Mengapa tool uji kecepatan blog saat ini mematok 0,8 detik?

Di tahun 2019, apa saja sih yang mendadak berubah?

1. Tool Test My Site lama

Ada yang berubah pada tool kecepatan Test My Site, mulanya saya heran apakah ada dua tool dengan nama yang mirip? Ternyata tidak. Terakhir dalam 3x test skor kecepatan mobile editblogtema adalah sangat hebat, yakni 2 detik!
Perlahan tapi pasti tool lama menghilang. Seperti kita ketahui pada Test My Site yang lama menguji kecepatan loading halaman website atau blog kita di fokuskan pada jaringan 3G dengan asumsi jaringan 3G atau internet yang lebih lambat masih akan dipergunakan oleh sebagian besar penduduk bumi ini hingga akhir tahun 2020 nanti.
editblog dapat score 2 hebat

Tool Test My Site lama ini mematok kecepatan mobile dengan skor 3 detik sebagai HEBAT, dan jika sudah demikian kecil risiko sobat kehilangan pengunjung disebabkan oleh efek pengunjung terpental akibat lambatnya halaman blog atau web sobat saat dibuka.

Namun disisi lain pihak penguji telah melakukan pengamatan dan berhasil mengumpulkan data:
Harus segera diatasi jika tidak ingin blog sepi pengunjung
  1. 1s ke 3s risiko pentalannya adalah 32%
  2. 1s ke 5s risiko pentalannya adalah 90%
  3. 1s ke 6s risiko pentalannya adalah 106%
  4. 1s ke 10s risiko pentalannya adalah 123%
Skor 4-6 detik pada saat membuka halaman dinyatakan sebagai SEDANG risiko kehilangan pengunjung adalah 106%

Sedangakan skor 7 dst disebut sebagai BURUK kehilangan pengunjungnya parah dan tidak tega saya menyebutkannya he he he..

1. Tool Test My Site baru.

Nampak parameter kecepatan mobile saat kita membuka situs dari hape (mobile) berubah dari waktu ke waktu. Contoh diatas, jika sebelumnya Test My Site mematok skor 3 detik sebagai HEBAT alias sangat cepat, namun pada Test My Site versi baru skor kecepatan HEBAT adalah 0,8 detik!
Score 2,9 adalah buruk!
Jadi jika hanya dalam waktu kurang satu detik sebuah situs dapat terbuka, barulah situs atau sebuah blog secara mobile dapat dikatakan cepat dan HEBAT. Sedangkan skor 1-2,9 detik di kategorikan sebagai kecepatan SEDANG. Mulai 3 detik dinyatakan sebagai LAMBAT dan BURUK. Bagaimana tidak beda jauh? Skor 3 detik pada tool Test My Site versi lama adalah cepat dan hebat! Sedangkan bagi Test My Site versi baru justeru sangat lambat dan buruk!

Tool Test My Site versi baru ini nampak lebih memprioritaskan pengukuran pada jaringan 4G walaupun juga masih mengukur kecepatan kecepatan pada jaringan 3G dengan tolok ukur yang sudah berbeda yakni pada perubahan skor yang tidak lagi memganggap 3 detik sebagai HEBAT dan CEPAT!

3. Tanda tanda meningkatnya parameter kecepatan.

Kabar buruk bagi templat blog lambat karena ternyata parameter kecepatan juga meningkat dan berubah. Tidak ada yang tidak tahu jika Google sangat mengutamakan situs blog yang fast loading.

Jika menilik dari perkembangan diatas, bisa saja pengembang telah menganggap prioritas kecepatan 3G akan berakhir lebih awal dari perkiraan kita sebelumnya yakni hingga tahun 2021.

Dan halaman mobile semakin menyita perhatian ceritanya kini bukan hanya sekedar sebuah templat blog yang responsive tetapi benar benar harus memiliki kemampuan mobile, mungkin kita akan membuat sebuah templat dengan melibatkan @media query dan @media screen sederhana:

Pada saat sebuah situs di akses pada layar besar seluruh elemen HTML akan menampilkan versi desktop/laptop, dan jika diakses melalui layar kecil dan smartphone, akan menampilkan versi smartphone dengan optimal, tanpa harus tersita oleh jeda waktu.

Ingat skor kecepatan 3 detik saja sudah sangat buruk apalagi 4,5,6 dst. Sobat harus mulai memikirkan tema cepat dan mulai sekarang sederhanakan tema sobat.

4. Kecepatan bukanlah mitos.

Malangnya dalam dunia internet khususnya blogging tidak berlaku istilah "biar lambat asal selamat" kecepatan sebuah tema atau templat adalah sebuah keniscayaan. Karena kecepatan yang buruk sangat mempengaruhi performa blog secara keseluruhan. Kecepatan adalah SEO utama, segala usaha sobat mendalami ilmu mengolah kunci kata atau keyword menjadi sia sia saja jika pengunjung blog terpental jauh. Besok mereka akan mengingat situs atau blog sobat sebagai situs web yang buruk.

Dan menjadi sangat buruk juga dimata mesin pencari. Kecepatan itu nyata dan secara teknis dapat kita atasi. Sejak Google mengutamakan dan memprioritaskannya, tanpa disadari banyak blogger tersungkur hanya akibat sepele yang bernama kecepatan.

Jadi disarankan sobat harus memilih templat yang fast loading, sederhana namun mengikuti dan memenuhi semua aturan blogging blog sobat cepat atau lambat akan sukses.

Mungkin tidak mudah bertemu dengan kecepatan 0,8 detik untuk blog saat diakses melalui ponsel. Tetapi setidaknya kita mulai fokus membuat halaman web yang sedang kita kelola menjadi lebih ringan dan cepat sesuai dengan parameter diatas.


www.editblogtema.net


Comments

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP