Apakah Ark OS itu, mengapa Huawei memilihnya?

ilustrasi ark OS
Android dan iOS

Di dunia pada saat ini telah di dominasi oleh dua sistem operasi untuk PC, yakni Micrososft Windows dan MacCintosh Apple, walaupun masih ada ubuntu, linux dan sistem lain, namun yang paling banyak dipakai adalah sistem operasi windows pada laptop dan PC desktop.

Pada sistem operasi mobile yang terdiri dari perangkat tablet dan ponsel untuk masa kini Android dan iOS-lah yang menjadi rajanya, namun Android telah menjadi raja di rajanya sistem operasi mobile, tidak tanggung tanggung, hampir 90% sistem operasi mobile di dunia pada saat ini telah menggunakan Android!

Sistem Android menjadi hebat karena disupport oleh Google dengan aplikasi aplikasi seperti Gmail, google office, Google map, Google picture, Google maps dan sebagainya. Belum lagi playstore yang telah dipenuhi oleh berton ton aplikasi dan game dari pengembang yang telah dibayar oleh google dengan sistem bagi hasil.

Syimbian dan RIM

Dimasa lalu ada dua sistem operasi mobile kondang yang kini akhirnya mati suri: Symbian milik Nokia dan RIM milik Blackberry. Mereka memiliki gudang aplikasi sendiri, sistem email, hingga dukungan pengguna yang hebat kalau boleh dikatakan sama hebatnya dengan sistem operasi Android dan iOS dan dipergunakan secara luas diseluruh dunia.

Nokia dan Blackberry telah lama tersingkir dari arena persaingan gadget genggam dan digantikan oleh dua pemain utama: hape hape dengan sistem Android dan iOS. Kasus Huawei menjadi semakin unik: dia adalah perangkat mobile yang dikucilkan oleh Android karena tekanan politik dan perang dagang.

Oleh karena itu banyak pihak memprediksi, Huawei akan berpotensi mencetak sejarah dan menjadi legenda teknologi gadget di masa depan jika mereka berhasil melewati masa masa sulit ini.

Ark OS

Dan baru 4 hari yang lalu ketika artikel ini ditulis, Huawei kedapatan telah mendaftarkan sistem operasi mobile mereka sendiri EUIPO (European Union Intellectual Property Office)  yang diberi nama Ark OS yang akan menggantikan sistem operasi Android jadi bukan HongMeng OS seperti kita dengar selama ini.

Mungkin karena nama tersebut tidak akan menarik di Uni Eropa. Mereka memang telah mengujinya di Cina jauh jauh hari sebagai antisipasi jika peristiwa buruk seperti sekarang terjadi.

Menurut pakar nama Ark OS berpotensi lebih diterima oleh kalangan pencinta gadget telpon dan tablet genggam dimasa depan dan bisa menjadi salah satu mobile OS atau sistem mobile pesaing Android dan iOS di masa depan.

Akan tetapi untuk suatu gadget sebuah sistem operasi saja tidak cukup; dibutuhkan sistem enviromental, ketersediaan aplikasi utility, perkantoran dan game layaknya milik Android dan iOS.

Kabarnya Huawei mulai mengundang para develover aplikasi software dan game. Namun masih terlalu dini untuk menyatakan itu mudah dan berhasil, rencana B?

Kita lihat saja nanti apakah sistem OS mobile baru ini akan memiliki toko aplikasi yang dipenuhi oleh karya karya pengembang ternama seperti layaknya Android dan iOS.


Jadi jelas Ark OS dipilih oleh Huawei untuk menggantikan sistem Android yang terpaksa "diceraikannya" karena orangtuanya (Amerika) sudah tidak menyetujui atau merestui hubungan mereka lagi. Akankah Ark OS bisa langgeng bersama Huawei?

www.editblogtema.net


Comments

  1. Sepertinya si ark os ini bisa lebih canggih mas ya,..karena sudah diuji sejak lama hanya saja baru sekarang tercium oleh media masa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang bilang nama cinanya Hongfeng. Tapi namanya baru pasti gak akan bisa dengan mudah mengalahkan Android

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya.

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar. Terimakasih!

pilih pola label berikut:

Show more