DEMI KECEPATAN SEDERHANAKAN TEMPLATE BLOGGER ANDA

tidak berarti jelek malahan menjadi fast loading
Sederhana tidak berarti jelek, sederhana itu hanyalah sebuah cara yang paling masuk akal untuk memenangkan banyak hal dalam hidup ini termasuk blogging. Tema yang sederhana tidak berati membosankan bahkan seperti kehidupan ini: Minimalis, sederhana dan bersih selalu survive dalam kehidupan.
Berapa banyak orang superkaya lalu jatuh begitu menyakitkan? Begitu jauh perbedaan masa lalu dan masa kininya. Tetapi kesederhanaan? Itu dapat berada dimanapun diantara keduanya. Sederhana itu pilihan bukan keterpaksaan dan bukan pula karena keterbatasan.

ALGORITMA KECEPATAN (FAST LOADING THEME)
Salah satu pilihan utama kita dalam memenangkan blogging adalah menyederhanakan template, membuang atribut atribut yang tidak berguna dan tidak terpakai. Jika perlu tidak perlu menghiasi tema blogspot terlalu berlebihan, apapun alasannya fast loading itu penting di zaman sekarang, loading yang lambat akan membunuh halaman blog sobat perlahan lahan, namun pasti. Segera perbaiki.

Bayangkan jika seorang pengunjung sedang online di internet dan dia tertarik mau membuka halaman sobat tapi setelah sepulu detik halaman blog sobat loading melulu dan tidak terbuka, dia akan segera pergi mencari halaman lain dengan judul yang serupa untuk menemukan apa yang dia cari. Itu namanya blog sobat terkena efek pentalan atau efek bounching. Hal ini sangat manjur menurunkan trafik blog sobat dan membuatnya sepi pengunjung.

Mesin pencari juga memiliki sederet daftar judul konten yang mirip dengan konten yang sobat tawarkan, diantaranya pasti dimuat pada halaman blog orang lain yang jauh lebih cepat. Itu adalah halaman blog yang selalu ramai. Sementara blog sobat footprintnya tertinggal dalam cache web didalam server sebagai blog "siput" tidak lagi di ajukan sebagai referensi, tidak lagi ditawarkan kehadapan pemirsa. Bayangkan itu, tidaklah mudah memulihkan "nama baik" sebuah situs.

Itu belum lagi termasuk jika blog sobat terlibat urusan afiliasi bisnis, menggunakan halaman sebuah blog yang lambat tidak hanya merugikan sobat tapi juga partner binsis sobat. Bayangkan saja setelah 7-10 detik blog tidak terbuka orang akan kabur sebelum sempat melihat produk yang kita tawarkan, boro boro beli melihat saja tidak sempat. Jangan bohong dengan mengatakan kecepatan loading halaman blog itu tidak penting.

APA YANG HARUS KITA LAKUKAN
Satu hal yang harus dicatat: terlalu banyak keinginan dalam hidup ini tidaklah selalu berakhir baik misalnya ingin agar tampilan blognya memiliki tampilan unik, navigasi beda, kaya dengan atribut tampilan. Padahal yang dibutuhkan oleh pengunjung hanyalah sebuah halaman yang cepat dibuka, menu navigasi yang mudah dimengerti dan sederhana, dan konten yang bermutu! Ingat hanya tiga hal itu saja blog sobat telah masuk ke dalam blog super SEO. Keyword adalah nomor 14 jika blog sobat belum memiliki agenda bisnis yang sedang berjalan.

Saran kami:
  1. Gunakan tema responsive dan mobile friendly, kedua syarat sangat penting. Responsive berarti halaman blog akan mudah di buka dan di baca oleh semua ukuran layar. Mobile friendly berarti sangat nyaman dibuka dan dibaca melalui layar ponsel atau smartphone.
  2. Jika perlu gunakan template blogger/Wordpress AMP, jika tidakpun tidak apa apa, tema blogspot klasik juga sudah hampir sama cepatnya dengan AMP jika sobat tidak terlalu banyak memasang widget, apalagi widget dari luar, misalnya link widget yang berisi eksternal link. Jangan memasang LOGO yang dibuat oleh teman blogger sobat karena itu pasti mengandung link eksternal: Link gambar dan link halaman sipembuat. Blogwalking tidak harus saling memasang LOGO.
  3. Jangan pasang gagdet follower karena link eksternalnya akan memberatkan loading. Masing masing follower akan terhubung melalui eksternal link baik untuk menampilkan thumbnail profile mereka maupun untuk terhubung ke link halaman mereka.
  4. Minimalkan penggunaaan JavaScript. Gunakan CSS saja untuk membuat fungsi dan style yang kita inginkan pada tampilan halaman blog kita.
  5. Gunakan format gambar WEBP setiap kali kita menginginkan gambar untuk melengkapi artikel atau konten kita. Caranya convert terlebih dahulu gambar menjadi WEBP sebelum di upload. Jika sobat ngeblog melalui hape dan tablet android seperti saya itu akan lebih mudah.
  6. Kompress CSS atau minify CSS dan elemen HTML lain juga yang bisa kita minify.
  7. Gunakan lazyload.
  8. Hindari penggunaan warna mencolok baik itu kode warna CSS HEX, rgb, CMYK,  HSV dst.

KESALAHAN YANG DAPAT MERUGIKAN KECEPATAN
Beberapa kesalahan bahkan sering kita lakukan, misalnya:
  1. Membuat template menjadi mencolok penampilannya dengan banyaknya atribut berisi link ekesternal, sebaiknya untuk hal satu ini tidak akan menunjukan sebuah halaman blog menjadi tampak hebat, malah akan terlihat sedikit "menakutkan" percayalah besok pengunjung sobat akan berkurang dan hal itu akan melelahkan sobat karena harus promo ssetiap waktu di halaman medsos. Atribut atribut dan banyaknya logo pada tampilan blog sobat membuat blog sobat jauh dari "terlihat bersih". Jika blog sobat tidak sebesar kompas, atau sekuat Kaskus, dan Tribun sebaiknya hindari hal itu.
  2. Memasang link logo atau gambar milik orang lain ke sidebar blog sobat juga sangat merugikan loading (padahal modal halaman web zaman now adalah kecepatan) Misalnya bertukaran link dengan teman teman dan saling memasang logo berisi link eksternal menuju halaman masing masing pemilik LOGO tersebut sangat merugikan loading (sekali lagi kecepatan adalah modal penting dan SEO utama dalam dunia blogging zaman sekarang) Link link yang menyertai LOGO kadang dibuat berdasarkan elemen HTML/JavaScript dan bisa menghasilkan "dirty link". Pada akhirnya tidak hanya satu LOGO berisi link yang harus sobat pasang. Bertukaran link tidak harus saling memasang LOGO berisi link pada template. Hal ini tidak akan membuat mesin pencari "terkesan"
  3. Memasang Link font awsome  dan sejenisnya sangat merugikan kecepatan blogspot,  jika ingin menghemat tenaga blogspot/wordpress sobat dalam berlari menuju ke garis depan halaman webmaster, gunakan saja hal hal sederhana seperti simbol, emoji dan karakter ikon yang kompatibel dengan font biasa (tidak memerlukan link pemanggil)
  4. Dan beberapa hal lain yang tidak disebutkan.
Saya mengikuti forum forum bantuan blog (worpress, blogger, Wix, Jimdo) hampir tidak ada perbedaan antar platform yang saya sebutkan diatas jika berbicara masalah kecepatan loading...

Selebihnya terserah sobat.

www.editblogtema.net


Comments

  1. Saya ada rencana ingin menggunakan tema AMP, lagi merancang nih. Semoga bisa cepat terelalisasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah semoga projeknya cepat terealisasi. Boleh dong saya mencoba templatenya juga nanti...

      Delete

Post a Comment

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP