PERALATAN NGEBLOG PALING MOBILE DI TAHUN 2016 - 2019

Ini telah lama saya manfaatkan buat ngeblog: Keyboard dan bluetooth. Dan secara konvensional sangat umum dipakai untuk melengkapai PC Dekstop dan Laptop.
ngeblog pakai tablet dan keyboard bluetooth
Gambar keyboard bluetooth lipat untuk tablet
Tetapi kemudian zaman berubah, sejak tahun 2014 saya lebih sering duduk di kafe. Membawa laptop itu lumayan mencolok dan berat, setipis apapun sebuah laptop dimensinya tetap saja besar apalagi desktop gak bakalan bisa diajak "jalan-jalan" benar, zaman sudah sedemikian mobilnya dalam hidup saya.

Tahun 2015 saya mulai memanfaatkan hape buat menulis dan tahun 2016 awal saya belajar koding dengan sungguh sungguh terutama karena berkaitan dengan desain web. Waktu itu cukup pusing menuliskan struktur HTML dengan memanfaatkan notepad android dan mengkompile-nya ke halaman web. Saya terpaksa menunggu pulang ke rumah dulu.

Tetapi saya akhirnya melihat peluang ini: Internet 4G, Platform Android dan iOS yang semakin kuat mendekati PC, saya membaca banyak keyboard bluetooth dan mouse bluetooth telah di produksi dan saya mencobanya satu demi satu dari toko ke toko. Semua asesories penting ini ternyata bekerja dengan baik. Ada yang harganya murah, ada yang modelnya cantik, ada yang mereknya sangat terkenal. Saya memilih yang branded dan memang terdapat perbedaan pada saat mencobanya.

Saya membeli ini: Keyboard bluetooth yang mungil dapat dilipat dan dimasukan ke dalam saku seharga 30 dollar Singapore dan sebuah mouse dengan merek yang sama namun dengan harga separohnya. Keduanya saya pakai untuk menulis melalui tablet dan hape android hingga empat tahun sampai sekarang, dan telah menghasilkan 800 artikel pada 4 blog saya, termasuk beberapa puluh artikel dalam bahasa lain yang saya kuasai. Namun pada tulisan ini saya tidak menuliskan detail pengalaman saya, tetapi semata mata ingin berbagi bagaimana teknologi mobile yang ditawarkan telah menjadi kenyataan.

1. MENULIS VIA HAPE DENGAN KEYBOARD
Alasan mengapa menulis menggunakan asesories ini adalah:
  1. Keyboard bluetooth mudah dilipat menjadi seukuran saku bukan cuma mudah dimasukan kedalam tas
  2. mouse bluetooth dapat membantu navigasi pada layar dengan lebih nyaman
  3. Kedua asesories pada tahun belakangan telah menggunakan teknologi bluetooth generasi ke empat yang nyaris tidak memiliki masalah dengan konektivitas.
  4. Sangat berguna buat penulisan dan pengeditan HTML didalam template atau editor online blog.
  5. Ketika sobat berada di dalam kafe seorang diri dan menulis kebanyakan teman teman tidak sadar bahwa kita sedang ngeblog.
sangat cocok dipakai buat menulis via hape
Kebanyakan pengguna mengatakan pengalaman yang berbeda saat menulis via keyboard dibanding via layar sentuh saat menulis artikel panjang, dengan keyboard layar akan berubah menjadi penuh karena UI (user interface) sistem android menyesuaikan dirinya pada saat perangkat hape terhubung ke keyboard melalui bluetooth layar menjadi penuh dan layar menjadi lega. Sebaliknya pada saat menulis dan mengetik memanfaatkan papan ketik layar, maka layar akan terpotong atau tersita oleh tampilan papan ketik sentuh bawaan android atau iOS.

Akan tetapi teknologi papan ketik fisik bluetooth juga akan terus berkembang: Semakin tipis, semakin simpel namun lengkap, semakin menakjubkan. Contohnya papan ketik yang bisa dilipat bahkan menajdi sangat kecil seolah itu hanyalah sebuah stik seuukuran panjang ballpoint!
contoh keyboard saku kecil
Contohnya produk TextBlade seperti penampakan gambar diatas seperti terlihat pada saat dilipat ukurannya menjadi sangat simpel dan kecil saja. Saya pribadi punya rencana untuk mencoba produk ini buat menulis. Ukurannya sendiri hanya 1/3 ukuran hape ukuran 5 inch namun ketika direntang memiliki dimensi yang pas ditangan. Proudk ini sangat menarik karena memiliki lampu led pemberitahuan untuk nofikasi penulisan tertentu, dengan hanya sedkit waktu untuk membiasakan diri sobat akan menjadi sangat terbiasa dengan cara pengetikannya dan cara ini di klaim mampu meningkatkan kecepatan pengetikan.
keyboard mungil dipasangkan ke hape
Tidak hanya cocok buat hape produk ini cocok juga buat PC desktop, tablet dan laptop. Konektivitasnya sangat repsonsive dan cepat. Powernya dari mana ya? Oh jangan kuatir! Keyboard ini di charge dan satu kali charge diklaim dapat bertahan hingga berbulan bulan!
cara charge keyboard textblade
Well, itu hanya contoh saja. Yang sangat menarik adalah keyboard ini memang beda dan menawarkan cara mengetik yang telah disesuaikan dengan ergonomic alamiah tangan manusia sehingga di klaim setelah beberapa waktu terbiasa akan membuat kita mengetik lebih cepat dan efesien.

2. MENULIS VIA HAPE DENGAN KEYBOARD DAN MOUSE
Mengapa setelah memiliki keyboard harus memiliki mouse lagi? Ini khusus bagi yang "advance" bro. Karena mouse itu penting untuk menavigasi layar pada saat melakukan pekerjaan membuat konten khusus atau membuat widget/gagdet untuk keperluan desain tema blog misalnya.

Sobat tau, tidak akan mudah memindah mindahkan gagdet pada halaman dasbor blog dengan cara menyentuhnya dengan jari, perhatikan gambar halaman pengaturan blog ini:

tidak dapat di geser melalui sentuhan jari
Dapatkan sobat memindahkan gagdget-misalnya gagdet"arsip blog" keatas badan halaman dengan cara menyentuh dan menekannya? Tidak bisa. Sistem android belum membuatkan user interface untuk itu. Namun sobat bisa meletakan kursor mouse jika sobat menggunakan kursor bluetooth untuk android, mendrag gagdet tersebut kemanapun pada posisi yang tersedia pada tataletak pengaturan di dasbor blogspot . Itu alasan utama saya merekomendasikan mouse buat asesories mobile.

Bukan hanya itu, pada saat menavigasi pengeditan JavaScript/HTML pada halaman deditor online navigasi mouse sangat diperlukan agar penorotan lebih fokus dan terarah.
dengan asesories lengkap: bluetooth keyboard dan bluetooth mouse
3. MUDAH DAN TIDAK LAGI RIBET
Alasan menggunakan ini semata mata karena memang lebih mobile dan praktis. Hape memiliki kelebihan dan potensi yang lebih banyak dibanding sebuah laptop pada zaman sekarang. 
  • Bisa buat nelpon, panggilan darurat
  • Bisa buat chatting, video call
  • Bisa buat nulis artikel panjang dan pendek bahkan telah digunakan buat menulis novel oleh para penulis dunia termasuk JK. Rowling.
  • Bisa buat mengedit dan nulis koding seperti HTML, CSS, Java Script dst.
  • Bisa buat moto dengan kualitas tinggi
  • Bisa buat nulis dan berkirim email, mengedit pekerjaan kantor melalui aplikasi perkantoran seperti excel, ms.word dan presentation.
  • Bisa buat kalkulator
  • Bisa jadi penterjamah/Juru bahasa saat berada diluar negeri
  • Memiliki banyak aplikasi menakjubkan
  • Mengedit Gambar dan video 
  • Mendengarkan musik
  • Konektivitas semakin cepat dan tinggi
  • Sistem operasi mobile sudah nyaris sama kuatnya dengan sistem operasi PC layar besar. Dan tentu saja jauh lebih cepat berkembang
  • Bisa buat jualan online
  • Bisa buat main game online lebih seru
  • Bisa dibuat untuk belajar banyak hal online
  • Bisa buat pembayaran sebagai pengganti kartu kredit, bisa buat bayar tagihan listrik air, bayar pajak dll.

Waktu juga terus berjalan dan terus membawa inovasi baru, saya tidak melihat mengapa orang masih harus bertahan dengan PC dan Laptop jika gagdet didalam genggaman tangan mereka dapat berfungsi dengan baik. Dan mengapa mereka tidak mencoba memanfaatkannya.

Saya juga tidak melihat invosi lain yang secepat dan semassive gagdet genggam seperti ponsel dalam hal kecepatan konektivitas. Lagipula Google sendiri pada akhirnya mengutamakan channel mobile untuk lini bisnis mereka. Ditambah lagi pengguna mobile di dunia ini semakin bertambah berlipat lipat dari segala kalangan: miskin-kaya, terpelajar atau tidak. Sementara pengguna laptop terus menurun tajam dari tahun ketahun. Yang tersisa tentu saja hanya pada lini kegiatan yang khusus menggunakan PC/Laptop.

Bisnis mobile juga masih berkembang pada tingkat menggiurkan.

4. SEKUAT PC/LAPTOP
Bekerja mobile apabila dilakukan dengan bantuan asesories asesories ini sobat tidak akan dapat membedakannya lagi dengan apabila sobat menggunakan PC/Laptop konvensional. Istilah konvensional telah cocok dipergunakan buat pengguna laptop di beberapa negara maju memang terdapat pemakaian istilah ini cara "old time" mulai perlahan lahan melekat pada predikat pengguna PC/laptop.

Sama halnya cara membaca koran melalui koran konvensional, dibanding dengan cara membaca melalui gagdet zaman now. Dibeberapa tempat saya sudah sangat jarang melihat orang menggunakan laptop pada saat meeting dibanding tahun tahun sebelumnya. Saya melihat mereka menggunakan tablet jenis jenis surface, iPad dan tablet high end Android saat melakukan presentasi.

Beruntungnya sekarang terdapat banyak hape hape dan tablet murah seharga satu jutaan dengan speks yang mumpuni. Atau gagdet bekas dengan garansi dengan harga 2-3 lipat dibawah baru.

Saya juga kagum dengan perkembangan bahasa pemrograman. Misalnya meskipun saya menulis kode kode melalui halaman editor online malalui hape dan tablet saya tetap bisa mengatur bagaimana bentuk tampilan yang saya inginkan nanti jika di lihat oleh pengunjung melalui layar lebar desktop dan laptop melalui  @Media Query. Ini sungguh menyenangkan dan kita juga ternyata bisa menjadi desainer secara mobile!
untuk pengaturan tampilan halaman blog pada berbagai ukuran layar
Gambar halaman online editor pada pengaturan atau dasbor blogspot
Hanya dengan menuliskan ukuran dan mengikuti standard yang sudah baku kita dapat menentukan seperti apa normalnya tampilan dan ujud halalaman blog kita pada setiap ukuran layar yang berbeda. Dan itu semua dapat kita lakukan melalui hape dan tablet dan akan menjadi sangat mudah berkat bantuan asesories bluetooth keyboard dan bluetooth mouse untuk android dan iOS seperti yang telah kita bahas diatas.




Comments

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP