Ngeblog: Menulislah jika ingin hidup seribu tahun lagi

Sesungguhnya, jauh lebih baik seorang pengunjung yang datang karena merasakan manfaat daripada konten konten anda ketimbang pengunjung palsu yang berujud robot. Bahkan manusia asli kadang berubah sifat menjadi robot, datang, berkomentar dan pergi. Padahal konten anda bukanlah konsen mereka. (J.Smith, web developer)

Khairil Anwar akan hidup seribu tahun lagi ketika kata katanya yang kuat dan keluar dari karakter yang bersumber dari seluruh emosi dan perasaannya itu ditemukan orang dalam bentuk digital dan gelombang telepatik dimasa depan. Khairil Anwar akan merambat gelombang waktu hingga keluar planet bumi.
crowd visitors
Bisakah blog kita mendapatkan kunjungan 100 ribu orang perhari?

Ya sulit, tapi tidak ada yang mustahil, tapi ingat mempertahankannya tidak akan semudah mendapatkannya. Waktu adalah adalah tolok ukur dimana kita menghitung segala usaha dan upaya kita, berjuang untuk terus "ada" dan selalu berada diposisi yang terakhir kita raih.

Sumber trafik blog terbaik masih dari Google, untuk ukuran nomor satu Google belumlah tergantikan. Lalu bagaimana mendapatkan traffik dari Google. Tabiat mesin pencari Google masihlah memakai umpan kata kunci (keyword) yang tepat, namun algoritmanya perlahan dan pasti mulai berubah faktor nasib dan kegigihan masih sangat menentukan.

Kebanyakan orang mengira blog dengan sebuah niche akan menjadi lebih efektif ketimbang gado gado, ini tidaklah terlalu benar. Ibarat sebuah toko jika tidak lengkap, pengunjung yang pernah mampir dan tidak mendapatkan apa yang dia inginkan tidak akan datang lagi. Dia juga akan menjadi sumber informasi bagi calon pengunjung yang lain. Namun kelebihan blog niche adalah kesetiaan pengguna khusus yang merasa kebutuhannya terpenuhi oleh Konten yang mereka butuhkan di halaman web kita.

Blog gado gado juga berat dalam hal konsisten karena banyaknya konsen yang harus dijaga. Jujur semakin lama pembaca semakin tidak tertarik pada kebanyakan blog kalau dia tidak benar benar unik dan bermanfaat. Kita menghadapi delima karena harus berhadapan langsung dengan media media besar yang "melahap" segalanya. Jadi niche tetap penting namun harus unik dan bermanfaat bagi orang banyak.

Baiklah mari kita perjelas: Kita menginginkan pengunjung artinya pembaca dan artinya banyak hal lain akan segera datang, tapi sungguh tidak dapat berharap dengan hanya mimpi dan "sim salabim"

1. Mematuhi mood atau mematuhi motivasi?
Mood bersifat sementara, motivasi adalah jangka panjang. Melatih mengendalikan diri itu penting dalam banyak hal termasuk dalam hal ngeblog, jika menurutkan mood bisa jadi hanya akan mentelantarkan pekerjaan dan usaha yang telah kita mulai menjadi sia sia. Kita dapat "memanage" pekerjaan dan diri kita dengan cara kita sendiri.

Ada banyak yang dapat kita lakukan untuk mengembalikan kekuatan diri yang tiba tiba "hilang" oleh peristiwa peristiwa rutin dalam hidup pada saat kita:
  • Mendengar berita buruk
  • Kehilangan kontrol terhadap emosi dan perasaan
  • Putus cinta dan patah hati
  • Marah dan kecewa.
  • Dll
Bukankah menulis adalah hal yang paling baik dapat kita lakukan untuk meredam semua itu. Bukan, bukan meredam namun menyalurkan emosi, kekecewaan, kesedihan, rasa putus asa dan ketakutan kita kelak semuanya akan terlewatkan dan mungkin saja akan berbuah manis.

Well, saya tuturkan pengalaman pribadi saat saya tidak bisa tidur pada suatu malam, mendapatkan berita sangat buruk yang sangat merugikan dan membuat saya kecewa sekali. Saya berfikir mengapa saya tidak melupakannya saja? Jadi saya nyalakan tablet dan meletakan keyboard bluetooth dan mouse didepannya.

Pairing.....1 detik rasanya abadi di saat semua orang tertidur dalam kehangatan selimut.

Layar hidup dan tersambung ke papan ketik bluetooth dan mouse sekaligus. Perasaan saya mulai sedikit teralihkan. Saya mengingat ingat apa yang tertunda yang seharusnya telah saya lanjutkan menuliksannya. Sebuah tutorial! Dan dengan pikiran saya mulai teralihkan, jari saya mulai menulis otak saya mulai bekerja secara logis menganalisa kode kode yang dapat saya manipulasi untuk sebuah bentuk desain yang akan saya tawarkan pada seseorang yang istemewa. 

Perlahan tapi pasti saya melupakan bahwa malam turun menuju pagi pukul 3, mata saya menganalisa kode kode Python, Java dan C++, logika saya seperti sedang bermain main.

Ayolah kamu bisa teriak sebuah suara dikejauhan mengguncang membran otak saya. Saya lupa bahwa tadi saya benar benar sedang bersedih dan terluka. Tiba tiba motivasi saya hidup kembali ketika beberapa problem elemen kecil terpecahkan. Saya meminum kopi dan menarik sebatang rokok. Dalam hidup banyak hal yang dapat kita lakukan untuk melupakan kesedihan. Besok saya akan bertemu dengan orang orang dan semuanya biasa biasa saja.

