CARA MEMBUAT TABEL DIDALAM POSTINGAN BLOG TANPA KODE | editblogtema editblogtema: CARA MEMBUAT TABEL DIDALAM POSTINGAN BLOG TANPA KODE

Logtema

×
tutorial dan teknik

CARA MEMBUAT TABEL DIDALAM POSTINGAN BLOG TANPA KODE

dapat membantu bloging
Contoh halaman Google Docs "word" yang dapat dimanfaatkan buat memperkaya konten blog
Kebanyakan tutorial atau konten berisi trik pemasangan tabel, daftar, speks dsb menjelaskan teknik pemasangan tabel seperti diatas menggunakan elemen HTML , atau dengan cara menuliskan kode pembentukannya terlebih dahulu ke dalam HTML blogspot.

Saya telah mencoba beberapa trik tersebut dengan kendala:
  1. Lebih sering kurang responsive, misalnya di web consol google terdapat peringatan: konten terlalu lebar saat dibuka melalui layar mobile. Sobat tahukan betapa vitalnya halaman mobile alias hape buat blogging dizaman sekarang? Itu artinya dalam beberapa kasus cara diatas ribet.
  2. Setiap template blogger strukturnya pasti memiliki beberapa perbedaan. Misalnya template yang satu lebih di dominasi oleh kode CSS, sedangkan yang template lain memiliki beberapa JavaScript dari link eksternal yang tidak jarang berlawanan dengan format kode kode tertentu saat membentuk tampilan visual HTML. Meletakan dan menankan kode kode baru ke dalam HTML terkadang bisa menjadi sumber sakit kepala.
  3. Bagi yang awam kode pengerjaannya jadi lama. Kalau sekedar menuliskan daftar, spesifikasi dalam format tabel masih oke, coba kalau menulis dan memberi contoh akutansi, statistik angka dunia pendidikan, statistik penelitian ilmiah (yang dapat di copy-paste) wah ribet, sob.

Ribet pokoknya pakai kode, saya yang setiap hari mengutak atik kode (berhubung pekerjaan) saja malas, betul gak? Jadi begini: Kalau pakai pasang kode sobat harus masuk ke opsi "entri baru" tapi bukan bagian compose melainkan bagian HTML:

Entri:
Compose
HTML

Pokoknya ribet deh jadi bagaimana kalau ada cara lain? Lebih mudah dan tanpa ribet. Caranya adalah dengan masuk saja ke google docs, Google docs itu sama sejenis aplikasi office atau perkantoran sama saja dengan Wordnya Microsoft. Tapi mengapa harus Google Docs? Mengapa tidak pakai Wordnya MS office? Mau tau alasannya?
  1. Google docs dan Blogger itu sama sama milik Google dibuat oleh Google kompatibilitasnya terhadap blogger blogspot lebih tinggi, formatnya tidak akan merusak format blogger blogspot.
  2. Sedangkan Microsoft Word adalah prosesor word yang berbeda dengan post blogger yang prosesor text maka ketika kita menulis melalui MS Word dan mengkopi dan lalu mempastekannya ke dalam entri blogspot seluruh format MS Word yang di bangun berdasarkan c++ itu jadi terikut mencampuri perintah pada struktur blogger. Itu bisa berakibat tampilan postingan blog hanya tinggal satu pada homepage. Cara mengembalikannya silahkan baca artikel saya: SEBABNYA POSTINGAN DI HOMEPAGE BLOG MUNCUL HANYA 1
  3. Bayangin gimana C/C++ terhadap blogspot yang elemennya HTML, yang ngerti koding  pasti mudah membayangkannya. Dan itu sebabnya mengapa Google docs begitu mirip dan kompatibel sama blogspot yakni karena basis dan sumber kodenya hampir mirip mirip saja. 
Perhatikan format dibawah ini saya buat dengan Google Docs buat disana copy dan paste disini:


Masuk
Keluar
debit
Keterangan
Rp. 100
Rp. 00
Rp. 5
-
Rp. 60
Rp. 10
Rp. 00
opsi
Rp. 70
Rp. 60
Rp. 12
opsi 2

CARANYA..
  1. Sambil menulis, buka juga dong google docs, buat sebuah tabel dengan isian yang sobat inginkan, misal list atau daftar, spesifikasi produk, tabel dsb.
  2. Insert tabel pada lembar Google docs, buat sejumlah kolom baris atas dan garis bawah sesuai dengan yang sobat inginkan
  3. Isi dengan data yang telah sobat persiapkan.
  4. Setelah semua selesai copy seluruh kolom berikut data data tadi dan pastekan/sisipkan di halaman konten yang sedang sobat buat.
Trik ini saya cobakan sendiri dan hasilnya lihat diatas. Memang belum sempurna karena disamping saya memang malas buat data dengan tabel, saya juga sedang mencoba beberapa format aplikasi lain untuk keperluan ini di blogspot.

Contoh (hanya buat coba coba dan iseng ya...maaf namanya saya catut he he he)

DAFTAR TEMAN TEMAN BLOGGER
Nama
Gender
Situs
KuanYu
Pria
https://www.katakuanyu.com
Khanif
Pria
http://khanifahmads.blogspot.com
Zunif
Pria
https://zunif.com
Kang Nata
Pria
www.asikpedia.com
Himawan Sant
Pria
https://www.maswid.net
Maswid
Pria
http://khanifahmads.blogspot.com
Djangkaru Bumi
Pria
https://www.djangkarubumi.com
Ekopriantoblogs
Pria
http://www.ekopriantoblogs.top
              DAFTAR NAMA NAMA BLOGGER WANITA:
Dewi ElsawatiWanitahttps://dewielsawati.blogspot.com
DyahWanitahttp://reallysmallone.blogspot.com
Rayne (Rey)Wanitahttps://www.reyneraea.com
Yulia MarzaWanitahttp://www.yuliamarza.com
RatuTipsWanitahttps://www.ratutips.com

Jadi memang gak perlu main kode lagi bukan? Oh ya satu hal lagi tidak seperti pembuatan melalui perintah kode yang kadang ke lebaran kalau kurang "expert" memodifikasi CSS, cara ini membuat tampilan tabel jadi responsive alias dapat menyesuaikan dirinya sendiri terhadap segala ukuran layar lho....lho...lho...

www.editblogtema.net

Bagikan (share):

9 comments:

  1. wah, bermanfaat sekali mas infonya mas,..sela ini saya selalu pakai ms.word, ternyata bisa pakai google docs juga ya dan hasilnya juga tidak error ketika di pastekan di blogspot,..terima kasih mas atas ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya ms word sekarang sama blogger sekarang sudah mulai "klop" hanya tinggal sedikit kode bertabrakan. Coba 5 tahun lalu homepage blog bisa bisa postingan hanya muncul satu.

      Google docs bisa di akses online via browsee saat kita membutuhkannya

      Delete
  2. Huahahah......saya ngak nyangka kalau di dalam KOLOM-nya ada NAMA Saya dan BLOG saya, hahahah,,,,,bener -bener ide yang KREATIF. Cap Jempol dech.......hahahah.

    Dulu saya bikin TABEL pakai KODE HTML...hasilnya bikin RIBET, MAS.......!

    Dan kalau nanti bikin tabel lagi, kayaknya saya akan tiru TRIK Mas Sofyan Dech.#lebih simple dan ngak Rumit.

    Editblogtema, memang oceh...

    Ohy...Mas, saya mau tanya....

    1. Gimana cara nyari alamat email ketika kita cek kode HTML blog orang lain... ?
    2. Gimana cara untuk mengetahui blog orang lain, mengunakan Kode Penayang adsense miliknya ?

    saya sudah cari tapi ngak ketemu, karena mas paham masalah kode, jadi saya pikir mungkin Mas ada masukan buat saya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuan blog kemana yach....hihihihi....

      Delete
  3. Kang Nata, kalau yang dicari itu blognya masih pakai subdomain blogspot.com. Hampir tidak mungkin. Karena itu masih dalam lindungan Google dan sumbernya disimpan disana.

    Lebih mudah yang TLD kayak blognya kang Nata www.asikpedia.com, dengan cara inspect elemen melalui browser chrome, firefox atau IE.

    Contoh:

    kunjungi blog / website untuk mengetahui siapa pemiliknya (misal www.asikpedia.com)
    Kemudian kita bisa melihat thema blog, cara mudahnya kita ketuk secara bersamaan pada keyboard (CLTR + U ) Firefox Engine dan pada browser IE atau cukup klik kanan, kemudian pilih "View Source" maksudnya cek kode sumber blog / website.
    Langkah selanjutnya salin kode tersebut pada browser kemudian ketuk enter / pencarian. Ketikan satu kunci kata pencarian.

    Kalau dari daftar nama blog terdaftar cukup cari di bagian

    Whois.

    Saya sendiri masih awam klo soal ngintip ID orang hhhhh😁😁😁

    ReplyDelete
  4. mas sofyan terorganisir sekali ya daftar teman-teman blogger aja pun dibikin tabel, kalo saya biasanya blogwalking dengan mengklik satu-satu dari daftar bacaan atau komentar.

    ReplyDelete
  5. Kalau saya biasanya bikin tabel di ms word trus di screenshoot aja tuh lalu fotonya dimasukin ke postingan blog jadinya gambar tabel bukan tabel asli wkwkwk
    saking bingungya karena nyobain tabel html kurang respomsive, nanti saya coba google docs deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo di poto memberatkan loading, klo pakai docs bisa langsung diedit di postingan setelah di copy-paste maksud saya isiannya yang berbentuk font tadi..

      Delete
  6. Kalo saya biasanya saya jadikan jpeg mas trs add image hehee.

    Betewe trims tutorialnya, ternyata tanpa kode jg bisa yah

    ReplyDelete

🌐请给我们一个礼貌的评论与任何相关的主题
⚘⚘Kami menghargai semua masukan
👫👫 Namun kami juga menjunjung tinggi kesopanan