Mungkin sobat ingin tahu: Apakah Google menggunakan bahasa pemrograman Python? | editblogtema editblogtema: Mungkin sobat ingin tahu: Apakah Google menggunakan bahasa pemrograman Python?

Logtema

×
tutorial dan teknik

Mungkin sobat ingin tahu: Apakah Google menggunakan bahasa pemrograman Python?

as popular programming language
Tulisan bersumber dari jawaban atau tanggapan

Radita Liem

Praktisi ilmu data, sistem terdistribusi, and komputasi performa tinggi

Jawabannya: Ya. Akan tetapi jika Python dianggap begitu leletnya untuk ukuran perusahaan internet sebesar Google, lalu mengapa masih di pergunakan?.

Sebenarnya tidak masalah karena Google menggunakan beberapa bahasa pemrograman untuk membangun langsung atau mendukung development situs, tidak hanya Python.

Setelah Googling singkat apa tech stack mereka, ada tiga bahasa pemrograman yang paling umum dipakai di Google:
  • C++ paling banyak digunakan karena bahasa ini memiliki fleksibilitas paling tinggi ketika digunakan di semua mesin dan memiliki performa terbaik di mana optimisasi kode yang 10% saja bisa menghemat uang milyaran US dolar.
  • Java digunakan untuk higher level server side code (penjelasan singkat, sebagai abstraksi dari kode-kode C++ atau assembly yang digunakan di mesin, Java menjadi penengah supaya programmer yang bisa bekerja tanpa harus mengutik-utik langsung kode C++ yang sudah teroptimasi)
  • Python digunakan di alat-alat infrastruktur internal (build system, code review system) dan beberapa web server yang tidak performance critical
Bahasa lainnya menurut Radita:
  • Javascript. karena Google berbasis web, Javascript everywhere is the norm :)
  • Go. Menurut saya fungsinya sama seperti Python atau Java, untuk web server internal atau abstraksi dari kode-kode mesin supaya gampang dipakai
Di jawaban Quora yang ada di catatan kaki, di salah satu jawaban mengatakan bahwa Python hanya digunakan di awal-awal Google dan Youtube (menurut saya ini sangat wajar karena memang Python sangat fleksibel untuk prototyping dan dengan performa yang cukup lumayan - if done right) kemudian beralih ke C++ untuk menaikkan performa.

Sebagai Perusahaan raksasa yang menjalankan produk produk besar yang diakses oleh jutaan manusia, wajar jika satu bahasa pemrograman tidak akan cukup. Dan kita seperti kita ketahui setiap bahasa pemrograman juga memiliki banyak kekurangan dan kelebihan masing masing. Python, Java C++ akan memiliki kelemahan dengan Tech Stack yang berlapis lapis yang sudah barang tentu tidak diperlukan jika saya hanya menjalankan usaha kecil, tentunya saya akan membutuhkan teknologi yang lebih baik dan simpel

www.editblogtema.net

Bagikan (share):

3 comments:

  1. wah nambah ilmu baru nih gan di blog sobat, sangat mencerahkan bagi ane yang masih pemula ini, jadi paham tentang google, makasih banyak suhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiya...ane memang hobi sama ilmu koding. Tapi belum jadi suhu😂

      Delete
  2. ngeri ada gambar ulernya,..he-he

    ReplyDelete

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan