June 01, 2019

Ingin pengasilan tinggi sebagai programmer? Kuasai 4 bahasa program ini!

programmer job
Setiap tahun bahasa program bergerak mengikuti dinamikanya, nah pada tahun 2019 jika merujuk kepada situs situs dan perusahaan besar yang menggunakannya seperti Facebook, Google, Apple dan Micrsoft maka tersusunlah pola yang jelas sebagai berikut:

1. Python

Sejak beberapa tahun terakhir Python terus saja menanjak kepopulerannya, jika sobat ingin cari uang di dunia programmer, bahasa program yang satu ini wajib di kuasai. Sobat bayangkan saja setiap pengembang paling sedikit satu kali menggunakan Python dalam karir programmer mereka.

Lihat apa kata PYPL ketika menunjukan dengan jelas posisi dunia bahasa yang satu ini dalam puncak daftar teratas:
python programming language
Alasan mengapa Python menjadi semakin popular adalah:
  • Mudah dipelajari, sintaks-sintaksnya mirip bahasa manusia. Sobat bisa membuat program yang rumit dengan pasangan kode kodenya.
  • Mempunyai library yang berbeda beda (Contoh: Django, Keras, SciPy, dan banyak lagi) yang sangat memudahkan sobat mengembangkan pembuatan aplikasi.
  • Eh ini yang paling saya suka: Banyak sumber online untuk belajar Python secara otodidak melalui internet. Kalau misalnya menemukan kesulitan langsung tanya sama mbah Google, sepanjang yang saya alami selalu langsung ketemu pemecahannya. (Jangan samakan Google dengan Google yang dulu, dulu orang belajar melalui Google kena ejek, namun sekarang Google memiliki kemampuan jauh diatas guru real)
  • Python mendukung berbagai sistem dan platform, mau diterapkan ke Microsoft, oke. Mau di terapkan ke Fcebook oke, Mau diterapkan ke Google yang empunya blogger juga oke, dll.
  • Yang menguasai bahasa program Python biasanya adalah para pengembang yang bayarannya pasti tinggi, misalnya pengembang web, pembelajaran mesin atau machine learning, dan data sains. Mau tau gaji rata ratanya orang orang yang menguasai bahasa yang satu ini? Tidak jauh pada kisaran 70.000 hingga 150.000 dollar Amerika! Wow. Tapi...itu tergantung tingginya pengalaman, lokasi negara, domain lho..

2. Java

Menurut saya programmer yang gak menguasai Java itu sungguh terlalu-lalu. Ini bahasa tua yang mudah dipelajari. Bahasa tingkat tinggi yang sintaks sintaksnya juga mirip bahasa manusia. Dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsystems sejak tahun 1995 yang silam. 

Java ini juga yang menjadi basisnya platform plus aplikasi aplikasi Android hape yang mungkin sobat dan saya sedang pakai sekarang, banyak sekali aplikasi yang telah dikembangkan dengan bahasa program Java, sebagai contoh: JPC, Think Free, NASA World Wind, Blue-Ray BD-J dan masih banyak lagi. Tadinya Java sempat merajai ranking nomor satu bahasa programming yang paling banyak dipakai di dunia, namun kali ini dia sudah digeser oleh Python namun bagaimanapun Java masih nomor 2 sebagai bahasa program yang paling banyak dipergunakan di dunia fana ini.
Java programm language

Alasan mengapa bahasa ini wajib dikuasai adalah:
  • Java adalah bahasa tingkat tinggi yang membuatnya mudah dibaca, ditulis dan difahami. (karena sobat harus tahu dalam programming justeru bahasa tingkat rendah yang paling sulit dipelajari, contoh bahasa mesin dan assembly)
  • Bahasa program Java sekali di tulis dapat dijalankan di berbagai aplikasi yang berbeda beda. Artinya sobat dapat juga menjalankan java pada platform platform yang berbeda asalkan dia menjalankan mesin virtual Java. Sobat dapat menjalankan program pada platform Windows dan juga pada Platform Mac tanpa harus melakukan perubahan apa apa. Wow sekali, bukan?
  • Jelas sekali Java adalah 'object Oriented Programming Language' atau bahasa program yang berorientasi kepada objek atau terkenal dengan singkatan OOP, yang memungkinkan sobat mendefinisikan data struktur. Membuat class dan fungsi. Objek yang telah dibuat dapat digunakan kembali pada aplikasi yang lain dan berbeda. Hal membuatnya sangat memudahkan kita dalam penulisan program.
  • Tersedia banyak sekali library dari pihak ketiga.
  • Memiliki komunitas pengembang yang sangat besar dan masif, 45% pengembang stack overflow menggunakan Java, jika misalnya sobat menemukan masalah dalam pengembangan aplikasi, sangat mudah mendapatkan bantuan dari sesama pengembang.

3. JavaScript

Banyak yang berpendapat bahwa JavaScript itu bukanlah bahasa program yang sejati, tetapi karena posisinya sekarang nomor tiga paling banyak dipergunakan pada tahun tahun terakhir, khususnya pada tahun 2019, predikatnya sebagai bahasa program telah begitu melekat. Ada juga yang menyebut JavaScript sebagai "webpage"  suatu bahasa yang memungkinkan sobat menambahkan fungsionalitas pada halaman web sobat. Bahasa ini dipergunakan memang untuk membangun website dan aplikasi web.

Misalnya sobat bisa animasi yang menakjubkan dan efek yang membuat halaman web sobat menjadi lebih interaktif dan terlihat hidup dihadapan pengunjung, sungguh Blogger banget ya sob...bahasa ini yang sering saya gunakan untuk membentuk fungsi daripada tombol tombol navigasi editblogtema.

Tidak mengherankan menurut hasil survey dari Stack Overflow pada tahun 2018 yang lalu, JavaScript menjadi bahasa program no. 3 yang paling populer di muka bumi.
Bahasa program JavaScript

Alasannya mengapa dia begitu populer:
  • Bahasa program JavaScript adalah bahasa program serba-guna. Lagipula saya jamin sobat pasti tahu bahwa sangat mungkin kita mengembangkan seluruh aplikasi web hanya dengan menggunakan JavaScript menggunakan Vanilla JavaScript untuk bagian "front end" dan lalu menggunakan nod.Js untuk bagian "back end" nya. Bagi saya ini sangat hebat.
  •  JavaScript mudah dipelajari dan diterapkan karena dia juga bahasa tingkat tinggi yang lebih mirip bahasa manusia ketimbang bahasa mesin.
  • Sampai saat ini permintaan untuk pengembang yang ahli JavaScript masih sangat tinggi. Artinya sobat akan menerima bayaran yang tinggi jika menguasainya.
  • Banyaknya Framework JavaScript seperti React, Angular, dan Vue.Js, yang memungkinkan sobat mengembangkan website dan Aplikasi Web lebih efesien.
  • Komunitas JavaScript juga besar, sehingga tidak usah kuatir tidak mendapat peluang projek atau pekerjaan.

4. C#

Ini bahasa program yang dikembangkan oleh Anders Hejlsberg di Microsoft, di bangku sekolah sobat pasti pernah belajar atau paling tidak diperkenalkan dengan bahasa bahasa ini: C, C+ dan C# bukan? Dia adalah bahasa program yang berorientasi ke objek seperti layaknya Java. Dibangun pada tahun 2000 banyak orang beranggapan bahasa C# adalah bahasa hibridnya daripada C, dan C++. C# paling banyak dipergunakan untuk membangun aplikasi windows microsoft dan game. C# juga semakin populer untuk mengembngkan aplikasi mobile.

C# termasuk bahasa program yang paling cepat menjadi popular semenjak dia ditemukan, dipergunakan diseluruh permukaan bumi oleh perusahaan perusahaan besar sperti Microsoft, Stack Overflow, dan Intuit.
C# programming language
Alasan mengapa bahasa yang satu ini menjadi bahasa program wajib ditahun 2019 adalah:
  • Karena jika belajar C# akan memudahkan sobat belajar bahasa C, dan C++, jika misalnya soat berniat mempelajari kedua bahasa tersebut nantinya.
  • Bahasa C# ini sangat mudah dipelajari oleh pemula sekalipun, bahasanya level tingkat tinggi, sintaks sintaksnya mirip bahasa Inggrisnya manusia sehingga mudah sekali dibaca dan difahami.
  • C# di ketik secara statis berarti kode kode yang sobat tulis dapat di periksa kembali jika ada error sebelum di jalankan ke dalam program. 
  • Bahasa C# terus menunjukan pertumbuhan yang stabil dan signifikan, jadi gak suah kuatir bahasa ini akan mati. Adalah tepat jika sobat ingin menjadi pengembang jangka panjang dengan menggunakan keahlian bahasa program C#.
  • Pada umumnya pengembang yang menggunakan bahasa C# dibayar mahal, rata rata di bayar 89.000 dollar Amerika.
Ada lebih dari 700 bahasa program di atas dunia namun hanya beberapa yang berada di puncak daftar karena mudah, mendatangkan penghasilan tinggi, sangat berguna dan banyaknya dipergunakan, Jika sobat memutuskan ingin belajar bahasa program pada tahun 2019 ini keempat bahasa program diatas dapat dipertimbangkan.


www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

2 comments:

  1. apa daya,,,bahasa yang saya kuasai cuma bahasa indonesia, bahasa sunda dan bahasa jawa hhhhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau itu bahasa WAJIB SEKALI. he he he saya juga mau

      Delete