Skip to main content

Situs mana saja yang paling sering men"track" data pribadi dan kegiatan kita?

privasi dan kerahasiaan adalah milik anda seorang
Menurut DuckDuckGo kita semua selalu di tracking, di intip dan diikuti oleh situs situs yang kita gunakan dan tanpa terelakan kita telah menyerahkan dan mempercayakan hal hal yang bersifat pribadi kepada mereka. Saya juga sempat terkejut ketika salah satu VPN (Onavo) yang saya pakai di iOS ternyata tertangkap basah menjual semua informasi pribadi penggunanya selama bertahun tahun kepada Facebook. Padahal kita tahu Apple selalu berkoar koar akan berkomitmen selalu melindungi privasi sensitif penggunanya. VPN tersebut memang telah dihapus dari sistem oleh Apple tapi setelah bertahun-tahun "memakan hasil" dari menjual informasi pribadi dan rahasia kita.

Padahal saya pada waktu itu yakin Onavo sangat terpercaya apalagi karena dia berhasil menjadi salah satu aplikasi di dalam App.Store-nya iOS (iPhone dan iPad) sejak itu saya menggunakan VPN hanya apabila sangat terpaksa.

Situs situs besar terpercaya?

Rahasia pribadi adalah hak kita sepenuhnya, tidak boleh ada yang tahu kecuali hanya Tuhan, tetapi kini Tuhan bukan satu satunya yang dapat mengetahui hal tersebut, mereka ini mengatahui hal hal yang ingin kita rahasiakan bahkan memanfaatkannya untuk tujuan bisnis, uang, kekuasaan dan tidak menutup kemungkinan jika jatuh ketangan orang tidak bertanggung jawab akan berubah menjadi pemerasan.
Namun yang lebih parah ternyata situs situs besar terutama Google dan Facebook ternyata adalah penguntit paling berbahaya bagi kerahasiaan kita, saya jamin mereka tahu nomor rekening dan segala transaksi kita, bukan soal meragukan komitmen bisnis, tetapi ini adalah persoalan kepercayaan kita terhadap "sesuatu" yang sewaktu sewaktu dapat saja menghianati kita. Lihat Google, pada akhirnya menyerah pada tekanan pemerintahnya, dia dapat memutuskan kontrak sepihak dengan Huawei, itu contoh yang tidak biasa namun telah terjadi.

Tentu saja ada tindakan permissif seperti itu dan berkata kepada rekan bisnis: "Maafkan kami terpaksa" Tetapi bagaimana komitmennya jika menyangkut kepentingan pengguna yang tidak tahu apa apa? Tapi situs situs ini benar benar telah memiliki semua rahasia kita, mereka dapat menyalah gunakannya dengan mudah melalui tracking. Lihat bagaimana iklan melakukannya.

Google bisa menggunakan keyword, jika seseorang berniat membeli mobil kata kunci  pada mesin pencari akan menampilkan mobil bahkan type hingga ke detail detailnya dan itu hanya kata kunci basisnya tentu saja bukan orangnya itu bukan tracking. Tetapi ketika mereka membuat track untuk menguatkan tenaga iklan, mereka dan lalu menyimpan seluruh riwayat penelusuran kita, itu adalah tracking!

Bayangkan apa yang selalu sobat cari di internet? Pencarian (maaf) p*rno? Makanan? Kacamata? Itu adalah pribadi sobat. Tapi riwayat akan bercerita banyak: Seberapa banyak suatu pencarian pada objek setiap hari yang sobat lakukan? Jika itu jatuh ke tangan psikolog sok tahu dia akan memvonis sobat sebagai hipersex, maniak belanja dsb. Lalu jika informasi ini tersebar secara keliru, beberapa situs ikut mendiskreditkan pribadi sobat. Ini sungguh personal, dan ini adalah kehormatan dan nama baik juga. Tentu saja mereka tahu risikonya, tapi bagaimana jika kasusnya kemudian menjadi "lain" alias "menyimpang"?