Kita dapat membunuh kesedihan dan mengabaikan bad mood kita, tapi jangan membunuh mimpi dan motivasi hidup kita.

2. Menulis dan membuat konten
Wajib. Ini hanya mengulang pesan dari Google itu sendiri. Konten adalah darah di jantung sebuah blog. Banyak blogger lebih sibuk mencari backlink ketimbang membuat konten. Padahal seiring waktu mesin pencari mulai mengabaikannya. Sama seperti halnya atribut atribut meta-tag, Google pagerank yang telah ditinggalkan dan sudah tidak penting lagi. Backlink dan ada yang lebih nyeleneh lagi memperjual-belikan blog blog zombie karena didalamnya ada backlink backlink tersimpan.

Tetapi sobat harus tahu pada update terakhir di salah seorang petinggi Google menegaskan blog lama lebih baik dibuang atau dilupakan saja jika sudah menjadi zombie (lama tidak diupdate), lebih baik membangun blog baru. Mesin pencari akan dengan mudah mengenalinya dan mengkesampingkannya di saat sekarang. Ini bukan zaman dulu. Ini adalah zaman perubahan cepat. Jadi jika sobat ingin Google mendatangkan pengunjung buatlah konten bermutu! Google akan menggiring orang yang membutuhkan konten konten tersebut ke website sobat.

Namun jangan keliru, konten yang bermutu menurut standar Google (mesin pencari) bukan menurut kita. Itu harusnya mudah: Karena apa yang disukai orang dan dibutuhkan pasti akan disukai oleh mesin pencari.

3. Konsisten dalam waktu.
Sobat jangan mengira setelah submit konten atau artikel bisa langsung di index oleh mesin pencari dan ketika dalam bentuk canocal, jutaan konten harus antri. Jika artikel sobat lambat bukan berarti artikel tersebut baik atau buruk dan tidak di index. Hanya memang perlu menunggu antrian. Artikel tentu harus melewati prosedur otomatis yang telah di instruksikan kepada mesin pencari. Ada yang berpendapat cepat atau lambatnya artikel di index tergantung template. Ini juga tidak terlalu benar, Kecuali soal kecepatan loading karena artikel yang memakai template fast loading pasti akan lebih cepat sampai ke lengan lengan jaring robot.Itu mah logis, saya juga kalau lebih cepat berlari pasti lebih duluan sampai ke garis finish.

Artikel juga perlu dipromosikan, Google juga dapat mencrawl lebih cepat melalui situs situs besar seperti twitter, facebook, kaskus, pinterest, reddit dsb. Saya jadi teringat waktu ngeblog di adedansasa.com belum mengerti apa apa, yang penting nulis saja. Tidak perduli apa kata orang.

Boro boro SEO ngirim artikel ke webmaster saja tidak pernah. Tapi ya ampun mungkin karena blognya sudah lama dan terus hidup artkel yang ditulis disana tetap menghasilkan lebih banyak pengunjung dari luar ketimbang editblogtema ini. Sayangnya memang akhir akhir ini ikut nulis disana jarang jarang sih.

Tapi adedansasa.com milik Anisas telah mendapat jutaan pageview jika dibanding ediblog yang baru ratusan ribu, artikelnya tidak memiliki banyak komentar. Namun beberapa tulisan tampak konsisten. Beberapa tulisan pernah juga viral sampai dibaca oleh ratusan ribu orang dalam waktu sebulan. Contoh artikel yang saya tulis disana:
visitor artikel adedansasa
Artikel di adedansa.com
Saya tidak mengerti megapa "kebetulan" tulisan itu dibaca orang apakah karena keywordnya secara tidak sengaja tepat? Itu hanya contoh agar kita menulis sebanyak banyaknya artikel yang berkualitas, karena beberapa artiukel pasti akan viral. Saya sudah analisa, itu bukan jingling atau sejenis kunjungan mesin, itu dari pengunjung organic, visitor unik dan para pengunjung yang mencari cari artikel dengan mengetikan kata kunci di mesin pencari. Entah apa yang mereka ketikan. Sementara satu artikel tutorial saya di editblogtema hanya mendapatkan kunjungan seribu orang dalam 15 hari, saya juga melihat mengganti template tidak terlalu mempengaruhi mood pengunjung, mungkin karena semua templatenya buatan saya sendiri.

Walaupun sesekali trafik turun hingga ke titik nadir, saya tetap menulis dan tidak memusingkannya.

4. Ingatlah menulis akan membuat hidupmu abadi
Buya Hamka berkata, jika ingin hidup seribu tahun, menulislah. Khairil Anwar menulis puisi, kebanyakan hanya puisi puisi singkat, namun dengan tegas dia mencoretkan kata katanya yang kuat:
"Dan aku tidak perduli, aku ingin hidup seribu tahun lagi"
Khairil Anwar akan hidup seribu tahun lagi ketika kata katanya yang kuat dan keluar dari karakter yang bersumber dari seluruh emosi dan perasaannya itu ditemukan orang dalam bentuk digital dan gelombang telepatik dimasa depan. Semangat Khairil Anwar akan merambat gelombang waktu hingga keluar planet bumi.

www.editblogtema.net


Comments

pilih pola label berikut:

Show more