STRATEGI SEO UNTUK PEMULA, CARA MENAIKAN RANKING WEBSITE GOOGLE TERBARU.

seo untuk bisnis
kredit gambar: Google, pexel
SEO itu sederhana saja

Tidak terasa waktu berjalan ya sob, perkembangan teknologi informatika terus saja melaju. Segala peristiwa yang telah kita lewati sebagai websider (baca: blogger) tidak terluput dari perubahan perubahan yang mengalir melalui pundak dan tangan kita.

SEO menjadi semakin penting terutama bagi sobat yang telah menjadikan halaman website (baca: Blogger) dengan tujuan cari uang.

Sesungguhnya SEO itu sederhana saja: Seseorang mengaku punya sesuatu untuk di tawarkan atau di "jual" kepada kita melalui website, tetapi kita harus waspada jangan sampai membayar uang kepada penipu. Dalam banyak kasus cara diatas tidak akan berhasil, alih alih mendapatkan trafik dari pembaca malahan nanti akan berbalik menghancurkan reputasi website kita.

Karena penggemar berat SEO memang orang yang sedang menjalankan bisnis, pegiat monotesi (publisher adsense yang blognya di penuhi iklan) dan promosi lainnya.

Sama seperti menjaga kesehatan tubuh: Olahraga dan diet yang baik adalah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan, konten yang baik adalah satu-satunya cara yang benar untuk mencapai peringkat Google yang baik. Ingat, konten dan konten bukan trik dan tipu daya.

Faktor trafik Organik dan berbayar

SEO dapat di klasifikasikan menjadi dua, yakni Organik (alami) dan berbayar, yang organik (alami) ini terjadi secara alami pada halaman mesin pencari kita sebut SERP. Pengunjung yang kita dapatkan adalah para pembaca yang ngefans sama halaman web kita. Mereka tertarik dengan konten konten yang kita sajikan. Akan tetapi hasil trafik yang tinggi adalah kombinasi diantara keduanya baik yang alami maupun berbayar tergantung bagaimana kita dari awal telah mengkontruksi situs dan konten blog  kita secara baik dan benar.

Mungkin sobat mendapatkan trafik organik dari kenalan baik di facebook, di instagram, whatsapp dan semuanya tentu saja terkait langsung dengan apa yang sobat taawarkan berupa konten yang menarik dan bermanfaat yang membuat pengunjung merasa berharga jika terus berkunjung. Memelihara pengunjung organik biasanya tidak terlalu sulit asalkan sobat tetap konsisten dengan konten konten yang berkualitas.

Hasil dari SEO berbayar sering dirujuk sebagai PPC (Pay per Click) adalah hasil usaha kampanye berbayar dari pemilik blog atau website manyasar kepada trafik organik atau pengunjung alami mereka yang akhirnya mau mengklik produk yang kita tawarkan di dalam situs kita. Sebaiknya produk yang ditawarkan relevan dengan minat mereka.

Mendapatkan pengunjung berbayar bisa melaui facebook fanpage, atau  google adwords dengan syarat sobat membeli paket kampanye berbayar untuk mempromosikan konten atau produk sobat. Biasanya kampanye ini sangat efektif menaikan trafik bisa berpotensi mendapatkan trafik puluhan dan bahkan ratusan kali trafik organik, ada keuntungan jika sobat konsisten trafik berbayar ini bisa menjadi trafik organik. Artinya mereka akan tetap diberi notifikasi setiap kali website sobat di up to date misalnya melalui facebook fan page. Kampanye Media sosial biasanya sangat efektif.

Sedangkan SEO atau mesin pencari menggunakan persamaan matimatik yang rumit dan dikenal sebagai algoritma ranking, algoritme Google sendiri mengandalkan lebih dari 200 faktor individu untuk memutuskan hasil yang mana, dalam urutan yang mana, untuk kemudian dikembalikan ke pencari webnya.

Kirim URL website/blog ke Google

Untuk memastikan website atau blog sobat dapat di akses oleh jaringan mesin pencari, ikuti langkah berikut:

  1. Pastikan ya blog sobat tidak di setting salah dimana robot txt mencegah website atau blog sobat daripada terindex oleh mesin pencari. Robot robot ini mematuhi aturan atau protokol yang disebut robot txt. file. Lebih jauh perihal ini bisa ditemukan di Blogger Help Google.
  2. Pastikan konten konten sobat dapat dibaca oleh mesin. Hindarkan penggunaan flash, video dan gambar terlalu banyak. Ingat hingga saat ini robot txt masih belum bisa melihat gambar atau video, mereka hanya bisa melihat text dan halaman web saja. 
  3. Pastikan web atau blog sobat mempunyai internal link yang jelas. Contoh: Promosikan saja konten konten penting melalui Menu navigasi pada halaman awal (Hompage) seperti: Beranda, Produk, perihal, kontak. Ini bagus untuk mengarahkan atau memandu pengunjung dan mengarahkan mesin pencari ke konten sobat.
  4. Hilangkan konten duplikat, atau konten copy-paste. Ini akan sangat buruk buat website atau blog sobat karena bertentangan dengan cara server CMS dalam menyajikan konten. Lebih jauh perihal ini, coba cari saja di Google.
  5. Jika web atau blog sobat ditujukan buat bisnis, atau adsense pubslisher (ketika blognya telah diterima adsense), pastikan pentargetannya menggunakan keyword yang tepat. Bisnis yang sukses itu juga mentarget wilayah yang tepat, misal kalau sobat tinggal di batam masak mengkampanyekannya ke London, ya kan.

