TensorFlow menjadi OpenSource

Ini jadi menarik karena Google mengumumkan bahwa mereka telah menjadikan TensorFlow sebagai OpenSource dimana semua orang bisa terlibat untuk mengembangkannya, hebatnya termasuk para pesaing Google bisa menggunakannya dengan bebas.
mesin syaraf terbaik
Engine ini dapat digunakan baik dalam riset maupun komersial, mulai dari mesin besar sampai telepon genggam. TensorFlow menggunakan metode deep learning dalam prosesnya, namun dapat juga menggunakan reinforcement learning atau logistic regression.

Memang tidak semua aspek dari machine learning engine ini dibuka untuk umum. Saat ini hanya beberapa algoritma saja yang dicakup dalam paket open source ini. Dan tentunya Google tidak membuka arsitektur dari infrastruktur luar biasa canggih di balik engine tersebut.

Versi open source ini pun adalah versi yang hanya akan berjalan di single computer, pas untuk kebutuhan personal, bukan yang bisa berjalan di jaringan yang besar. 

Namun demikian, langkah ini diakui sebagai sebuah langkah yang luar biasa, mengingat TensorFlow adalah bagian dari aplikasi inti Google saat ini.

Dengan langkah ini Google mengharapkan akan banyak pihak yang ikut mengembangkan teknologi Artificial Intelligence, terutama dengan menggunakan tools mereka. Dengan demikian diharapkan teknologi ini dapat berkembang dengan lebih cepat. Cara ini juga diharapkan dapat mencetak banyak ahli di bidang AI, dan membantu Google untuk menemukan calon-calon potensial untuk ditarik bekerja di Google.

APAKAH TENSORFLOW ITU?

TensorFlow adalah perpustakaan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka untuk aliran data dan pemrograman terdiferensiasi di berbagai tugas. Ini adalah perpustakaan matematika simbolis, dan juga digunakan untuk aplikasi pembelajaran mesin seperti jaringan saraf. Ini digunakan untuk penelitian dan produksi di Google.‍

Dikembangkan oleh team Google Brain, jelas sekali dirancang untuk menjadi pintar dan dapat belajar dan menerima pelajaran, engine ini meniru neural otak manusia.

Dikelola dalam GitHub/TesorFlow, ditulis menggunakan Phyton, C++ dan CUDA. Berjalan pada platform Linux, Java, MacOS, Windows, Android dll. TensorFlow adalah generasi ke.2 dari sistem kecerdasan buatan milik Google

Wuih, kalau seandainya kita adalah pengembang algoritma A.I. tentu ini adalah sebuah peluang yang sangat bagus.

Kalau untuk blogging sampai saat ini saya hanya membuatnya sebagai bahan tulisan 😊

www.editblogtema.net


Comments

Popular Minggu ini:

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

AUTODIDACT, WHY YOU FAIL TO PERFORM IT

INI DIA UKURAN GAMBAR TERBARU YANG IDEAL UNTUK KONTEN BLOG AMP