June 11, 2019

MEGA EMPORIO KELEBIHAN TEMPLATE BAWAAN BUAT BLOGGING

redesign
re-design UX and UI

  1. Nama template: emporio blogger dan setelah diredesain menjadi Mega Emporio
  2. Di desain ulang oleh: editblogtema.
  3. Status: Full re-designed
Lebih lengkap jika mengikuti panduan kami:

KELEBIHAN TEMPLATE BAWAAN BLOGGER:

1. Lebih Aman.
Template Bawaan Blogger jelas lebih aman dan termasuk dari peretasan (hacking). Template Bawaan Blogger akan tampil normal, tanpa error apa pun, karena jelas sekali konstruksi template dibangun berdasarkan kode kode yang wajib lolos verifikasi keamanan Blogger/Google.

Sementara template buatan pihak ketiga, yaitu terutama template gratis yang didesain khusus oleh para desainer tema, biasanya disisipi link automatis, baik link ke blog sendiri, maupun link untuk  menyimpan kode-kode dengan tujuan tersembunyi bagi pengguna awam (saya tidak menakut nakuti, karena kebanyakan itu benar)

2. Kemudahan modifikasi melalui tool Blogger desainer
Klik saja Tema/Theme lalu pilih "Customize" atau "Sesuaikan" untuk melakukan perubahan (edit/modifikasi) mulai dari ukuran, jenis huruf, pewarnaan, dan banyak lagi. Kita bisa lakukan kapan saja tanpa kuatir mempengaruhi trafik blog.

3. Fast Loading.
Pasti cepat. Google Blogger tidak akan menyediakan template yang sekiranya merugikan blogger. Semua template yang disediakan sudah memenuhi standar kecepatan tampilan, meskipun kita masih bisa meningkatkannya. 

Terakhir pada tahun 2017 blogger menyediakan 4 varian template yang lebih responsive untuk menjawab tantangan zaman, yakni: contempo, emporio, soho dan terkemuka masing masing varian memiliki 5 varian lagi dengan warna warni yang berbeda. Saya memilih emporio untuk di modififkasi ulang (full modifikasi)

Keempat template ini sudah responsive dan mobile friendly walau tidak diedit sekalipun.

4. Lebih Mudah Diterima Adsense
Anggaplah ini memang  hanya mitos, namun pada faktanya Template Bawaan Blogger sudah menyediakan ruang buat iklan AdSense di berbagai posisi. Iklan AdSense bisa dipasang langsung di Dashboard blogger. Tempat tempat iklan tersebut sudah di perhitungkan oleh ahli di blogspot, hanya saja terkadang user tidak dapat merasa puas begitu saja

5. Lebih SEO
Template Bawaan Blogger lebih baik ketimbang menggunakan template gratis hasil download dari desainer template blog, apalagi para desainer hampir semuanya menyisipkan link, bahkan pada beberapa template gratisan yang saya teliti terdapat link berbahaya karena template tersebut tidak up to date. Link link external yang sudah ketinggalan versi. Link berbagi masih menampilkan G+ yang telah tiada, link rawgit yang telah mati. dll.
Apalagi 4 model template terbaru: Contempo, Emporio, Soho dan Terkemuka yang telah di rilis sejak 2017 lalu, selain cepat secara default memang telah responsive dan mobile friendly. Plus

Kekurangan template default bawaan blogspot:

  1. Jika tidak di modifikasi, tampilannya akan sama saja dan bayangkan beribu orang akan menggunakan "pakaian" standar yang sama" jangan jangan nanti dikira halaman blog yang sama pula ya...
  2. Jika tidak di modifikasi sangat mudah dikenali sebagai template "gratisan" standar dan sering dianggap tanpa sentuhan seni design.
  3. Menu navigasinya jelas monoton. Biasanya dapat dibuat dengan widget page dengan menambahkan daftar link, tapi coba perhatikan kembali baik baik, sepertinya tataletaknya standard banget ya. 
  4. Misalnya pada template terbaru navigasi menunya hanya akan muncul pada homepage namun pada saat konten dibuka menghilang.
  5. Secara default tidak memiliki related posts. Yang ini seakan menjadi widget tambahan pada setiap blog premium
  6. Secara default tidak memiliki tombol back to top. Setiap template premium memilikinya.

Namun tentu saja banyak orang yang masih tidak puas dan ingin template berbeli yang premium, itu urusan selera. Kita ambil garis besar tampilan template premium sebagai berikut:
  • Memiliki ciri ciri Navigasi menu yang responsive dan mobile friendly
  • Memiliki kotak pencarian
  • Heading template yang dinamis
Kekurangan template buatan pihak ketiga/premium bahkan berbeli:
  • Template blogger buatan pihak ketiga dipastikan akan lebih banyak mengandung kode kode css, html, dan javascript tambahan. Jadinya lebih berat. Jikapun lebih ringan, dipastikan banyak kode penting yang dihapus, padahal sangat diperlukan untuk indeks Google yang sempurna.
  • Berbayar kalau premium (Yang premium tentu saja beda)
  • Sering terjadi ternyata lebih berat loadingnya setelah dipakai beberapa lama
  • Kredit footer dan link. (Mudah saja melihat template orang lain melalui inspect elemen, pasti akan ketahuan dia beli atau gratisan). Ini membuat keamanan template gratisan buatan pihak ketiga menjadi rentan disusupi.
  • Ini sangat mengganggu cita rasa profesionalisme he he he..
Jadi mengapa tidak menggunakan template bawaan (default) saja dengan segudang kelebihan dan keamanan bawaan lahirnya dan bisa di edit pula (untuk mengedit tema bawaan seperti Contempo dan Emporio, silahkan ikuti tutorialnya di blog ini)
Perhatikan kelebihan contempo template contempo setelah di full edit:

Fitur:
  1. Homepage: Grid style 
  2. Homepage sidebar: RecentPosts
  3. Support Blogger Designer: Ya
  4. Menu Navigasi: Mega dropdown menu responsive
  5. Menu/Tombol Pencarian: Responsive Kustom
  6. Sistem Komentar: Default
  7. Breadcrumb: Ya
  8. Related posts: Ya
  9. Footer/Credit: Widget
  10. Translator: Ya
Silahkan di coba, template ini sungguh ajaib, artikel artikel saya lebih cepat terindex sendiri. Sepertinya template bawaan memang memiliki kelebihan pada sisi server Google secara default. 

FITUR  UTAMA TAMPILAN:

Gallery1: Tampilan Homepage:
mega emporio theme
Tampilan Homepage template Mega Emporio 
Homepage memiliki fitur dengan tampilan grid dengan efek animasi khas emporio:

  1. pada tablet dengan posisi landscap: 2 grid, portrait menjadi satu grid dengan sidebar yang dapat di pasang widget seperti popular post, recent post, profile dll.
  2. Pada ukuran layar desktop dan laptop tampilan grid menjadi 3 grid dengan sidebar yang dapat dipasang widget-widget sesuai kebutuhan blogging.
  3. Pada ukuran layar hape/mobile/ponsel yang lebih kecil homepage hanya menampilkan 1 grid disesuaikan dengan layar namun seluruh fitur berfungsi dengan cara mobile.

Gallery2: Fitur tampilan Navigasi menu
Navigasi dengan fitur translator
Navigasi dengan fitur translator
Menu navigasi dirombak habis untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Navigasi menu memiliki fitur-fitur: Mega dropdown yang muncul apabila disentuh oleh mouse atau sentuhan jari tergantung memakai perangkat yang mana karena fitur ini responsive dan cukup mobile friendly.
  1. Tombol pencarian kaca pembesar yang sangat responsive
  2. Pada bar navigasi Tombol Homepage menyembunyikan fitur Header dimana judul blog ditempatkan ini hanyalah bentuk split
  3. Pada kiri bawah judul terdapat tombol translator yang berguna untuk mentranslatekan blog kita ke berbagai bahasa dunia. Jangan emehkan fitur ini karena akurasi translator sudah mendekati 99% dan terus saja meningkat.
  4. Pada bar navigasi Tombol Homepage Menu Guide, dan Mega masing masing akan menampilkan tiga kategori dengan masing tiga sub-menu yang berjumlah 9 lebih dari cukup untuk mempresentasikan konten konten blog sobat. Silahkan eksplorasi pada blog ini.
Gallery 3: Fitur tampilan konten.
Tombol berbagi dan related post
Tampilan tombol berbagi dan related post sederhana

  1. Halaman konten penuh, tidak ada lagi sidebar dan widget samping. Ini memenuhi desain modern kekinian (kecenderungan desain modern)
  2. Tombol berbagi lengkap, tesponsive dan ringan
  3. Related post fast loading karena sederhana, responsive dengan efek animasi.

www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

7 comments:

  1. Templete asli bawaan nlogger pada dasarnya juga keren mas ya,..cuma terkadang blogger enggan menggunakannya karena melihat templete yang lebih bagus 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Template bagus bagus memang banyak, dan banyak risikonya juga lebih banyak

      Delete
    2. Resiko itu biasanya dari mana ya mas dan karena apa ya kalau boleh tahu mas,.mungkinkah karena virus 😀

      Delete
    3. Jangan kuatir klo sudah beli biasanya terjamin alau kredit footrnya tetap terbaca, yang gratis banyak juga bepenampilan menarik tapi kadang berisi link tidak aman, tidak update, banyak link eksternal sudah mati dan jadi celah berbahaya. Tidak ada support teknis.

      Delete
    4. @kuanyu biasanya pake javascript vulnurble banyak ku temukan bs sisipin/deface

      Delete
  2. Saya juga bawaan blogger made in sendiri acak"an gpp lah ckckck 😃

    ReplyDelete
  3. Kalau saya masih setia yg gratisan mas, lumayan bisa buat latihan nulis hehehe

    ReplyDelete