya manipulasi untaian kode @media Screen mulai umum dipakai. Mulailah desain template baru dibuat. Dan template versi ke 2 diperkenalkan dan ditambahkan kedalam dasbor blogger dengan  varian varian yang lumayan banyak juga, yakni sebanyak 7 jenis dengan varian varian yang berbeda beda:
  1. Template simple atau sederhana (7 varian warna)
  2. Template dynamic atau dinamis (7 varian gaya)
  3. Template Jendela gambar atau windows picture (3 varian)
  4. Template awsome inc. atau PT. Keren Sekali (6 varian warna dan gaya)
  5. Template watermark atau tanda air (3 varian warna)
  6. Template ehteral atau kelembutan (3 varian warna)
  7. Template Travel atau perjalanan (4 varian warna)
Berdasarkan template template inilah para pembuat template pihak ketiga melakukan modifikasi ulang dan menjual kembali kepada blogger dalam bentuk dan fitur yang lebih dinamis, responisve dan tampak lebih modern.

Template template ini masih banyak dipakai hingga sekarang namun dalam bentuk fitur yang jauh lebih responsive setelah dimodifikasi ulang oleh pihak ketiga termasuk editblogtema. Untuk mengetahui apakah template sobat support "layout" versi ke-2 amatlah mudah: Masuk kepengaturan blogger, pilih tema atau theme, pilih edit HTML, maka pada halaman paling atas editor HTML template blog akan terlihat kode berikut:
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html b:version='2' class='v2' expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:lang='data:blog.locale' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
<head>
<meta expr:content='data:blog.isMobile ? &quot;width=device-width,initial-scale=1.0,minimum-scale=1.0,maximum-scale=1.0&quot; : &quot;width=1100&quot;' name='viewport'/>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
Perhatian kode HTML XML "layout"  yang saya merahkan jelas menunjukan itu. Sedangkan pada template terbaru seperti Contempo, Soho, Emporio dan terkemuka kita akan akan melihat format HTML XML sebagai berikut:
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html b:css='false' b:defaultwidgetversion='2' b:layoutsVersion='3' b:responsive='true' b:templateUrl='indie.xml' b:templateVersion='1.3.0' expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
<head>
<meta content='width=device-width, initial-scale=1' name='viewport'/>
<title><data:view.title.escaped/></title>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
Saya masih memakai template ini (yang tentu saja saya kombinasikan dengan widget widget dengan layout versi 3)

3. New template (Layout versi 3)
Tahun 2017 Google mengumumkan template jenis terbaru yang jauh lebih responsive dan mobile friendly. Template ini sangat adaptive, mampu tampil sama baiknya baik melalui layar desktop, laptop, tablet hingga layar hape. Tempalte ini tentu saja sangat baik bagi blogger pemula yang menginginkan konten kontennya cepat terindex Google.

Seiring dengan dirilisnya template ini Google juga memperkenalkan sebuah project template baru yang sangat mobile: Template AMP (Accelerate Mobile Page) Namun secara umum template terbaru diatas sudah sangat baik buat blogging modern. Dari template yang cantik, modern hingga struktur yang baik berisikan tag tag yang sangat mudah terbaca oleh robot robot txt. Saya tidak akan membahas perihal template AMP ini karena saya telah menulisnya cukup panjang lebar pada artikel:
Baca juga: PANASARAN SEPERTI APA SIH TEMPLATE AMP ITU?
Google kemudian mengumumkan akan menendang halaman web yang tidak responsive, ini tentu saja menjadi peringatan bagi blognya yang masih menggunakan template klasik (template versi pertama)

Jika sobat ingin lebih jelas Template template dengan layout versi 3 ada 4 jenis dengan masing masing terdiri dari 5 varian dan warna, sebagai berikut:
  1. CONTEMPO, terdiri dari 5 varian dan warna
  2. SOHO, terdiri dari 5 varian dan warna
  3. EMPORIO, terdiri dari 5 varian dan warna
  4. ETHERAL (terkemuka) terdiri dari 5 varian dan warna
template versi 3
Demikianlah  tiga versi layout template blogspot dari masa ke masa hingga saat ini. karena saya membangun blog ini berdasarkan bagaimana cara memodifikasi template buat blogging di blogspot, maka saya menyediakan tutorial tutorial yang sobat butuhkan untuk memodifikasi dua versi layout template bawaan (default) blogspot. Yakni layout versi 2 dan versi 3. Jika nanti "projek" saya selesai memodifikasi template versi pertama agar dapat digunakan jadi lebih responsive dan mobile, tentu akan saya tuliskan juga tutorialnya.

Salam.

www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist