Skip to main content

APAKAH 5 BAHASA PROGRAM INI TELAH MATI DI TAHUN 2019?

Prakata:
Tergantung dari mana kita memandangnya, namun menurut pakar sebenarnya tidak ada bahasa programming yang benar benar telah mati.

Mereka sebenarnya telah menjadi zombie.

Bahkan, seluruh genre film zombie sebenarnya dibuat oleh para insinyur perangkat lunak yang melampiaskan rasa frustrasi mereka karena beberapa bahasa programming yang telah mereka andalkan tidak dapat memenuhi harapan merka karena kurangnya respon pasar.

Film-film berbasis komputer memang jarang dijual, sampai akhirnya studio menyimpan cerita dan mengubah metafora dan menerbitkannya menjadi filem layar lebar.

Tapi inilah kisah sebenarnya: Dead Snow: Sekelompok pekerja magang menemukan kantor kosong di sebuah gedung dan pindah kesana. Mereka tidak menyadari bahwa komputer lama ada di belakangnya dan satu meja disana adalah server NT 3.51 yang menampung aplikasi Clipper.

Kemudian para insinyur itu memutuskan untuk mempertahankannya dan mengeksplorasinya.
bahasa pemrograman
Saya telah menulis atau menyinggung beberapa bahasa program yang layak untuk dipelajari karena memang sedang dipergunakan secara luas dan memiliki prospek pekerjaan yang sangat bagus, contohnya:
  • HTML
  • Java
  • JavaScript
  • C/C++
  • Assembly
  • Python
  • Ruby
  • dll
Namun demikian jika sobat berniat menambah skill dengan mempelajarai beberapa bahasa program lagi, 5 bahasa yang akan saya uraikan dibawah ini lebih baik ditunda saja terlebih dahulu mempelajarinya, cari bahasa programming lain saja terlebih dahulu agar tidak membuang energi dan pikiran.

Bukan soal bahasanya tidak bagus atau bagus, bukan pula karena sulit dipelajari, akan tetapi jika kita mempelajari sesuatu harusnya ada target kita setelah pelajaran tersebut kita kuasai. Dan zaman sekarang orang melihat trend pasar, maksud saya antusiasme pasar yang dapat memberikan peluang bagus saat kita menerapkan ilmu ilmu koding didalam kegiatan praktis. Dan juga prospek pekerjaan yang akan kita dapatkan.

Melihat kecenderungan pengguna, pengembang dan terutama platform platform ternama yang menggunakan suatu bahasa program misalnya GitHub, Stack Overflow, Twitter, Reddit dll. Lihat juga seberapa besar peluang pekerjaan yang akan kita dapatkan dengan menguasai suatu bahasa yang benar benar dibutuhkan oleh pasar dan bisnis enterprise bisnis online. Maka 5 bahasa dibawah ini sebaiknya ditunda saja niat sobat buat mempelajarinya:

1. CoffeeScript
Pernah mendengar tentang bahasa program yang satu ini? Kedengaran seperti mengekor  JavaScript tetapi sebenarnya tidak juga. Bayangkan ngoding sambil merokok dan minum kopi. Ini adalah bahasa pengembangan web yang kompile kedalam JavaScript dan didesain untuk memperbaiki cara baca JavaScript.

Namun banyak alasan bagi sobat untuk tidak usah saja mempelajari bahasa ini kecuali hanya buat tujuan tertentu diluar programming. Alasan yang paling utama adalah pertumbuhannya sangat lambat, tidak terlihat berkembang seperti bahasa program lainnya. Walaupun mungkin masih mungkin mendapatkan pekerjaan dengan menguasai bahasa ini akan tetapi sangat buruk. Jika sobat sudah terlanjur mempelajarinya tidak ada masalah sebagai referensi skill.

2. ELM
ELM juga sama berbasiskan JavaScript yakni sama sama bahasa untuk pengembangan web ditujukan agar supaya pengembangan aplikasi web menjadi lebih mudah. Namun karena peluang pekerjaan sangat ketat pertumbuhan bahasa ini juga bagai hidup segan mati tak mau.

Disamping itu ELM juga memiliki komunitas yang sedikit untuk mesupport keberadaannya di dunia fana ini walaupun bahasa ini telah direkomendasikan oleh Stack Overflow.

3. ERLANG
Rasanya bahasa yang satu ini tidak terlalu asing ditelinga para programmer, bahkan seorang awampun paling tidak pernah mendengar tentangnya.

Ya dia telah dikembangkan semenjak tiga dekade yang lalu untuk membantu para developer dalam mengembangkan aplikasi telepon namun dalam dekade terakhir komunitas penggemarnya telah menurun alias susut drastis. Pernah menjadi pemain utama yang dipergunakan sebagai bahasa program untuk penulisan aplikasi telpon, namun terakhir dia telah kehilangan banyak pengembang yang meminatinya.

4. LUA
LUA itu sebagai bahasa program adalah cepat, scripnya dapat di embed dan lagipula ringan. Bahasa ini dalam penulisannya dapat dipergunakan untuk membuat game dan aplikasi pengembangan. Support prosedur program, object oriented program, programming fungsional, data-driven programming, dan data deskripsi.

Banyak yang mengakui LUA memiliki performa yang sebanding dengan bahasa bahasa program besar lainnya. Satu satunya alasan mengapa LUA tidak harus dipelajari lagi adalah minimnya tawaran pekerjaan bagi yang telah terlanjur menguasai bahasa ini. Bahkan dalam Tiobe index LUA jatuh terpuruk pada ranking  ke-30.

5. PERL
Atau kependekan dari: PRAKTICAL EXTRACTION DAN REPORTING LANGUAGE ini masih bertahan pada ranking ke-20 pada Tiobe Index. Dan dulunya adalah bahasa urutan ke-18 paling populer pada RedMonk yakni beberapa tahun lalu. Perl dipergunakan untuk scripting web server, program network, Sysadmin dsb.

Tetapi waktu berlalu dan para pengembang telah kehilangan minat mereka terhadap bahasa ini. Demikian pula kondisi komunitasnya yang terus menyusut. Dan jika sobat mengejar prospek pekerjaan maka bahasa program ini juga tidak usah dipelajari.

Demikianlah 5 bahasa program yang mungkin bisa di skip terlebih dahulu dan dahulukan bahasa bahasa program wajib seperti: HTML, Java, JavaScript, Python, C, C++. Tentu saja masih ada orang yang terlibat dengan bahasa program ini. Jika sobat termasuk didalamnya, sobat tetap bisa menjadikannya sebagai referensi. Dan tentu saja tidak ada skill yang sia sia.

Bukan bermaksud mengecilkan hati, akan tetapi sebagai referensi yang saya harapkan artikel ini beguna untuk dipertimbangkan


www.editblogtema.net

Mungkin Anda Suka:

Comments

  1. sayang ya gan, terkadang kalu kita bayangkan kan bahasa pemprograman itu bisa saja berguna dimasa depan nati cuma mungkin tidak ada lagi yang mau serius untuk terus melakukan upgrade terhadap bahsa program ini ya gan,...sering berkunjung ke blog ini bkisa jadi hacker saya,...ha-ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasa program basisnya sih sama mengoperasikan mesin baik mesin web maupun mesin konvensional, tapi jadi hacker? Wah niat banget Ha ha ha..

      Delete
    2. ini blog kalau saya perhatikan tampilannya udah kayak bahasa pemprograman komputer aja,..keren

      Delete
    3. Salah, saya lebih condong ke pemrogramman web. Condongnya doang ha ha ha..

      Saya juga sudah lama tidak pegang PC. Hanya menggunakan tablet dan hape. Sibuk dengan pekerjaan.

