Perbaiki, dan jangan pasang lagi widget widget ini ke blogger

widget bisnis pada layar
kredit gambar: pexel
Beberapa jenis widget atau gagdget  blogger yang dulu mungkin seru seru kini telah tiada. Beberapa template buatan pihak ketiga yang masih dipergunakan oleh sebagian blogger tampak masih mempergunakannya dengan link yang telah mati. Dibawah ini sedikit contoh beberapa widget atau gagdet yang telah mati atau tidak berfungsi lagi jika dipergunakan, baik gagdet bawaan blogger itu sendiri maupun widget buatan pihak ketiga (kustom).

Widget atau gadget pada blogspot biasa dipasang untuk medukung performa blog itu sendiri. Disarankan lebih baik pasang widget seminimal mungkin dan seperlunya saja untuk menghindari halaman blog menjadi lambat.

Widget widget ini biasanya dipasang di sidebar, di footer atau dibawah header blog. Bahkan beberapa widget adsense iklan dipasang di tengah postingan blog dengan memodifikasi template melalui halaman editor HTML, padahal secara default telah di desain oleh Google blogger sedemikian rupa agar aman dan tidak memblokir perendaran JavaScript, inilah beberapa widget dan fitur blogger yang telah "mati"

1. Fitur  yang sudah ditiadakan

Tiga opsi pemasangan gagdet telah ditiadakan
tampilan: Basic>More Gagdgets>Add your own telah ditiadakan semasa masih hidup
pada lay out tambahkan gadget pada pengaturan blogger sebelumnya terdapat tampilan fitur fitur disebelah kiri atasnya:
  1. Basic
  2. More Gagdets
  3. Add your own
Perhatikan gambar yang disilang merah. Kini 3 fitur itu sudah hilang tanpa disadari oleh sebagian blogger pemula. 

2. Google Plus Icon

Google plus profile
Google plus wiget semasa masih hidup
Seiring waktu Google plus runtuh, tidak bisa bersaing sama Facebook, Twitter dan bahkan kalah popular juga sama Instagram yang juga miliknya Mark Zukerberg. Goole Plus menyerah. Demikianlah kisahnya.
Dan bloggerpun merasakan dampaknya, bagi yang punya link dan punya banyak urusan "bisnis" ke Gplus jadi sibuk: Linknya mulai mati perlahan lahan. Pada template template bawaan blogspot tidak ada masalah, ikon ikon terkait Gplus termasuk Profile Gplus menghilang otomatis, Blogger terpaksa beralih ke profile native blogspot seperti zaman lawas.

Namun bagaimana dengan template template buatan pihak ketiga? Dan kebanyakan itu harus di up to date secara manual, yang kasihan adalah pengguna template gratis buatan pihak ketiga karena kebanyakan template template itu tidak memiliki support teknis dari pembuatnya dan sampai sekarang masih "memamerkan' ikon ikon milik Gplus namun dengan link yang telah mati.

3. Widget Translator buatan pihak ketiga

Blogger memiliki widget atau gadget miliknya sendiri secara default, tetapi banyak pembuat template dari pihak ketiga menjual template dengan widget kustom agar lebih sesuai dengan lay out desain mereka. Misalnya widget Google translate ini menggunakan link yang di konfigurasikan kedalam HTML/Javascript agar bekerja di blogspot, widget ini bekerja untuk 50 bahasa dunia:

Klik link Google Translate Tools dan pilih bahasa website (baca:blog) teman teman.
Sebaiknya gunakan semua bahasa.
Contoh pemasangan pada waktu itu: Copy saja kode yang muncul pada kotak :
Gagdet translator kostum
Tampilan link semasa masih "hidup"
pada dasbor wordpress misalnya, pastekan kode ke widget kosong yang muncul > Lalu seret atau drag widget ke sidebar tempat dimana teman teman ingin meletakannya. Perhatikan imagenya:

Ini memang menghasilkan widget yang berbeda dengan widget translator bawaan blogspot tetapi sayang sungguh disayangkan, Link itu sekarang telah di "disable" oleh pihak Google, karena ketika kita mengkliknya akan muncul auto-reply halaman landing yang menampilkan notifikasi sebagai berikut:
We no longer provide new access to Google Translate's Website Translator. This change does not affect existing use of the Website Translator.
We encourage users looking to translate webpages to use browsers that support translation natively.
Widget ini sudah tidak bisa dipergunakan lagi.

4. Open ID

open ID dan Komentar default
Sistem komentar dulu dan sekarang: open ID telah ditiadakan
Sebelumnya Blogger mengizinkan pengguna untuk berkomentar di blog menggunakan penyedia identitas OpenID  dari pihak ketiga, selain itu OpenID juga bertindak sebagai penyedia identitas ketika berinteraksi dengan sistem lain di internet.

Karena rendahnya penggunaan fitur ini, Blogger tidak akan lagi mendukung OpenID sebagai penyedia atau untuk membuat komentar pada sebuah blog, dan semua komentar yang sebelumnya menggunakan OpenID akan diubah menjadi Anonim.

Jadi, terkadang sering widget atau gadget sebagai fitur tambahan juga harus selalu up to date jika tidak ingin mendapatkan masalah pada penayangan halaman blog. Dan sebuah template blog itu sendiri secara keseluruhan mengandung banyak atribut, elemen-elemen yang selalu meningkat versinya dari waktu ke waktu. Terutama pengguna Wordpress yang suka memsang addon, terkadang addon-addon ini menimbulkan error hanya karena tidak up to date.


www.editblogtema.net


Comments

  1. iya sih bener, ya open id dan g+ itu karna ditutup juga. nice share mas

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya.

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar. Terimakasih!

pilih pola label berikut:

Show more