Kirimkan Sitemap ke Google

Untuk membantu pencarian sobat bisa membantu Google menemukan site atau blog sobat dengan membaut sitemap atau disebut juga "sitemap.xml" karena disanalah semua daftar konten sobat di tempatkan dan seberapa sering sobat mengupdatenya. Kunjungi halaman WebMaster Google untuk mengirimnya ke Google.

Bukan hanya konten Duplikat, halaman atau blog duplikat jauh lebih buruk lagi karena Google bot secara rutin mendeteksi hal ini (Google web-crawling tool) menyajikan hal seperti itu jangan sekali kali sobat lakukan. Bohong kalau sobat bisa selamat jika melakukannya, karena cepat atau lambat sobat pasti akan mendapat kan finalti.

Sekali lagi algoritma mesin pencari itu tidak bodoh, tetapi terus meningkat menjadi lebih pintar dari waktu ke waktu.

Terakhir jangan hanya terperangkap dalam lingkaran trafik antar sesama blogger.

Bagi pemula termasuk saya cara blogwalking sangat berguna untuk saling bersilaturahim antar sesama blog. I love it, really.
Tapi itu hanya akan dikenali oleh mesin pencari sebagai trafik komunitas. Bagaimanapun trafik itu sangat penting, karena biarpun kita adalah komunitas blogger yang sedang berusaha saling support untuk meningkatkan performa blog masing masing, para blogger juga adalah manusia sejati, jadi bukan trafik mesin artinya manusia dan trafik manusia adalah penting di mata Google.

Akan tetapi bot bot mesin pencari mungkin tidak akan memasukannya lagi kedalam performa peningkatan ranking blog. Sobat tahu setiap waktu algoritma mesin pengelola web milik Google terus saja berkembang semakin pintar, mendekati otak manusia bahkan melebihi dalam akurasi matimatis. Mereka juga tampak semakin pintar memilah mana blog yang menguntungkan bagi sisi bisnis dan mana yang hanya bertepuk tangan buat ramai ramaian saja

Tetapi benar, semakin sobat rajin blogwalking semakin luas jaringan sobat dan semakin terbuka saluran trafik kepada komunitas yang lain. Contoh karena mengikuti hobi saya akhirnya menemukan komunitas kodinger yang rata rata jago koding di website dan anggotanya terbilang lumayan besar. Lagipula disisi klien juga tampak bagus dengan banyaknya komentar. Misalnya tuh jualan produk ibu ibu, semakin banyak tanggapan pasti akan semakin dipercaya untuk berbisnis afiliasi.

Tapi kalau menaikan trafik belum tentu, perhatikan artikel yang saya tulis diblog adelinasasa milik Anissa, tidak ada komentar tapi pegeviews artikelnya luarbiasa, itu bukan karena saya jago bikin artikel, lho. Ada faktor x pada setiap halaman blog, tak heran blognya sudah mendapatkan pageviews jutaan kali.
pageviews artikel
Tapi jangan mengkesampingkan blogwalking karena pahala bersilaturahmi juga semakin berlipat ganda jika kita ikut memberikan konstribusi yang tulus dan ikhlas demi kebaikan sesama. Hanya saja robot txt tahu bahwa kitalah yang telah melakukan kegiatan saling berkunjung bukan trafik yang "bisnis oriented"

 Jadi lakukan invansi dengan segera.


www.editblogtema.net


Comments

  1. Bisa dipakai nih mas triknya,..cuma untuk seo memang terkadang untung-untungan mas ya πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga sih tapi untuk blog monotesi seperti kata kuanyu hal ini wajib

      Delete
    2. Sip mas,..terima kasih atas masukannya,.mungkin saya harus banyak belajar lagi nih tentang seo dari mas πŸ˜€

      Delete
    3. disarankan jangan belajar dari saya: belajar ke Neil Patel. Saya kan cuma brain storm

      Delete
    4. Wah, masnya merendah πŸ˜†

      Delete
  2. Sip...sip...banget....
    STRATEGI SEO saat ini sangat sangat penting untuk di ulas, mengingat persaingan page on di search sangatlah ketat,

    dulu saya juga pernah mengitruksikan kerpada para blogger bahwa kedepanya persaingan antar blog semakin ketat, bekali blog dengan seo super canggih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kebetulan saya mengikuti twitter akunnya John salah seorang petinggi di google sumber seperti ini pastinya lebih terpercaya dan akurat

      Delete
  3. Sizi takibe aldΔ±m banada beklerim =)

    ReplyDelete
  4. Blogwalking buat meramaikan kolom komentar saja, biar secara networking terlihat bagus. Ya meski biasa saja di mata Google, tapi lumayan bagus dimata agency hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agensi sudah faham😁😁😁

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya.

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar. Terimakasih!

pilih pola label berikut:

Show more