TEMPLATE BLOG MANAKAH YANG PALING CEPAT VERSI GMETRIX? | editblogtema editblogtema: TEMPLATE BLOG MANAKAH YANG PALING CEPAT VERSI GMETRIX?

Logtema

×
tutorial dan teknik

TEMPLATE BLOG MANAKAH YANG PALING CEPAT VERSI GMETRIX?

Mengukur kecepatan sebuah blog adalah relative. Tool ukur juga memiliki perbedaan tolok ukur dalam mengukur kecepatan sebuah template blog yang dibuat oleh pembuatnya. Saya menggunakan tiga alat ukur: GMetrix, PageSpeed dan TestMySite.

Sobat Jangan heran jika soal kecepatan PageSpeed hampir mirip dengan GMetrix, tetapi cerita akan menjadi lain jika sobat mulai mengukur kecepatan template sobat secara mobile melalui TestMysite. Kecepatan mobile memang masih sulit jika di bandingkan dengan kecepatan loading sebuah halaman website pada desktop. Tolok ukur berbeda, namun bukan karena keduanya tidak benar.

Dengan dengan asumsi blogging adalah bersifat terbuka dan siapapun bisa mengukur dan menilai halaman blog kita melalui berbagai tool, saya memilih menguji halaman halaman blog blog ini:
  • editblogtema.net (halaman saya sendiri)
  • Mas Tamvan. mastamvan.blogspot.com
  • Arlina Desain. https://www.arlinadzgn.com
  • Mas Sugeng. https://sugeng.id
  • Igniel. https://www.igniel.com
  • Kompi Ajaib. https://www.kompiajaib.com
Saya rasa untuk fase ini cukup blog blog diatas sebagai bahan penelitian saya. Saya amat konsen pada kecepatan loading halaman non AMP.

PROBLEM KECEPATAN PADA GMETRIX

hanya dapat skor 34
hanya dapat skor 34 pada expires header
Pada GMetrix problem yang paling umum terdapat pada bagian YSlow, tidak banyak yang berhasil lulus uji pada bagian ini. Perhatikan saya gagal pada bagian ini nilai expires header saya hanya sampai 34, beberapa blog yang saya uji 74% masih memiliki nilai 0. Saya benar benar panasaran. Tetapi saya akhirnya menyerah ketika mengetahui performa ini hanya bisa ditingkatkan pada bagian pihak server, bukan pada pihak halaman blogger. Ini hasil saya, dan itupun saya dapatkan setelah menghapus beberapa photo dan menyembunyikan opsi gambar/thumbnail pada popular post:
Jadi beberapa opsi yang telah saya coba gagal total, mengikuti saran para master dan pakar, misalnya meletakan kode berikut dalan tag <head>:
<include expiration=’7d’ path=’*.css’/> <include expiration=’7d’ path=’*.js’/> <include expiration=’3d’ path=’*.gif’/> <include expiration=’3d’ path=’*.jpeg’/> <include expiration=’3d’ path=’*.jpg’/> <include expiration=’3d’ path=’*.png’/> <meta http-equiv=”expires” content=”sat, 02 jun 2020 00:00:00 GMT”/>
Sungguh dengan sangat menyesal saya katakan itu tidak akan berhasil, kecuali jika blog sobat adalah Wordpress yang memiliki banyak opsi plugin. Tapi kita sedang membahas blogspot blogger. Beberapa trik pemasangan lazyload pada gambar ternyata berhasil mengirimkan sinyal yang bagus pada beberapa template. Untuk hal ini saya sarankan sobat mengunjungi blognya Mas Tamvan dan Mbak Igniel karena pada pengujian ini hanya blog merekalah yang berhasil lulus ujian 100% melewati rintangan expires header ini.
Perhatikan gambar dibawah ini: editblogtema vs arlinadesign vs mastamvan vs sugeng.id. Perhatikan betapa blognya Mas Tamvan sangat perkasa pada pengujian GMetrix.
editblog vs arlinadesign vs mas tamvan vs sugeng id
editblog vs arlina vs mas tamvan vs sugeng id
pada gambar diatas Mas Tamvan mampu mendapatkan skor sempurna untuk kecepatan dan pengoptimalan expires headers sehingga skornya di YSlow juga mencapai 100%, editblogtema hanya mendapatkan skor 90% yakni 10% dibawah Mas Tampan, arlinadesign hanya mendapatkan skor YSlow 80% dan Mas Sugeng 92%. Padahal prioritasnya pada GMetrix termasuk tinggi.
Namun editblogtema memenangkan fully loaded time yakni hanya butuh 469 ms loading.  Total request tetap dimenangkan oleh blognya Mas Tamvan. Lalu bagaimana jika kita adu performa kecepatan loading ini dengan dua situs terkenal, yakni kompi ajaib dan Igniel? Saya anggap Arlina dan Mas Sugeng gugur dalam pengujian ini. Dan beginilah hasilnya: 
editblog vs kompi ajaib vs mas tamvan vs igniel
editblog vs kompi ajaib vs mas tamvan vs igniel
Pada pengujian kali ini  blognya Mas Tamvan tetap memenangkan performa dan lalu disusul oleh Igniel dan editblog. Pengujian pada PageSpeed tidak menghasilkan banyak perbedaan, kecepatan seolah berbanding lurus dengan hasil pengujian kecepatan pada tool GMetrix ini.
Tapi tunggu bagaimana jika kita uji sebagian melalui TestMySite khusus untuk keceptan mobile? Apakah Mas Tamvan masih perkasa dibanding dengan igniel?
Ternyata benar: Mas Tamvan memenangkan kecepatan juga pada uji kecepatan kali ini:
Mas tamvan masih belum terkalahkan
Mas Tamvan vs Igniel pada TestMySite
Pada pengujian diatas nampak Mas Tamvan tetap memenangkan kecepatan terhadap Mbak Igniel.