      Untungnya zaman sekarang hape segenggaman sudah sama kuatnya dengan laptop jadul tahun 2011..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  2. Kalau saya hanya dua saja yang saya pelajari HTML dan javascript itu pun sudah pening kayak ampun

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya untuk memudahkan kami menganalisa dan troubleshooting agar kami dapat membantu atau membantu memecahkan masalah seputar kode kode HTML, CSS dan JS template blog kalian

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Bagaimanapun pertanyaan, kritik, saran dan masukan dari kalianlah yang membuat blog ini tetap bertahan dan ada.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

CARA MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah karena terdapat problem yang muncul setelah template di buat dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal sudah di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki.

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tesebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list tadi hanya menampilkan tulisa…

ANDA PANASARAN, APAKAH IMUWAN PERCAYA KEPADA TUHAN?

Pertanyaan yang paling menggelitik para penganut agama perihal apakah ilmuwan percaya agama dan bagaimana cara mereka memandang penciptaan alam semesta diantaranya adalah:
Apakah Einstein percaya doaApakah Ilmuwan percaya akan keberadaan TuhanBagaimana dia memandang penciptaan Alam Semesta?Beda, beda banget dengan kita. Sebagian besar faktanya tercermin dari hasil penelitian ilmiah yang mereka presentasikan di depan umum, sebagian lagi dari statemen dan jawaban jawaban yang telah di publikasikan pada saat ceramah  sesi ilmiah yang pernah di berikannya.
Kita sedang membicarakan empat orang Ilmuwan dan penemu hebat, ilmuwan paling beken sepanjang masa: Albert Einstein, Stephen Hawking, Thomas Edison dan Charles Darwin. Terlepas bagaimana para pemeluk Agama yang taat memandang mereka, tidak dapat di sangkal lagi, ide ide, teori teori dan penemuan mereka telah meraut bulat lonjongnya dunia yang sedang kita huni di Dunia sekarang ini. Sebagian besar hasil sumbangsih mereka bahkan ikut andi…

2 CARA KEREN MEMASANG NAVBAR MENU PADA TEMPLATE NOTABLE

Saya suka Notable, bergaya desain rockpool, template ini dinamis, kencang, aman dan stylish. Tetapi untuk membuatnya tampak beda (stylish) kalian harus berusaha merubah, mengedit dan menambah pada bagian CSS, HTML atau bahkan hingga menambahkan Javascript. Salah satu cara merombak tampilannya adalah dengan menambahkan navbar custom ke dalam template Notable. Dan jika kalian ingin template tersebut menjadi beda, tampak premium dan lebih bagus performa nya, maka kalian dapat mengikuti langkah langkah berikut:
1. Menambahkan navbar dengan drop down Silahkan pasang template notable ke blogger untuk percobaan kalian, lalu masuk ke bagian pengaturan dasbor blogger. Saya anggap kalian telah menggunakan tampilan dasbor terbaru blogger: Pilih temaKlik menu (tiga titik bersusun)Ketika muncul menu dropdown pilih: Edit HTMLPerhatikan gambar: Pada halaman editor HTML blogger cari kode </head> dan letakan saja kode CSS berikut tepat diatasnya: <style>
body {margin:0;font-family:Arial}
.topnav …

PANDUAN LENGKAP SEDERHANA MENGEDIT TEMPLATE EMPORIO

4 varianTemplate terbaru milik blogspot blogger memiliki banyak sekali kelebihan: Kemudahan mengedit dan memkustomisasi template, kaya dengan style dan warna. Cobalah! Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lai…

HAPPY EID MUBAROK SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI

Mengucapkan: Selamat Hari Raya IdulfitriHappy Eid Mubarak  Mohon Maaf lahir & Batin. Jika ada salah dan Silap baik yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja.


Insyaalah Kita semua akan melewati waktu tersulit di dalam kehidupan kita. Insyaalah Jika kita tidak berputus harapan kita akan jauh lebih sukses setela badai berlalu. karena cobaan hidup akan mendidik kita menadi lebih kuat, lebih bijak, lebih ber empati terhadap sesama makhluk hidup lainnya, bukan hanya terhadap sesama manusia.
Copyright © EDITBLOGTEMA. All rights reserved.