Facebook juga melakukan hal yang sama, kadang pada wall kita tapil iklan iklan yang bukan minat kita hanya karena dia mencatat bahwa kita telah melakukan pencarian beberapa kali, dia lalu mengelompokan kita secara sistematis kedalam peminat iklan tersebut. Walaupun sebenarnnya kita tidak suka. Terakhir mereka mulai mempelajari sifat sifat dan minat kita terhadap segala hal melalui data data yang telah terkumpul dari para penjual informasi pribadi pengguna seperti halnya VPN onavo yang saya singgung diatas tadi.

Incognito adalah mitos

Kita juga di bohongi dengan opsi "incognito" atau opsi penyamaran dan mengatakan bahwa kita aman dari trakcing, tracking oleh siapa? Bahkan tentu saja kesempatan hacker untuk mentrack kita sangat kecil karena mereka hanya melakukannya pada kasus jarang dan khusus saja. Saya sungguh tidak dapat percaya 3 hal ini bisa aman dalam opsi incognito melalui alamat IP dan mekanisme browser fingerprint:
  1. Website yang kita kunjungi
  2. Data pekerjaan kita, sekolah, keluarga dan teman teman kita
  3. Penyedia internet atau Internet provider kita
Jadi incognito adalah mitos belaka.

Apakah kita tidak punya pilihan?

Paling tidak kita dapat membatasi ketergantungan kita terhadap internet dan menggunakannya hanya apabila diperlukan saja, tapi pada kenyataannya orang orang terlihat telah digiring agar kecanduan atau paling tidak dibiarkan menjadi kecanduan dan menjadi tidak perduli pada hal hal diatas dan menganggapnya sudah lumrah.

Jika di internet kita menghasilkan uang mungkin hal itu bisa dianggap sepadan dengan risiko personal kita yang terekspos ke media dan para penguasa bisnis informatika. Perhatikan grafik para pengintai yang selalu menguntit kita di bawah ini:
Siapa yang paling getol mengintip dan mengikuti kita?
Akan tetapi lebih seratus kali lipatnya pengguna internet hanyalah objek, pecandu dan kegiatan mereka hanyalah berpusat pada medsos, chatting bersama teman teman dan keluarga. Gossip telah berpindah menjadi rahasia yang disimpan di dalam perangkap pemilik perusahaan informasi! Kita membiarkan aib kita dicatat dan sewaktu waktu dibaca dan dipelajari oleh mereka.

Perhatikan facebook, bagaikan gambaran data data psikologi kita, wallnya penuh dengan status berisi keluhan, puja puji, caci maki. Lihat whatsapp isi chatnya berisi puja puji, hinaan, video dan gambar gambar berasal dari browser yang dengan mudah dapat di tracking.

Sesungguhnya kita dapat mengurangi risiko itu dengan:
  1. Mengurangi curhat, puja puji dan caci maki di medsos
  2. Menghapus selalu (membersihkan) riwayat browsing kita di browser
  3. Membuat pengaturan privasi pada medsos kita
  4. Mematikan opsi wilayah kita.
  5. dll
Privasi adalah milik kita yang paling berharga karena itu adalah hak kita sepenuhnya.


www.editblogtema.net

Comments

  1. wowww..tepuk tangan dulu dong buat admin ini. :)

    Tulisannya padat, berdaging, dan dagingnya enak dimakan alias tulisnnya gampang di cerna oleh otak saya.

    Infonya membuat saya meningkatka level ke waspadaan, hati2 dalam membuka informasi pribadi ke internet, ntar di jadikan target iklan, hahahah........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal bekerjasama dengan probider iklan ha ha ha

      Delete
  2. Saya baru sadar bahwa incognito juga enggak menjamin data personal kita aman ya mas,..terima kasih infonya mas 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya hanya mitos, tujuannya hanya agar pihak ketiga tidak bisa melihat aktivitas kita, tapi providernya tetap bisa melihat semua informasi dan password kita.

      Lepas dari mulut harimau masuk ke mulut buaya

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya untuk memudahkan kami menganalisa dan troubleshooting agar kami dapat membantu atau membantu memecahkan masalah seputar kode kode HTML, CSS dan JS template blog kalian

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Bagaimanapun pertanyaan, kritik, saran dan masukan dari kalianlah yang membuat blog ini tetap bertahan dan ada.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah karena terdapat problem yang muncul setelah template di buat dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal sudah di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki.

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tesebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list tadi hanya menampilkan tulisa…

BENANG MERAH CINTA SANG PENCIPTA

Andy Weir menulis sebuah cerpen pada tahun 2009, cerpen yang sangat menarik, indah sekaligus menakutkan jika dia bercerita perihal ide realitas hidup kita, semacam multiverse dalam fiksi sains dan fisika.
Aku adalah Tuhan dan Kamu sedang dalam perjalanan pulang ke rumah ketika kamu meninggal... Sebuah kecelakaan mobil, sebenarnya bukan peristiwa luarbiasa tetapi kematian tidak pernah memberikanmu pilihan. Kamu meninggalkan seorang isteri dan dua orang anak. Kematianmu itu tidak terlalu menyakitkan, paramedis telah berusaha menyelamatkan hidupmu, tetapi tidak ada harapan, tubuhmu telah hancur, dan itu lebih baik, percayalah kepadaku....
Dan disana, kamu akhirnya bertemu dengan Aku.

"Apa yang terjadi? " kamu bertanya. " Dimanakah aku kini ? " 
"Kamu sudah meninggal," Jawabku dengan suara datar. Bukan seperti nada yang menarik seperti yang kamu harapkan. 
"Apakah tadi aku ditabrak truk?...Sebuah tanjakan.." 
"Benar" Jawabku 
"Aku....…

Kisah UAS Dan Mellya Juniarti: Tidak ada yang abadi.

Sudah lama saya tidak menulis di halaman blog ini, karena lebih banyak terfokus pada pekerjaan sehari hari. Sampai akhirnya saya tergelitik untuk ikutan menulis tentang UAS, setelah membaca berita yang bertebaran di internet.
Menulis menurut sudut pandang saya sendiri. Atau lebih spesifiknya sebagai seorang blogger.

Fakta 1. Ustad Abdul Somad - Mellya Juniarti Resmi bercerai.
Peristiwa ini menarik perhatian saya apalagi tentang hubungan dua insan yang pernah bertekad memilih hidup bersama selamanya. Siapa sih yang ingin berpisah? Gambar di atas sudah bertebaran di internet, di medsos dan tidak akan dapat di hapus lagi dari dunia maya karena jalin menjalin sangat kuat di dalam library di dunia website.

Saya tahu itu karena saya peminat web dan mengerti segala impikasinya terhadap kehidupan dan privasi manusia pada saat ini. Dunia sekarang telah hampir kepada dimana dinding, lantai dan langit dapat mendengarkan setiap perkataan dan bahkan helaan nafas kita.

Ya, photo itu telah di postin…

PANDUAN LENGKAP MENGEDIT TEMPLATE EMPORIO

Untuk template blogger default versi 3 Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lain lain. Tidak perduli sobat memakai template premium berbeli atau hanya sekedar memakai template yang telah tersedia secara defau…

ALASAN MENGAPA MENGGANTI SISTEM ANDROID KE SISTEM OPERASI BARU NYARIS MUSTAHIL AKAN SUKSES

Huawei jelas sedang mencoba dan itu pasti akan ada harganya: Akan hadir sebuah sistem baru yang akan membuat kita panasaran seperti apa bentuk dan performanya jika dibanding dengan Android yang selama ini telah memberikannya "nyawa" untuk hidup dan menjadi sebesar sekarang.
Karena kita tahu sehebat apapun sebuah mesin gagdet tiada akan ada artinya tanpa sistem operasi, software dan aplikasi, maka suatu gadget  itu ibarat raga tanpa nyawa. Dilatari nasibnya yang ter"aniaya" oleh Trump (baca:Amerika)  tentu sangat menarik untuk mengikuti perkembangan nasib dari Huawei. Akankah Huawei tetap menjadi besar setelah menggunakan sistem operasinya sendiri?

Baca juga:
Siapa pemenang, siapa pacundang Amerika atau Cina? bagian pertamaSiapa pemenang, siapa pacundang Amerika atau Cina? bagian Kedua Oke mari kita simak penjelasan yang saya simpulkan dari pendapat para ahli mengapa hal itu sulit menjadi kenyataan:
1. Terlihat sederhana Platform mobile beserta ekosistemnya itu sanga…
Copyright © Editblogtema. All rights reserved.