June 20, 2019

Mengapa tiga blog ini ditinggalkan oleh pemiliknya?

Originator: Anissa Auliasari
Editor: editblogtema
Fully written with my Android Phone
Banyak orang mencoba ngeblog namun sebanyak itu pula orang yang mundur dengan kegagalan. Tidak kurang blog yang sudah "terkenal" juga demikian, tidak ada update lagi setelah bertahun tahun bahkan ada yang menu "contact" yang ditampilkan pada navigasi menubar-nya juga sudah menghilang. Tapi blognya tetap hidup trafiknya masih tinggi hingga 2 dan 3x lipat blog blog kebanyakan masih ada yang mendatangkan 1 sampai 3  ribu pengunjung setiap hari, sedangkan adsensenya masih jalan.
Banyak orang mencoba ngeblog namun sebanyak itu pula orang yang mundur dengan kegagalan. Tidak kurang blog yang sudah "terkenal" juga demikian, tidak ada update lagi setelah bertahun tahun bahkan ada yang menu "contact" yang ditampilkan pada navigasi menubar-nya juga sudah menghilang. Tapi blognya tetap hidup trafiknya masih tinggi hingga 2 dan 3x lipat blog blog kebanyakan masih ada yang mendatangkan 5 sampai 6  ribu pengunjung setiap hari, sedangkan adsensenya masih jalan.    Tetapi apa yang terjadi, sebagian pemiliknya menghilang bagai ditelan bumi, dan ada apa dengan blogger masa lalu?
Tetapi apa yang terjadi, sebagian pemiliknya menghilang bagai ditelan bumi, dan ada apa dengan blogger masa lalu?

Mengapa dunia seolah berhenti di tahun 2018. Sementara kita baru saja mulai melangkah menuju arah yang pernah mereka lewati juga. Aku (Anissa) baru mulai iseng ngeblog ditahun 2018 ketika masih duduk dikelas 2 SMA. Mencoba mengerti banyak hal searif dan sebijak mungkin sampai akhirnya kutemukan 3 blog ini, aku benar benar merasa ada masanya memang waktu akan berhenti bergerak. Ada masa ketika semua semangat berkumpul kemudian buyar seperti kepulan asap menuju angkasa hanya menjadi kenangan di balik tirai waktu yang tersibak. Seperti kenangan yang buram dari balik tirai kaca jendela.

Apakah ada waktu yang salah dimana orang yang benar telah mencoba yang terbaik sebisa mereka tetapi kemudian realitas menampik mereka. Ada banyak orang orang yang benar namun berada diwaktu yang salah.

1.Abdul Somad Marroko (http://somadmorocco.blogspot.com/)
Blog ini milik Ustazd Abdul Somad. Dibuat semasa beliau masih belum terkenal seperti sekarang. Berisi artikel artikel agama. Ada satu semboyan yang beliau kutip yang aku sukai: hidup sekali, buat berarti. Terakhir di update pada bulan Juni 2016. Blog ini masih menggunakan sub-domain blogspot dan menggunakan template tema sederhana. Dan dari analisa trafik statnya, Blog ini sangat ramai pengunjungnya pada waktu itu setelah beberapa tahun blog berjalan. Kalau mau dituruti Ustadz kerepotan berbalas komen dengan pengunjung.

Artikel blog beliau berjumlah 194 artikel yang ditulis selama 7 tahun. Tahun 2012 adalah masa paling produktif blog ini karena menghasilkan 70 artikel sedangkan tahun 2016 paling sedikit yakni hanya sebanyak 5 artikel, setelah itu beliau "pergi" dari blognya dan tidak pernah kembali lagi hingga saat ini.

Artikel terakhir beliau ditahun 2016 menghasilkan 208 komentar dan masih dikomentari hingga tahun 2019.

Dari beberapa fitur widget zamannya dulu yang disematkan hingga fitur profile ustadz yang yang telah di view hingga sampai saat ini telah menghasilkan tampilan profil - 121.720x pada waktu itu beliau relative masih muda terdapat juga lagu barat favorite ustazd: tears in heaven.

Tidak ada yang istemewa pada blog ini dari template yang sederhana apa adanya, jadul dan tidak ada kustomisasi. Tapi fakta bahwa ustadz Abdul Somad adalah seorang publik figur membuat semua kostumisasi tidak lagi berarti dimata mesin pencari. Blog ini memiliki performa tinggi karena pemiliknya.

Blog ini seandainya jika dilanjutkan dan memiliki adsense hampir dapat dipastikan akan menjadi sebuah halaman web besar yang memiliki jutaan pengunjung mengingat sosok ustazd Abdul Somad yang sudah demikian populer.

Tetapi melihat kesibukan dan apa posisi beliau sekarang, kita faham blog hanyalah sebuah cara beliau mengekspresikan diri dan setelah menemukan yang jauh lebih baik dan jauh lebih besar, kini beliau berada diatas semua itu. Inilah satu satunya blog yang dapat kita mengerti mengapa itu "berhenti". Ditahun 2016 yang lalu.

2.helpblogger.blogspot.com (https://helplogger.blogspot.com)
Blog tentang tutorial ini terakhir update adalah pada bulan Agustus tahun 2017 namun komentar pengunjung masih ada hingga penghujung tahun 2017. Di twitter helpblogger memiliki akun yang juga sudah tidak up-to-date lagi.

Blog ini menurut aku bagus, performanya dimata mesin pencari justeru semakin baik, berisi tutorial, tips dan triks blogger yang bagus dan mudah dicerna oleh pemula. Setidaknya bagus untuk masa masa tahun 2013-2015. Bahkan beberapa tutorialnya masih bisa diterapkan asalkan update beberapa elemen penulisan kode kodenya disesuaikan dengan kebutuhan masa sekarang.

Beberapa artikel mungkin sudah tidak dapat diterapkan lagi karena banyaknya hal telah berubah semenjak tahun 2017 sampai saat sekarang. Misalnya masalah responsibilitas halaman web atau blog yang revolusioner hingga isu isu template template AMP dan mobile, mengakibatkan beberapa widget tutorialnya tidak dapat lagi berfungsi sempurna.

Bahkan template yang dia tawarkan walaupun sudah terbilang cukup bagus pada masa dibuat ditahun 2013, sudah tidak cocok lagi untuk penggunaan tahun 2019.

Blog ini memang masih memakai alamat subdomain blogspot, ditulis dalam bahasa Inggris yang mudah dicerna, terlihat sangat baik dimata mesin pencarian karena begitu kita mengetikan kata pencarian perihal tutorial yang apabila terkait dengan artikel blog ini, maka artikel dari helpblogger pasti akan muncul dihalaman teratas. Navigasi blognya rapi mudah diikuti sehingga memudahkan kita memintas kepada artikel tutorial yang kita cari.

Sayang pemiliknya seolah menghilang begitu saja. Lagipula profile pemiliknya tidak tersedia untuk dilihat

Sepertinya pemiliknya berasal dari Asia selatan. Sampai saat ini aku masih mencari tahu mengapa blog itu berhenti. Dan mengapa di twitterpun pemiliknya sudah tidak aktif lagi.

3.ms.airinaa (https://www.airinaa.com/)
Blog yang satu ini terbilang bagus dan modern untuk tampilan, stylenya masih nampak oke sampai sekarang kujadikan referensi buat desain blog pribadi, walaupun beberapa widget juga mulai tidak di-up-to-date.

Sama seperti helpblogger blog ini adalah blog tutorial terakhir update artikel adalah pada bulan May 2018, setelah itu tidak ada satupun lagi artikel baru. Pemiliknya seorang wanita asal Malaysia, di tulis dalam bahasa Inggris.

Nampaknya airina banyak dipengaruhi oleh irshah desainer blogger level ahli pada forum bantuan blogger Google karena airina adalah konstributor pada blog AMP milik Irshah yang memberikan tutorial pembuatan template AMP.

Untuk performa memang blog airina masih tidak sekuat helpblogger mungkin karena usia blog yang relative masih muda. Atau pengaruh orisionalitas tema yang dipergunakan memang berbeda. Helpblogger menggunakan tema buatan sendiri berbasis tema default lama yang di kustomisasi. Templat Airin bergaya template generasi ke-3 buatan irshah dari jenis tema yang lebih baru.

Kesimpulannya adalah:
  1. Konten adalah nomor satu
  2. Setelah itu update
  3. Backlink hanyalah pelengkap (penjual jasa backlink jangan marah)
Blog kita ditahun 2019 mungkin terasa seret dan sepi, itu karena kita sudah ngeblog di waktu yang hampir salah, ketika blogging bukanlah sesuatu yang "hebat" lagi, apalagi blog baru. Perlahan tapi pasti algoritma mesin berubah, tidak ada backlink penting lagi.

Blog memerlukan promosi. Jika memang diperlukan promosikan atau kampanyekan blog dengan paket berbayar adword atau via fanpage premium. Pergilah kampanyekan melalui media sosial, sesikit banyaknya telah terbukti sangat efektif.

Jika tidak ya tetap harus memiliki kesabaran dan konsisten. Mungkin teman teman mulai pusing saat blogging telah berjalan selama berbuan bulan, mengikuti diskusi dan segala keluhan di forum forum, blog sepi dan malah menemukan istilah istilah ini:

  • SEO
  • Backlink
  • Keyword
  • Dll.
Dari contoh tiga blog diatas, jelas blognya helpblogger sangat mengerti perihal SEO, backlink dan keyword karena dia menuliskannya dengan gamblang didalam artikel artikelnya. Dia juga mengerti teknik web desain, menguasai HTML, CSS dan JavaScript dengan baik. 

Blognya pada akhirnya berjalan baik. Adsensenya tetap bekerja sampai saat ini.

Lalu ms. Airina jelas mengerti SEO, backlink dan keywords, walaupun blognya tidak terlalu baik dimata mesin pencarian. Pengunjungnya tergolong biasa biasa saja.

Akan tetapi apakah ustazd Abdul Somad Marroco mengerti ketiga hal diatas? Terlihat tidak! Dia tidak perduli SEO, backlink dan keywords, dia hanya menulis dan membuat konten. Perlahan tapi pasti blognya sangat ramai dikunjungi bahkan setelah 3 tahun dia tinggalkan tetap ada yang memberikan berkomentar.

Blognya jauh dari kata didesain dengan baik, sangat standar tetapi diantara ketiga blog diatas aku berani bertaruh, jika blog ini dilanjutkan dan kelola oleh seorang blogger biasa saja akan tetapi atas nama beliau niscaya blog ini bisa mengasilkan uang yang tidak sesikit dari adsense.

Tema blognya ustadz tidak responsive, apalagi AMP, tidak terlalu cepat namun tetap diakses orang orang dan dengan sabar oleh para pengunjung organik dan uniknya tetap menyempatkan diri singgah dihalaman ini, alhasil blog itu memiliki trafik tinggi karena sosok pemiliknya. Itulah sebabnya mengapa faktor "human" atau manusia masihlah nomor satu dalam menaikan menaikan trafik blog ketimbang backlink, teknik SEO, keyword dsb. 

Karena ustazd sendiri terdaftar sebagai keyword yang paling menjual dimata mesin pencari, karena ustazd adalah magnet backlink rasanya akupun rela memberikan backlinkku kepada ustazd.

Blog kita mungkin benar benar diabaikan oleh mesin pencari karena kita tidak berada pada posisi ustadz Abdul Somad yang tenar, yang segala hal mengenai dirinya ingin diketahui orang tidak perduli lawannya sekalipun. 

Ini bukan salah mesin pencari, tetapi itu hanyalah matimatik alam! Jika Rafi Akhmad dan dan para artis yang bikin blog, dapat dipastikan mereka memiliki "fasilitas" alami karena berada di posisi sebagai publik figur

Bayangkan, tanpa aktif saja profile Ustazd telah mendapat kunjungan hingga 120ribuan kali. 

Jadi SEO itu memang penting, keyword juga penting, backling juga penting, tapi sebenarnya sebuah halaman blog seperti editblogtema tidak terlalu membutuhkan teknik SEO. Blog ini non profit. Tapi aku mendukungnya jujur bukan karena blog ini adalah sebuah blog hebat, banyak yang lebih hebat, blognya teman teman mungkin jauh lebih hebat. Aku mendukungnya karena pemiliknya adalah seorang ayah, guru dan sahabat bagiku.
 
Jika teman teman ingin terus ngeblog satu satunya cara adalah: konsisten membuat konten yang berkualitas. Kita bukan jenis blogger seperti ustazd Abdul Somad, tapi kita bisa seperti helpblogger atau ms. Airina dengan sama mudahnya. Waktu pada akhirnya akan menunjukan siapa diri kita. La tahzan (Janganlah berputus asa)...

www.editblogtema.net

I am a student of Senior High School (SMA) I am living in Bandar Lampung, I am a passionately curious..

4 comments:

  1. Semoga saya tidak meninggalkan blog saya, bismillah....

    ReplyDelete
  2. Bisa dibalik nih, Jadi terkenal kemudian bikin blog hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah terkenal gak bakalan sempat ngeblog lagi kayak ust. Abd. Somad

      Delete