Saya menyadari beberapa blog memiliki konten yang lebih berat daripada yang lain, misalnya blog Mbak Igniel relative lebih banyak mengandung script dan kode kode contoh. Mbak Igniel nampak lebih hebat dalam hal penangan desain, manipulasi kode kode untuk mempercantik tampilan sebuah halaman plus mengotimalkannya.

Namun dengan asumsi setiap pelaku blogger diatas adalah pribadi blogger yang sudah mumpuni dan mengerti bagaimana mengotimalkan sebuah halaman web, maka peertimbangan diatas hanya mempengaruhi sedikit performa. Misalnya dalam hal mengoptimalkan komponen HTML, JavaScript dan CSS Mas Tamvan nampak cukup piawai saya melihat kompresi yang tinggi pada setiap paket CSS. Dan hal tersebut telah sukses dia terapkan terhadap template blogspot yang dia pakai sendiri.

TIPS:
Jika sobat ingin kecepatan sobat harus menyederhanakan template sobat, sederhana bukan berarti jelek sedangkan sebuah tema dengan banyaknya beban asesories belum tentu terlihat menarik. Untuk expires header lebih baik optimalkan gambar, jangan menggunakan gambar terlalu besar. 
  1. Pasang lazy load untuk gambar saya sarankan mengunjungi blognya mas Tamvan dan Igniel, klik kotak pencarian dan tuliskan kunci kata "lazyload" sobat akan ketemu artikelnya
  2. Pada sidebar biasanya terpasang popular posts, jika perlu disable atau sembunyikan saja gambar atau thumbnailnya, biarkan hanya snippet.
  3. Gunakan format gambar WEBP atau JPG2000 yang terbukti lebih optimal dipergunakan buat melengkapi tulisan atau konten yang kita buat di blogspot.
  4. Latar belakang (background) template lebih baik diganti dengan warna CSS jika sobat menggunakan template blogspot bawaan (default) lebih baik mengeditnya melalui opsi desainer blogger.
Dan walaupun kalah pada GMetrix, editblog masih bisa mencapai skor 2.1 pada saat di uji melalui TestMySite.

www.editblogtema.net

Bagikan (share):

2 comments:

  1. Desainer vs web engineer. Kombinasi keduanya pasti akan menghasilkan karya hebat

    ReplyDelete
  2. Waaoooo salut banget ama blog yang cepetnya kebangetan itu hahaha.

    Betewe saya beberapa waktu lalu memutuskan ganti template karena pas ngecek di GT Metric ini nilainya jelek banget huhuhu.

    Saya terlalu sering utak atik kode HMTL deh kayaknya, tanpa tahu mana yang penting mana yang enggak.
    Pokoknya asal ga eror udah bangga lah saya hahaha

    Ternyata gara2 itu kecepatan blog jadi berat.
    Akhirnya saya ganti ke template dasar, dan hapusin beberapa widget kurang penting, dan setelahnya jadi lebih baik :)

    ReplyDelete

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan