PENTINGNYA KOMPILER HTML ONLINE UNTUK MEMBANTU PEMBUATAN TEMPLATE BLOG

Zaman sekarang belajar itu mudah bahkan jika kita ingin sampai hingga ke level ahli, syaratnya ya belajar itu tadi. Fahamlah siapa yang mau belajar dan siapa yang tidak. Belajar dan mempelajari sesuatu yang menjadi minat kita tentu sangatlah baik.

Orang yang memang memiliki keinginan kuat dalam belajar tentu tidak akan dapat dihalangi oleh apapun, misalnya alasan klise tidak memiliki biaya untuk sekolah. ingat para penemu yang telah mendahului kita namun jejak mereka diatas dunia ini masih begitu kuat dan tidak akan terlupakan. Tidak sedikit dari mereka itu sukses karena kemamuan belajar, bukan?

Well, sekian dulu "mukadimah" dari saya.

BELAJAR SENDIRI, BELAJAR OTODIDAK
Saya memiliki pengalaman kurang menyenangkan saat mencoba belajar bahasa program HTML maksud saya termasuk CSS, Java Script dll.  Belajar tanpa guru itu seperti bermain puzzle apalagi saya kepingin sekali menerapkannya dengan ilmu yang hanya sedikit itu.

Tetapi pada akhirnya saya melihat satu demi satu pintu terbuka dan mulai mengerti kearah mana saya harus melangkah ketika mempelari hal ini. Jika saya duduk seorang diri dan jika saya mencoba menulis koding yang saya maksud ya menulis HTML beserta seluruh elemennya dan lalu saya melihat hasilnya pada layar melalui proses kompilator! Bah ternyata saya hanya manggut manggut dan tidak sepenuhnya memahami seluruh bahasanya terutama ya itu syntax-syntaxnya.

jadi saya membuka browser dan mencari cari petunjuk petunjuk terkait, satu demi satu sampai akhirnya bertemu referensi yang cocok. Sedih gak belajar seperti itu? Oh tidak, itu seperti bermain game dan ketika saya berhasil memecahkan sebuah persoalan, lalu sayapun dapat tertidur nyenyak.

KOMPILER ONLINE

Tema tidak melulu harus dibuat melalui offline editor, apalagi kalau seperti saya yang hanya memiliki Tablet android dan hape. Itu sebabnya pada artikel saya di editblogtema ini saya menulis bahwa saya membeli keyboard dan mouse nah kegunaannya adalah pada saat bekerja membuat suatu proyek secara online.

Baca: PERALATAN BLOGGING PALING MOBILE DI TAHUN 2019

Sebuah tool kompiler sangatlah berarti bagi saya sebagai alat latih dan membuktikan jika proyek saya dapat berjalan di suatu platform web. Misalnya WordPress, atau Blogspot dan Platform web lainnya. Beruntungnya di zaman sekarang internet sudah cepat, saya tidak perlu mendownload sebuah kompiler berbentuk software yang dapat di jalankan secara offline. Alasan terbesar saya adalah saya benci desktop PC dan laptop, apalagi saya sedang tidak belajar bahasa program C, atau C++ wajarlah kalau saya hanya menggunakan ponsel Android dan tablet Android tipis seukuran 8-9 inci.

Khusus untuk HTML saya lebih menyukai tool kompiler online berikut:
http://tpcg.io/Pi7wHl
editor HTML online
Pada bagian kiri atas halaman editor HTML di lengkapi dengan tombol "preview" yang jika di klik akan langsung memunculkan hasil projek kita pada bagian bawahnya. Saya rasa ini penting karena kita akan melihat langsung jika ada kekurangan kekurangan yang harus diperbaiki.

Melalui halaman editor online seperti itulah saya menulis melewati waktu hingga berjam jam tanpa terasa. Mungkin sama saja dengan CodePen, dan W3School sama sama memiliki halaman editor HTML  online.

Namun cukup layak untuk di coba.

www.editblogtema.net


Comments

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP